Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » DNA Fun Writing di Yayasan Izzatul Islam Getasan Bersama Kak Keisya dan Lazis Salatiga

DNA Fun Writing di Yayasan Izzatul Islam Getasan Bersama Kak Keisya dan Lazis Salatiga





“DNA... Dream ‘N Action! Yes, I am Junior Writer!”
Suara yel-yel penuh semangat terdengar dari dalam masjid. Hari Selasa-Kamis tanggal 24-26 Februari 2015 menjadi hari yang spesial di SDIT dan SMPIT Izzatul Islam Getasan. Yayasan Izzatul Islam bekerja sama dengan Lazis Salatiga menyelenggarakan pelatihan menulis untuk para murid. Sebelumnya, guru Bahasa Indonesia mengadakan seleksi dan terpilih 25 murid SDIT dan 2 murid SMPIT.

Trainer menulis selama tiga hari ini adalah Kak Norma Keisya Avicenna. Kak Norma adalah seorang penulis dan juga memiliki klub menulis untuk anak-anak di Semarang, namanya DNA Writing Club. Kak Norma sangat bersemangat melatih anak-anak dalam training yang ia beri nama “DNA Fun Writing” ini.

Pada hari pertama, anak-anak diberikan materi tentang teknik menulis cerita pendek (cerpen). Kak Norma menjelaskan tentang unsur-unsur instrinsik yang harus ada dalam sebuah cerpen. Selanjutnya, anak-anak berlatih menangkap ide dan membuat judul. Setelah selesai, mereka pun mendapatkan tantangan dari Kak Norma untuk menulis cerpen selama 15 menit. Luar biasa, ternyata anak-anak cukup berbakat dan berhasil menulis cerpen yang menarik. Anak-anak pun mendapat tugas menulis cerpen di rumah dengan tema persahabatan untuk kelas 3 dan 4 SD, sedangkan untuk kelas 5 SD dan kelas 7 temanya lingkungan.

Pada hari kedua, anak-anak diberi pelatihan menulis puisi. Kak Norma memberikan materi dan contoh puisi yang bagus. Selanjutnya, anak-anak mendapatkan tantangan untuk menulis dua buah puisi dengan judul yang harus mereka ambil dan pilih sendiri dari ‘kotak inspirasi’ yang dibawa Kak Norma.

Pada hari ketiga, anak-anak membuat kelompok. Ada 5 kelompok : Aisyah, Fathimah, Khadijah, Khansa’, dan Umar bin Khattab. Kak Norma juga mengajarkan membuat dan mengemas sebuah mading yang menarik dengan berbagai tema. Anak-anak berlomba membuat mading. Dalam hal ini mereka belajar untuk kreatif dan bekerja sama dalam satu kelompok. Anak-anak sangat antusias dan penuh semangat.

Di akhir kegiatan “DNA Fun Writing”, Kak Norma membagikan beberapa doorprize untuk anak-anak yang telah menghasilkan karya-karya terbaik mereka. “Semangat berkarya dan terus berlatih dan banyak membaca untuk menjadi seorang penulis cilik!” Begitu pesan Kak Norma saat menutup acara.

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog