Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » XL SEMAKIN MEMANJAKAN DENGAN MODERNISASI JARINGAN

XL SEMAKIN MEMANJAKAN DENGAN MODERNISASI JARINGAN


Saat ini, penggunaan alat komunikasi seolah sudah menjadi kebutuhan primer. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih harus diimbangi dengan penyediaan layanan seluler dengan akses yang semakin cepat dan mudah. Dan XL mencoba menjawab tantangan itu!
Kenal Lebih Dekat dengan XL
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996. Wow, sudah 17 tahun! Ibarat masa remaja, saat ini XL sedang semangat-semangatnya. “Masa muda, masa yang berapi-api,” begitu kata Rhoma Irama. Ya, XL pun mulai membuktikan ‘keeksisan’ dan ‘kualitas dirinya’ dengan menyediakan layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia, bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi terbaik bagi pelanggan korporat (Business Solutions).
XL Syukuran Tuntaskan Modernisasi Jaringan Area Jateng dan DI Yogyakarta
Senin, 16 Desember 2013 menjadi hari yang sangat istimewa bagi para blogger dan wartawan karena mendapatkan undangan spesial dari keluarga XL. Tak terkecuali emak-emak yang tergabung dalam komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis Semarang. Bertempat di Gumaya Tower Hotel Semarang, XL mengadakan acaran syukuran penuntasan proyek modernisasi jaringan di Jateng dan DI Yogyakarta. 

Proses modernisasi jaringan XLdi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dikerjakan sejak April 2013 yang lalu. Proses ini dimulai dari Solo kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di kedua provinsi. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan. XL menerapkan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN”. Keuntungan penerapan teknologi ini adalah hemat listrik hingga 70%, penggunaan ruangan yang  semakin kecil serta pengoperasiannya yang semakin mudah. Dengan kerja keras dan proses yang cukup panjang saat ini proyek tersebut selesai dikerjakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan sekaligus mengantisipasi lonjakan trafik pada libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. Wow!  Pada proyek ini XL melakukan modernisasi terhadap 750 RBS (Radio Base Station) 2G eksisting serta mengganti 1080 RBS 3G lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya. Mantap, kan?

Para blogger dan wartawan ikut syukuran :)

Pada acara penutupan sekaligus syukuran atas selesainya proyek ini, sejumlah wartawan dan para blogger Semarang diajak untuk melakukan uji jaringan (Drive Test) pasca modernisasi. Uji jaringan dipandu oleh team Network XL dengan rute melintasi titik-titik penting Kota Semarang yaitu Bundaran Simpang Lima, Bundaran Tugu Muda, Stasiun Kereta Tawang, Gereja Bleduk, Kantor Pos Besar Indonesia. Selama perjalanan peserta secara langsung menyaksikan dan merasakan performa kualitas jaringan XL yang sudah termodernisasi, baik yang berbasis 2G maupun 3G.
Bis Drive Test


 Mas Bimbi asyik menerangkan kepada para blogger

 True Put


 Keliling Kota Semarang

 XL siap bersaing

Menjadi sebuah moment yang istimewa, saat saya bisa menambah ilmu dan wawasan serta melihat dengan lebih jelas dan lebih dekat kualitas jaringan XL. Saat di bis, rombongan blogger dipandu oleh Mas Bimbi. Ada monitor di bagian depan bis yang menampilkan kestabilan jaringan XLmeski bis terus melaju mengelilingi tempat-tempat istimewa di Kota Semarang. Di layar monitor itu, bagian kiri menunjukkan titik-titik ‘perjalanan’ XL yang di-compare dengan operator seluler yang lain. Layar monitor bagian kanan, diputarkan video dari You Tube. Di bagian bawah video, ada semacam diagram yang menunjukkan visualisasi kecepatan network jaringan 3G. Dari sana akan muncul warna merah, kuning, dan hijau. Warna hijau menunjukkan kecepatan yang tinggi. Dan XL cukup stabil dengan warna hijau dibandingkan dengan operator seluler yang lain. Terbukti video dari You Tube itu jalan terus tanpa buffering. Mantap euy! XL semakin membuktikan mampu memberikan layanan internet tercepat dan berkualitas di usianya yang Sweet Seventeen ini.
Salah satu hal yang menjadi fokus setiap operator adalah perluasan dan pengembangan area jaringan, tanpa mengesampingan kualitas, inovasi, dan kecepatan akses. Tapi kondisi di lapangan, saya sendiri pun sering mengalami, sinyal di HP full tetapi saat menelepon atau menerima telepon muncul suara-suara robot, putus-putus, dan terbata-bata. Demikian juga dengan akses internet yang sering ‘lemot’ padahal sinyal full.Pada sesi diskusi saat Drive Test, Mas Bimbi memaparkan beberapa penyebabnya :
1.      Daerah dengan dedaunan yang rimbun.
2.      Gedung dan bangunan yang menjulang tinggi.
3.      Lokasi di area perbukitan dan pegunungan.
4.      Separasi perbedaan bandwidth XL.
5.      Pengaruh eksternal, misalnya gangguan dari tegangan sinyal lain (radio frekuensi, sinyal operator kereta api, dll.).
Setelah Drive Test dan merasakan performa jaringan XL yang telah dimodernisasi, kami kembali ke Gumaya Tower  Hotel untuk melanjutkan acara. Ruangan semakin ramai dan acara semakin seru. Ada bagi-bagi doorprize,kehadiran adik-adik dari panti asuhan pun membuat suasana hari itu semakin keren. Istimewa lagi, kala para petinggi XL menyampaikan beberapa pencapaian prestasi XL sampai saat ini dan pemotongan tumpeng  sekaligus doa bersama.
 Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir mengatakan, “Sebagai operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia kami terus beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang saat ini. Salah satunya adalah dengan Modernisasi Jaringan yang telah kami lakukan sejak tahun lalu di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini adalah langkah strategis yang kami ambil untuk terus menjadi yang terdepan dalam layanan tekomunikasi, terutama layanan data.” Dahsyaaat!
 Harapan ke depan, semoga XL  terus memperluas jaringannya, meningkatkan kualitas, dan terus berinovasi menciptakan fitur-fitur yang keren untuk melayani lebih banyak lagi kebutuhan komunikasi masyarakat dan memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya di Indonesia. Terima kasih XL yang telah memanjakan hari-hari saya. Terus semangat XLangkah Lebih Maju!

 Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang bergaya XL

[Keisya Avicenna : "XL adalah kartu pertama saya sejak saya memakai HP pertama kala SMA"]
XLalu sukses!
XLalu ceria!
XLalu semangat!

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog