Jejak Karya

Jejak Karya

Wednesday, June 10, 2020

MONOLOG HATI, SALAH SATU CARAKU MENCINTAI DIRI SENDIRI




Self Love
Self love atau mencintai diri sendiri merupakan suatu penerimaan diri dan bentuk penghargaan pada semua hal yang terkait dengan diri kita sendiri, baik fisik, pikiran, dan hati. Mencintai diri sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Bagaimana bisa mencintai sepenuh jiwa jika kita masih abai akan kebutuhan diri untuk dicintai secara utuh? Self love  dapat meningkatkan kualitas hidup karena kita akan terus berusaha memiliki pandangan yang positif terhadap segala episode yang harus kita jalani dalam skenario kehidupan ini. Dengan meningkatkan self love, kita juga dapat merasakan bahagia dengan cara yang sederhana.

Terkadang, kita sering abai pada kelebihan diri dan cenderung fokus pada kekurangan diri, belum lagi kalau dibumbui dengan perkataan orang lain (yang negatif), sehingga kita menjadi stress. Waktu kita habis hanya untuk meratapi kekurangan diri, terus menerus menyalahkan diri sendiri, seolah-olah merasa hidup paling terpuruk. Hal ini menjadikan diri lupa bahwa Allah telah menciptakan kita dalam paket komplit, ada kelebihan dan juga kekurangan.

Ada banyak cara untuk mencintai diri sendiri sebagai upaya dalam self improvement. Kalau yang sering saya lakukan yaitu melakukan positif self talk, belajar untuk memaafkan diri sendiri dan merelakan apa yang telah terjadi di masa lalu, juga “Me Time” atau mengkhususkan waktu untuk diri sendiri, untuk menjernihkan hati dan pikiran dengan melakukan sesuatu yang menjadi kesenangan, memeluk diri sendiri juga bisa kok dilakukan sebagai upaya self love, seperti yang beberapa hari lalu di sampaikan oleh Bu Sukma, seorang psikolog dari Semarang.


Sebuah Kisah Sarat Hikmah


Melawan Anxiety (Kecemasan) #1 
Oleh: Sinta Yudisia

Jam 01.00 dinihari atau sekitar itu, aku sering terbangun mendadak.
Memandang sekeliling, dan baru tersadar kalau suami terpisah jauh di tanah seberang. Malam hari bukan saat yang menyenangkan dan menenangkan saat ini. Ada banyak kecemasan yang timbul. Ada banyak pertanyaan memenuhi benak dan perasaan. Sampai-sampai, berita-berita di grup tak berani kubuka satu demi satu karena khawatir berita demi berita akan memperburuk kondisi. Bukan hanya aku yang mengalami mimpi buruk. Dua putriku akhir-akhir ini juga sering mengalami mimpi buruk.
“Kok kalau malam aku mimpi kayak dicekik orang atau semacamnya ya?” keluh salah satu putri kami.
Dengan gadget di tangan, berita dari Surabaya, Jawa Timur, Indonesia hingga Britania Raya dan Amerika sana mudah diakses. Berita tentang covid 19 hingga George Floyd dengan hashtag #BlackLivesMatter bisa dicari tiap detik.
“Kamu mulai cemas, Nak,” kataku. “Jangan buka lagi ya berita-berita di internet.”
Informasi sangat penting diikuti, tapi kalau sudah mulai melukai diri sendiri, harus berhenti dikonsumsi. Setidaknya untuk beberapa saat.

Kupikir, aku kebal terhadap anxiety atau kecemasan. Nyatanya tidak. Malam demi malam mulai terasa menyiksa. Bahkan ketika tubuh dipaksa berbaring sekitar jam 22.00 pun tetap saja terbangun sekitar jam 01.00. Aku sendiri bertanya-tanya. Kenapa ya terbangun jam 01.00 malam dan kemudian hampir tiap setengah jam terjaga?

Peristiwa jam 01.00 malam. Sebelum era lockdown dan masa kami berpisah tempat akibat covid19, suami sempat sakit batuk. Alhamdulillah hasil rapid test negative, foto thorax pun bagus. Ke beberapa spesialis mendapatkan satu diagnose : ada gejala bronchitis. Hari-hari ketika kami bersama, suami sering terbangun sekitar jam 00.00 – 01.00 dini hari. Terbatuk-batuk. Aku ikut terjaga juga. Rupa-rupanya, itulah alam bawah sadar. Bahwa jam 01.00 harus bangun. Bangun! Bangun! Meskipun tak ada suami di dekatku. Meski tak terdengar batuknya. Sekarang kondisi kecemasanku meningkat : suami di seberang sana, apa masih batuk-batuk jam 01.00? Harusnya aku ada di sana! Harusnya suami nggak pergi dari Surabaya! Dan segala macam harusnya, harusnya, harusnya yang membombardir benak.

Setiap orang punya jam kecemasannya sendiri. Ada seorang sahabat yang serangan kecemasan hingga depresinya hadir di bulan X, bulan tertentu saat ia kehilangan putranya. Ada orang yang jam cemasnya sekitar siang, jam ketika ia kecelakaan walau alhamdulillah selamat. Dengan mewaspadai jam kecemasan, kita bisa mewaspadai alarm tubuh. Alarm tubuhku menyuruhku bangun jam 01.00 karena cemas dengan kondisi suami yang biasanya batuk jam dinihari.

Kebiasaan merusak : ada kebiasaan anxiety yang mulai terbentuk tiap jam 01.00 malam. Dan akhirnya, perilaku buruk mulai menular. Bayangkan, jam 01.00 malam atau sekitar itu me- whatsapp suami. Menanyakan apa dia baik-baik saja. Kalau gak ada jawaban segera, kecemasanku meningkat. Akhirnya suami ikut cemas juga di seberang ; karena aku terlihat tak bisa istirahat nyenyak ketika dini hari. Kecemasan-kecemasan ini menular dengan cepat. Aku jadi kepo pingin tahu kalau malam suami ngapaian aja? Makannya gimana? Kebiasaannya gimana? Ya ampun…perhatian sebagai tanda cinta mungkin menyenangkan. Kalau overdosis, akan sangat mengganggu.

Titik puncak. 
Suatu malam, sepertinya anxietyku sudah lumayan parah. Gak bisa tidur dari jam 01.00-03.00. Pikiran, perasaan sudah gak keruan. Pada akhirnya kucoba berdiskusi dengan diri sendiri, sebuah percakapan monolog yang pada akhirnya alhamdulillah membabat habis semua anxiety.

+ “Kalau suami sakit di sana, kamu bisa apa, Sinta?”
-“Aku nggak bisa apa-apa.”
+“Terus gimana?”
-“Aku pasrahkan sama Allah saja.”
“Bagus. Lalu gimana dengan dirimu sendiri?”
-“Aku bahkan nggak bisa ngatur nafasku sendiri. Nggak bisa ngatur detak jantungku sendiri. Bahkan diriku sendiri harus dijaga sama Allah.”
+“Kalau kamu cemas seperti ini dan gak bisa tidur, apa yang kamu lakukan?
-“Aku akan membaca hafalan Quran yang kupunya, sampai aku tertidur.”


Dalam kondisi kacau, yang terpikir di benak adalah 3 surah terakhir al Baqarah.
Meski hafal surat-surat yang lain, entah mengapa ayat itu yang terngiang.
Kubaca beberapa ayat, lalu jatuh tertidur.
Aku terbangun lagi, masih dengan kecemasan yang sama.
Kubaca lagi 3 ayat tersebut sampai tertidur.
Aku terbangun lagi, dengan kecemasan yang sama.
Kubaca lagi 3 ayat tersebut sampai tertidur.
Aku terbangun lagi dengan kecemasan, tapi dengan perasaan lain yang menyertai. Kebahagiaan. Kelapangan.


“Ya Allah…betapa sombongnya aku berpikir bisa mengawasi, menjaga, merawat suamiku. Bahkan nafasku saat inipun harus Kau bantu. Jagalah suamiku ya, Robb. Jagalah anak-anakku yang tidur di kamar sebelah. Jagalah orangtuaku.”

Menyadari bahwa kita berada di titik nol, tak punya kekuasaan apapun untuk melawan sesuatu yang di luar jangkauan, justru meredakan kecemasan. Aku pun mencoba menghargai diriku yang semula merasa tak berdaya karena tak bisa berada di samping suami.

“Bukan hanya para suami yang sedang berjuang saat ini, jauh terpisah dari keluarga. Mencari nafkah halal. Para istri yang berada di basecamp, menjaga diri dan anak tetap sehat juga tengah berjuang. Dengan segala keterbatasan yang ada. Termasuk keterbatasan kepastian, kapankah bisa bertemu dengan suami. Berkumpul bersama seperti dulu.
Kesabaran adalah perjuangan.
Dan kita adalah para pejuang. Termasuk aku.”

Well, setidaknya, kata-kata hiburan itu membuatku tampil sebagai pemenang.


***


Tulisan Mbak Sinta Yudisia di atas adalah status FB yang saya baca pertama kalinya pagi ini tatkala saya akan melanjutkan menulis tentang SELF LOVE. Ada bagian dari kisahnya di mana Mbak Sinta melakukan monolog atau self talk sebagai upaya mengatasi kecemasan yang menjalar dalam dirinya.

Pada akhir cerita, Mbak Sinta mampu mengatasi rasa cemas berlebihan itu menjadi sebuah harapan penuh kepasrahan namun berbalut keimanan. Masya Allah…

Apa yang dilakukan Mbak Sinta pun juga sering saya lakukan, meski dulu –di masa lalu- negative self talk kadang masih menyapa. Misal, “apa kamu bisa, Nung?”; “kok sepertinya ini sulit dan aku tidak bisa, ya?”, dan lain-lain, yang pada intinya meragukan kemampuan diri sendiri, huznudzon thinking, dan hopeless.Tapi, kini saya selalu berusaha untuk mengubah itu semua. Belajar untuk selalu  positive self talk dalam berbagai kondisi. Hadits ini yang selalu menjadi pemantik semangat saya:

Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.
(HR. Muslim)

Rasulullah saja mengajarkan demikian, jadi kita sebagai umatnya yang semoga senantiasa istiqomah mengikuti jejak cintanya harus berusaha meneladaninya. Dalam menjalani hidup ini, hanya ada 2 pilihan: SYUKUR atau SABAR. Semoga kita dimampukan untuk senantiasa memperkaya rasa syukur tatkala mendapatkan nikmat dari Allah serta melipatgandakan rasa sabar tatkala ujian/kesedihan menghampiri.

Self talk merupakan monolog, cara berdialog dengan inner voice diri kita sendiri di kala menghadapi beragam situasi. Self talk bisa diucapkan dengan suara lantang maupun hanya dalam hati. Self talk mampu memberikan sugesti untuk diri, melakukan afirmasi positif bahkan mampu membantu untuk senantiasa berpikir, merasa, dan bertindak secara sadar. Dan bagi saya, self talk yang positif merupakan salah satu upaya bagi saya untuk mencintai diri saya sendiri.

“Nung, kamu tidak perlu bersedih. Allah sedang melakukan seleksi jodoh terbaik untukmu.”
“Terus pantaskan dirimu, mungkin jodohmu nilainya 10 sedangkan nilaimu masih 8. Semangat ya, Nung!”
[Salah satu monolog yang pernah saya lakukan saat ta’aruf kedua saya kandas di tengah jalan] Hehe.

“Nung, ayolah, jangan nangis terus. Ahha Wok sudah nggak sakit lagi sekarang, sudah jauh lebih tenang di tempat terbaik. Semua sudah menjadi takdir-Nya.”
“Kalau nanti Nung kangen gimana?”
“Salihah-kan selalu dirimu. Kamu ingatkan, salah satu dari 3 amalan yang tidak akan pernah terputus meski ruh sudah meregang dari raga? Ya, doa seorang anak yang salih-salihah. Maka, gesa dirimu untuk selalu memantaskan diri menjadi muslimah salihah, menjadi wanita dunia yang layak dicemburui para bidadari surga. Hingga kiriman-kiriman doamu bisa menjadi cahaya penerang untuk tempat peristirahatan  Ahha Wok.”
[Salah satu monolog beberapa hari setelah kepergian Babe (Ahha Wok) dan saya terjerat kerinduan yang teramat dahsyat]

Alhamdulillah, banyak positive self talk yang telah saya lakukan dan saya pun merasakan banyak dampak positifnya:
  • Menghindarkan diri dari tekanan dan stress yang berlebihan.
  • Sebagai sarana refleksi diri.
  • Mengurangi rasa cemas karena dapat meregulasi pikiran, perbuatan, dan perasaan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri saat harus performance di depan publik.
  • Menumbuhkan kekuatan untuk mengatasi kepanikan.
  • Memberikan energi optimis pada diri sendiri.
  • Menjadi pribadi dengan “positive vibes only”


Cara saya agar selalu bisa melakukan positive self talk adalah tidak mudah terjebak di dalam pikiran negatif dan berusaha untuk menjauhi lingkungan yang banyak “toxic”-nya. Selain itu, saya juga suka menempelkan kata-kata penyemangat dengan menggunakan “sticky note” di tempat-tempat yang sering saya lihat (terutama di area “kerja”).

Semoga positive self talk menjadikan kita sehat jiwa dan mental karena mampu memotivasi diri sendiri sekaligus sebagai upaya mencintai diri sendiri. Hingga kita selalu belajar mengenal segala kelebihan diri dengan lebih baik, juga menjadi pribadi yang selalu bersyukur atas segala karunia terbaik dan terindah dari-Nya.

***

Support System of Self Love
Mencintai diri sendiri sangat diperlukan untuk menghargai usaha yang telah diri kita capai. Proses mencintai diri sendiri tentu saja membutuhkan support system,  terutama dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, pasangan hidup, sahabat, ustaz/ustazah (guru spiritual), dll.

Meskipun orang-orang di sekeliling seperti pasangan kita, anak, sahabat, teman, dan anggota keluarga sangat mencintai kita, tetapi akan lebih berarti jika kita tahu cara yang tepat untuk mencintai diri kita sendiri.
Bagi banyak orang, bangga dan cinta terhadap diri sendiri merupakan tantangan berat. Ketahuilah, mencintai diri sendiri memang membutuhkan banyak waktu. Sebelum menghabiskan waktu untuk mencintai orang lain, cintai diri kita terlebih dahulu!

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, bahwa banyak orang yang hanya memandang berbagai kekurangan dalam dirinya. Hal ini menyebabkan ia tidak mampu menggunakan berbagai kelebihan dalam dirinya untuk memperluas pergaulan, menambah keterampilan, dan tentunya meningkatkan kompetensi dirinya. Bila kita termasuk orang yang selalu fokus pada kekurangan diri, mulailah belajar untuk mencintai diri kita sendiri.

***


Mengapa kita harus mencintai diri kita sendiri?

Allah Swt. sudah membekali setiap hamba-Nya dengan beragam keistimewaan dan potensi diri. Tubuh kita berfungsi untuk membedakan diri kita dengan orang lain, dan memudahkan orang lain mengenali kita. Ada milyaran orang di dunia ini, sehingga tubuh menjadi salah satu penanda khas diri kita. Misalnya, kita memiliki sebuah lesung pipi yang akan terlihat manis ketika kita tersenyum dan tidak semua orang memilikinya.

Kita akan selalu terlihat berbeda. Apa yang kita rasakan, apa yang kita lakukan, dan siapa diri kita, akan selalu membuat kita unik. Kadang apa yang kita lakukan, atau apa yang terjadi pada diri kita, tak selalu membuat orang senang. Tetapi selalu ada potensi untuk melakukan sesuatu hal yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Banyak hal menakjubkan dalam diri kita. Jangan selalu melihat kekurangan diri, tapi cobalah lihat sisi positif diri kita yang belum terungkap. Seringkali orang hanya terpaku pada gambaran fisik atau karakter yang tampak di permukaan. Coba kenali diri kita, apakah kita mempunyai kelebihan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Misalnya, kita ternyata seorang yang tegas dan tidak mudah terpengaruh. Kita memiliki kemampuan untuk mengarahkan orang lain, dan membimbing mereka menjadi lebih baik.

Setiap orang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan kemampuan ini menjadikan setiap orang itu istimewa.

Tidak ada orang yang sempurna. Kita tidak harus mencari cara untuk selalu terlihat cantik, hebat, menakjubkan, lucu, kuat, dan lainnya. Kita hanya perlu menjadi diri kita sendiri. Selalu ada orang yang mampu melihat kepribadian kita yang sesungguhnya, dan mampu mencintai diri kita apa adanya.

Ayo semangat, bangun benteng untuk mencintai diri sendiri! Caranya...
Hindari hinaan
Menghina diri sendiri tidak akan menghasilkan sesuatu yang positif, justru yang akan terjadi hanyalah menurunkan percaya diri dan menyalahkan diri sendiri. Saat kita menerima apapun yang dimiliki, kita sedang bersyukur dan menuju arah positif, tetapi saat kita menghina diri sendiri, kita hanya menumpuk energi negatif di dalam diri.

Jadilah pribadi yang baik untuk diri sendiri
Sudahkah kita memanjakan diri sendiri? Jadilah pribadi yang baik pada diri sendiri! Jadilah pribadi yang sabar pada diri sendiri! Jadilah pribadi yang mau mengajari diri sendiri berbagai hal baru! Jadilah pribadi yang percaya pada kemampuan diri sendiri!

Puji diri sendiri
Pujilah diri kita sebanyak yang bisa kita lakukan setiap hari. Katakan pada diri kita berapa banyak hal baik dan positif yang telah dikerjakan setiap hari. Maka, kita akan tahu bahwa kehadiran kita tidak sia-sia.

Rawatlah tubuh kita
Tubuh kita memerlukan perawatan dan nutrisi yang baik. Karena itu, penting bagi kita untuk memberikan asupan gizi yang baik. Jangan lupa untuk berolahraga dan melatih tubuh agar selalu sehat. Pikiran kita juga membutuhkan nutrisi, membaca dan berdiskusi dengan orang lain akan sangat membantu.

Gunakan cermin cinta
Berdirilah di depan cermin. Lihat diri kita, berilah pujian betapa kita sangat menyayangi tubuh tersebut. Ingat segala hal baik yang telah kita lakukan dan beri motivasi bahwa kita bisa melakukan lebih banyak lagi kebaikan. Jika ada bagian tubuh yang tak kita suka, atau kita teringat dengan orang-orang yang pernah menghinanya, maafkanlah mereka. Katakan pada bayangan di cermin, "Aku mencintaimu, sangat mencintaimu!"

***

Cintai diri kita, sekarang!
Tak ada waktu untuk menunggu. 
Ayo, sayangi diri kita mulai dari sekarang!





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Salam,


Keisya Avicenna