Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » NUNGMA DAN MIMPI KE-55 NYA….

NUNGMA DAN MIMPI KE-55 NYA….





Berangkat dari mimpi ku ke-55 yang ingin ku wujudkan…”ROAD TO MAWAPRES 2009”!!! akhirnya, ku beranikan diriku untuk berpartisipasi pada seleksi MAWAPRES di jurusan Biologi. MAWAPRES merupakan salah satu ajang yang bisa dibilang cukup bergengsi di kalangan para mahasiswa pada umumnya, karena ada beberapa aspek yang menjadi point penting dalam hal penilaian. Berawal dari satu lembar pemberitahuan dari koordinator bidang kemahasiswaan jurusan Biologi, Ibu Widya Mudyantini, M.Si, yang tertempel di papan pengumuman jurusan pada hari Jumat tanggal 23 Januari 2009 mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi MAHASISWA BERPRESTASI JURUSAN BIOLOGI TAHUN 2009. Syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain :
1. Mahasiswa S1 ( Semester 4-8) dengan menunjukkan fotocopy kartu mahasiswa.
2. Umur tidak lebih dari 24 tahun (ehm,…baru mo 22 tahun koq).
3. IPK min. 3,0 (menunjukkan fotocopy KHS terakhir…)
4. Copy nilai EAP
5. Mengisi CV (minta Bu Widya).
6. Copy piagam, sertifikat kegiatan/seminar, serta keterangan menjadi pengurus organisasi/lembaga
7. KTI (Karya Tulis Ilmiah)…nah, mungkin ini adalah tantangan terberat.
KTi dibuat dengan mengacu format LKTI. KTI ini dibuat rangkap 4 dijilid dengan cover biru UNS. Tema : “Pembangunan Berkelanjutan Bidang Teknologi”, dengan 6 pilihan sub tema :
a. Pendayagunaan potensi Biologi dan Pertanian
b. Pendayagunaan potensi teknologi sepadan
c. Pendayagunaan potensi mineral
d. Pendayagunaan potensi teknologi bagi kesehatan masyarakat
e. Pendayagunaan potensi kelautan
f. Pendayagunaan potensi informasi teknologi.
Semua berkas-berkas ini harus sudah dikumpulkan ke Bu Widya paling lambat hari Senin, tanggal 2 Februari 2009 (wah, pas milad ke-22 nich…ehm, semoga berkah!!).
Satu tekadku, ku akan mencoba mengikuti seleksi MAWAPRES ini….karena bagiku, ajang ini adalah peluang dan kesempatan yang terlalu berharga untuk dilewatkan…Bismillah, hanya berharap ridho-Nya ku berusaha untuk mewujudkan salah satu mimpiku ini…

Sabtu, 24 Januari 2009
Hari pertama setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Hari ini SKI punya gawe besar, TAS (Temu Alumni SKI)…lumayan seru acaranya. Apalagi ada persembahan nasyid dari “Muslim Scientiest”…
Hari ini pula ku coba memutar otak, mencari ide dan menggali inspirasi untuk membuat KTI…(Tapi masih bingung nich?????)
Hari ini ku mudik…birul walidain…menemui inspirator-inspirator tercinta (babe, ibu, mas dodoy, n ipul dkk)..semoga dapat inspirasi dan support yang berarti…

Minggu, 25 Januari 2009
Hari kedua setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Kuawali pagiku di hari Minggu ini dengan riyadhoh pagi..jalan-jalan n jogging bareng babe terchayank…ehm, jam 8 di RCTI kalo tiap Hari MInggu ada apa ya??? Yoha, so pasti…si robot kucing DORAEMON donk!!! Setelah sekian lama gak nonton, hari ini sejenak ku melepas penat ku…
Kemarin malam ku sempat menulis di buku harianku…”Hari ini minimal 15% KTI itu dah kubuat”..jadi, minimal hari ini ku dapat ide yang cocok, dapat referensi, n mulai ngetik bagian-bagian depan (likes ; kata pengantar, sak wadya balane).
Ditemani kakakku tercinta, Mas Dodoy dengan vega merahnya yg selalu setia (dulu ku pernah nyungsep ma dy…hiks…), siang ini ku ke warnet buat sekedar cari ide n referensi yg relevan. Gak terasa dah 2 jam ku ngenet.. ku dapat 2 ide : telemedika dan potensi pertanian organic…
Yach, Alhamdulillah..minimal target hari ini terpenuhi…besok harus lebih…lebih…dan lebih lagi…SEMANGAT NUNGMA!!!

Senin, 26 Januari 2009
Hari ketiga setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Hari ini tanggal merah, Libur IMLEK….bisa beres-beres rumah nich!!!
Target hari ini ngetik KTI lagi, Pertajam TEMA!!!

Selasa, 27 Januari 2009

Hari keempat setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Target hari ini…Ngetik KTI lagi, minimal 40 %!!!Q jadi milih tentang pertanian organic.
Ku hunting buku ke perpus pusat…
Ngenet…cari inspirasi !!!

Rabu, 28 Januari 2009
Hari kelima setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Sebenarnya hari ini ku mau hunting dosen pembimbing yang sekiranya bisa membantu proses pembuatan KTI ku…tapi, para dosen ada lokakarya di Pasca Sarjana…
Target hari ini…Nge-fix kan KTI, esp. judulnya!!!(belum dapat judul yang pas nich…pokoke tentang potensi pertanian organic pada jahe). Tapi, akhirnya..ku mampu merumuskan judul buat KTI ku….
“Pengembangan Teknologi Pertanian Organik pada Tanaman Obat Jahe (Zingiber officinale) sebagai Salah Satu Sistem Pertanian Berkelanjutan di Indonesia”

Kamis, 29 januari 2009
Hari keenam setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Hari ini ada syuting Jogja TV. Ribet semua…ku jadi laboran n acting kuliah ma temen-temen…
Hari ini ku dapat tema baru…(syukron jiddan atas sarannya!!!)
“Potensi Pengembangan Tanaman Obat Tradisional Untuk Mendukung Tercapainya Indonesia Sehat 2010”
Ku cari referensi lagi sebanyak-banyaknya!!! Tapi data-dataku masih kurang banget!!!

Jumat, 30 Januari 2009
Hari ketujuh setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Pagi…seperti biasa, piket kost.
Hari ini agendaku ke Mawa pusat n PORSIMA. Tyuz ke MIPA, liat-liat nilai, n yang paling penting ke perpus pusat ma Mb’Thicko. Cari referensi lagi..
Sore…mencekam!!! Hujan deres banget…

Sabtu, 31 Januari 2009
Hari kedelapan setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Headline news pagi ini…”SOLO RAYA BANJIR LAGI”
Bertepatan juga pagi ni ku harus mudik…dari dalam bus ku lihat air yang menggenangi rumah-rumah warga. Sedih banget…karena tak banyak yg bisa ku lakukan untuk sekedar meringankan beban mereka…
Malam ini, ngetik KTI lagi…

Minggu, 1 Februari 2009
Hari kesembilan setelah pengumuman seleksi MAWAPRES itu ditempel….
Kuawali pagi ini dengan berolahraga pagi bareng mb’thicko n babe terchayank…abis itu bantu-bantu ibu n beres-beres rumah.
Target hari ini “nylesein KTI, editing akhir, ngeprint, dicopy, n dijilid”. Ngeprint pun harus pinjem printer ketua karang taruna ku…”Mas Moel” (Thanks ya Mas!!), siang-siang dianter Babe ke fotocopyan untuk fotocopy KTI itu n berkas-berkas yang harus dikumpulkan (ujan-ujan)…jilidannya baru bisa diambil ntar sore..
Sore…ada doa bersama untuk kesembuhan d’nova yang beberapa waktu lalu kecelakaan n sampai sekarang masih terbaring lemah di ICU, berjuang untuk tetap bertahan…(Babe nangis, Ibu juga…d’Nova dah mereka anggap cucu sendiri karena kita memang masih sodara jauh n dah dari kecil d’nova itu dah akrab ma babe)…Q juga ngumpul ma temen” Karang Taruna…
Setelah acara itu, ku dianter Babe lagi buat ngambil jilidan KTI. Pulangnya mampir beli nila bakar buat makan malam. Kata Babe, sekalian traktiran karena besok ku milad yg ke-22!!!
Ah Babe, Nungma sayaaaaaaaaaaaannngggg buangeeet ma Babe…ku genggam erat tangan beliau saat menyeberang jalan raya…kita juga gojekan bersama sambil nunggu nila selesai dibakar. Selain itu, Babe juga menanyakan seleksi Mawapres yang akan aku ikuti..Babe mendoakan n mensupport sepenuhnya!!! I LUph U PuuoooLL Be!!!
mPe rumah, maem bareng babe, ibu, mbk thicko…hmmm…nyammmy…mas dodoy belum pulang…ipul dah meributkan diri…
ONE DAY BEFORE MY BIRTHDAY…!!!
Malam ini adalah malamku untuk ber MUHASABAH…INTROSPEKSI DIRI 22 TAHUN PERJALANAN HIDUPKU…

Senin, 2 Februari 2009
22 TAHUN DALAM CINTA !!!

Ucapan selamat dari ibu, babe, n mas dodoy terchayank buat SUPER TWIN!!!
Hari ini adalah deadline pengumpulan berkas-berkas seleksi MAWAPRES JURUSAN… sebelum berangkat ke Solo ku minta doa restu dari ibu, babe n mas dodoy…
Nokia 5300 ku hari ini laris-manis sekali…terima kasih untuk saudara”Q, sahabat”Q dan semua orang yg telah memberikan perhatian untukku di hari jadiku…HARI INI!!!
Ku kumpulkan semua berkas-berkas MAWAPRES di meja Bu Widya…kemudian beliau menyerahkan CV yg harus ku isi. Akhirnya, ku memilih mushola Azzam yang kebetulan sepi pagi itu sebagai tempat ku menulis dan mengisi CV untuk calon MAWAPRES… Mushola yang tenang dan menyejukkan hatiku kala itu… (Ehm, jadi melankolis gini).
22 TAHUNKU HARUS LEBIH PRESTATIF DAN BERMANFAAT !!!!

Masih berbicara soal Mawapres…tahun 2008 yang lalu Mawapres dari jurusan Biologi adalah Mbak Eni Rohkayati (Bio’05) yang kemudian beliau juga lolos seleksi di tingkat fakultas (mendapat peringkat 1) dan maju tingkat Universitas dan mendapat peringkat ke-7. Peringkat pertama disandang oleh Aditya Darma Surya, anak Fakultas Kedokteran angkatan 2005. Prestasi beliau Subhanallah sekali sampai kancah Internasional, padahal pada saat mengikuti seleksi Mawapres Universitas IPK beliau tidak mencapai angka 3 alias di bawah 3..!! Wow, dahsyat!!! Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi seorang mahasiswa tidak hanya diukur dari IPK kita saja, tapi ada parameter-parameter lain yang menjadi nilai lebih di sana.

Rabu, 4 Februari 2009
2 HARI 22 TAHUNKU…!!!
Ada pemberitahuan bahwa pada hari Jumat tanggal 6 Februari 2009 jam 08.30 WIB akan ada presentasi KTI dan wawancara…ini merupakan rangkaian dari proses seleksi Mawapres di jurusan. Perincian penilaian untuk seleksi Mawapres jurusan :
1. KTI : 30 %
2. IPK : 30 %
3. Inggris : 10 %
4. Kepribadian : 10 %
5. Organisasi : 20 %
Wow…berat juga nich…
Targetku hari ini…buat slide presentasi minimal jadi 50 %.

Kamis, 5 Februari 2009
Pagi yang cerah untuk merefresh jasadiyah, ruhiyah, dan fikriyah…
Ternyata hari ini ada pemadaman bergilir…ku belum jadi KRS an.
Siang…listrik baru nyala jam 14.00, tapi kostku ternyata listriknya konslet!!!
Sorenya, kuputuskan untuk ke warnet SALWA…mencoba mencari bahan tambahan untuk persiapan presentasi n bikin slide power point lagi..
Sampai malam menjelang listrik juga belum bisa nyala lagi (padahal tadi dah berusaha diperbaiki sama pak tukang tapi ternyata masih konslet). Alhasil, kita gelap-gelapan…otomatis air juga gak ngalir…untuk wudhu aja kita terpaksa pake air galon, di lantai 3 juga ada persediaan dari tadah air hujan.
Dua lilin kunyalakan di kamar…lilin harapan, begitu ku menyebutnya…
Malam ini aku harus menyiapkan presentasiku buat seleksi Mawapres. Padahal, slide power pointku belum selesai ku buat. Aku pun tidak menyerah pada keadaan. Ditemani cahaya senter (pinjeman anak lantai 1), ku mencoba menelaah kembali KTI yang telah ku buat, sebagai bekal materi untuk presentasiku besok…Bismillah…
Rencana mau nebeng tidur di kost Esty gak jadi, karena kondisi kostnya juga lumayan memprihatinkan…Yupz, aku, tikno n esty tetep saling support. Ya, temaku malam ini : “Sesudah kesulitan pasti ada KEMUDAHAN!!!” tetep SEMANGAT NUNGMA….

Jumat, 6 Februari 2009
IT’S SHOW TIME!!!!

Pagi ni ngenet dulu, ngeprint…tyuz siap-siap ke kampus…gak lupa bawa jas almamater. KRS an ku nitip Octa buat maintain tanda tangan ke Bu Okid.
Aku, Esty, n Tikno mempersiapkan diri di Lab. Biologi lantai 2. KOMPETISI dimulai… diawali dengan basmalah dan tak lupa hom-pim-pah (kyak anak TK aja, he22x…). akhirnya Tikno yang maju presentasi duluan. Aku wawancara ke Bu Estu, sedangkan Esty wawancara ke Bu Dinar.
Saat ku wawancara ke Bu Estu lebih ke studi kasus selama kita menjabat sebagai seorang mahasiswa. Mulai dari motivasiku mengikuti event seleksi mawapres, bagaimana ku mengatur/memanajemen waktuku sehari-hari, sampai kasus-kasus di organisasi… Wawancaraku selanjutnya ke Bu Dinar. Beliau menanyakan tentang prestasi akademis dan non akademisku, bagaimana kesiapanku menghadapi dunia kerja n tantangan-tantangan ke depan, dll…
Setelah Esty selesai presentasi, akhirnya giliranku untuk presentasi…ada 3 orang dewan juri yang hadir kala itu…Bu widya, Pak Ratman, dan Bu Rita. Bu Tutut tidak bisa hadir, putra beliau sakit. Sahabat-sahabatku tercinta juga ada, Fina, Ulfa, Sari, Ida, Esty n Tikno juga nonton…
Bismillahirrahmanirrahiiim……………
Tekad dalam hatiku cuma satu…
”AKU HANYA INGIN MEMPERSEMBAHKAN YANG TERBAIK SEMAMPUKU!!! AKU HARUS BERUSAHA TAMPIL MAKSIMAL….”
15 menit waktu yang diberikan untuk presentasi. Setelah itu ada sesi Tanya jawab dari dewan juri. Banyak masukan bermanfaat yang aku terima…dan aku sangat berterima kasih karenanya…setidaknya ini adalah latihan dan training pendadaran untuk bekal di masa mendatang. He22x…

Akhirnya selesai sudah seleksi Mawapres di tingkat jurusan. Pengumuman belum dapat disampaikan hari itu juga, karena semua nilai juga belum diolah. Bu widya menyampaikan kata-kata penutup…bahwasanya kita bertiga tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah (karena bukan tujuan ini yang kita inginkan). Tapi kita bertiga sudah menjadi PEMENANG!!!! Karena kita sudah berhasil mengalahkan para competitor kita, mahasiswa/i Biologi semester IV-VIII yang sebenarnya mereka juga mempunyai peluang dan kesempatan yang sama untuk mengikuti ajang dan seleksi Mawapres ini. Kedepan, karya tulis ilmiah kita juga harus direvisi lagi untuk kemudian diikutkan dalam Lomba KTI.
TETEP SEMANGAT !!!! Sekarang, tinggal doa yang harus dipanjatkan…ikhtiar sudah dilakukan, sekarang adalah saat yang tepat untuk ber TAWAKAL…karena manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, selebihnya Alloh lah yang kan menentukan segalanya….dan sebaik-baik rencana kita, jauh lebih baik rencana yang telah ditetapkan-Nya!!!!
Alloh pasti selalu memberikan yang TERBAIK untuk hamba-Nya…

Inspirator sejati : Q.S. 55 : 55............
("Dan nikmat Tuhan manakah yang akan kamu dustakan ????")


(Bilik Inspirasi Q “ZONA TWIN”, 7 Februari 2009)

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog