Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » GRAND OPENING “SCHOOL OF SCIENCE DEVELOPMENT”

GRAND OPENING “SCHOOL OF SCIENCE DEVELOPMENT”

GRAND OPENING “SCHOOL OF SCIENCE DEVELOPMENT”
SALAM ILMIAH!!! SLAM ILMIAH!!! SALAM ILMIAH!!!
Kembali teriakan penuh semagat dan aura sarat prestasi itu menggema di sebuah ruangan yang cukup besar tepatnya di RSU (Ruang Seminar Utama) Lantai II Gedung 3 Fakultas Teknik UNS. Ternyata SIM ‘punya gawe gedhe’ lagi. Siang itu ada acara GO (Grand Opening) sekaligus pelantikan peserta dan pendamping SSD (School of Science Development). Meski siang hari itu (kira-kira setengah jam sebelum jarum pendek menunjuk angka 1 dan jarum panjang menunjuk angka 12) hujan mengguyur dengan sangat derasnya....(hehe...jam setengah satu saya masih ngadem di mushola Lab Pusat. Coz hujan e deres banget euy....hmm, saatnya memanfaatkan momentum. Saat-saat hujan deras juga termasuk waktu yang mustajab terkabulnya doa lho..^^v. Alhamdulillah, selang beberapa saat, hujan agak mereda, tinggal rintik-rintik saja, akhirnya saya dan Ulva mulai berjalan dari Lab Pusat menuju Fakultas Teknik, sambil terus menghujani diri dengan “RINAI-RINAI INSPIRASI”. Hehe...kata kunci saya bulan Januari ini!!!)
Sampai FT, segera bersiap dan membantu panitia untuk memperlancar proses acara. Alhamdulillah, di awal tidak ada kendala yang signifikan. Meski ada beberapa yang memang tidak bisa dipersiapkan di awal, seperti PIN, buku pedoman peserta dan pendamping, konsumsi, dll. Tapi kekurangan itu bisa segera teratasi, hm...karena kita dah mengikrarkan diri sebagai SUPERTEAM!!! LUAR BIASA!!!! Saya sangat bersyukur dan senang sekali melihat kinerja panitia dan para squad SIM yang lain!!! SALUT!!! Semoga semangat ini bisa terjaga terus sampai nanti....Amin. LANJUTKAN!!!
Acara GO yang mengambil tema : “SCHOOL OF SCIENCE DEVELOPMENT SEBAGAI GERBANG PRESTASI”, dibuka dan dipandu oleh seorang MC yang kocak (jadi terkenang zaman Up Grading SIM dulu...) Yupz, Angga dengan gaya dan kekonyolannya yang khas namun tetap ilmiah (hehe), mampu mengajak peserta untuk lebih menikmati acara siang itu. APA KABAR HARI INI..........??? “LUAR BIASA...........!!!!”. SIM BEM UNS..........??? “BERPIKIR CERDAS, BERHATI IKHLAS, BEKERJA KERAS.....!!!!”. Teriakan yang menggema dan mampu membuat api semangat dalam jiwa semakin membara. SALAM ILMIAH!!!!
******
[Back song di doralep : “WE WILL NOT GO DOWN”. Zona Inspirasi SUPERTWIN, 14 Januari 2010, 22: 54 WIB]
******
Acara GO SSD diawali dengan Pembukaan, kemudian sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Presiden BEM UNS, Pak GUNAWAN (FT’05). Tadi di luar ruangan saya sempat ngobrol bentar dengan beliau (minta izin buku novel beliau yang saya pinjam, “TATKALA LEUKIMIA MERETAS CINTA”-nya Ibu Siti Fadhilah Supari belum bisa saya kembalikan, hehe...belum selesai, coz ada buku lain yang menuntut untuk dibaca terlebih dahulu. Then, ternyata siang itu beliau juga ada Ujian. Wow, dahsyat!!! Masih bisa menyempatkan berbagi inspirasi dan motivasi di acara ini. Salut Pak!! Semoga dipermudah nanti dalam mengerjakan dan menyelesaikan ujiannya. HIDUP MAHASISWA!!!).
Dalam sambutannya, Pak Gunawan menyampaikan (hm...saya tidak bisa mendokumentasikan dari awal karena tadi belum bisa masuk ke dalam ruangan dari awal, coz harus bantu panitia yg lain dulu.).....(yang bisa saya rekam aja yak).....lanjut, beliau menyampaikan kita sebagai seorang MAHASISWA jangan hanya ‘berteriak’ tanpa punya alasan yang jelas, kita harus bisa membangun mainframe kajian, ‘ngomong’ berdasarkan ‘data kajian’ dan ‘informasi ilmiah’, jadi lebih bisa dipertanggungjawabkan. Beliau juga mampu membakar bara semangat dalam diri kita, dengan kalimatnya, “Kawan-kawan datang kesini untuk BERPERANG!!! Perang konkret dalam kerja-kerja nyata!!!”. Wow, dahsyat!!!! Beliau pun sempat mencontohkan sosok seseorang yang tidak asing lagi bagi SIM, Pak Bekti FE’05, ‘Direktur SIM’ periode sebelumnya.... Pak Bekti yang sekarang sudah diterima bekerja di sebuah perusahaan di luar negeri (Arab Saudi). LUAR BIASA SEKALI!!! Ini menjadi salah satu bukti bahwa beliau (Pak Bekti) mampu menghasikan ‘karya’ yang bisa dipertanggungjawabkan, dengan prestasi-prestasi beliau yang luar biasa tentunya!!! Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang, “Bagaimana dengan teman-teman SIM???”, begitu tanya Pak Gun. Wah, pertanyaan yang semoga bisa melejitkan motivasi kami untuk menjadi “GENERASI PENCETAK PRESTASI!!!”. Semoga...Amin.
Pak Gun menyampaikan, kita harus punya ‘jatah waktu’ untuk BERKARYA!!! Setidaknya ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa kita ajukan untuk diri kita sendiri.... “Pernahkah saya ‘menulis’???”; “Pernahkah saya ‘meneliti’???”,dll. Pertanyaan yang semoga mampu memotivasi diri-diri kita untuk BERKARYA!!! Kita pun harus mampu merealisasikan apa yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (hayo,apa aja???). yupz, ada 3 hal mendasar : pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dan kita pun harus mampu berkontribusi aktif di dalamnya. Sekali lagi, dengan karya-karya nyata kita!!! (Jadi inget proker DIVISI RESEARCH, “RECODE”, “Research Community Development”, semoga nanti bisa terealisasi sebagai langkah awal kita meruntuhkan dinding pembatas antara mahasiswa dan masyarakat...OPTIMIS, PASTI SUKSES!!!!^^v).
Pak Gun juga menyampaikan, Pembantu Rektor 4 (PR 4) kita,“Pak Adi”, aja bukunya mampu menjadi buku best seller alias laris manis di negeri Belanda, dengan kata lain dosen aja sudah menghasilkan karya yang sungguh luar biasa, nah, bagaimana dengan kita??? Hmm...INILAH SAATNYA!!! Saatnya kita kembali MELURUSKAN NIAT, MEMPUNYAI KOMITMEN YANG KUAT, untuk segera ‘berlari’ menyumbangkan ‘karya-karya nyata’ kita!!! KARYA-KARYA YANG HEBAT!!!
Pak Gun menegaskan bahwa mungkin ini terakhir kali beliau menyampaikan sambutan sebagai seorang Presiden BEM UNS, karena besok amanah beliau akan dicabut, dan sudah ada Presiden UNS yang baru, yang sudah siap menggantikan, “BERY NUR ARIF”. Hmm, di bagian akhir sambutannya, beliau berpesan (dan pesan ini yang selalu beliau sampaikan di saat forum-forum besar dengan puluhan aktivis mahasiswa dari seluruh pelosok nusantara)....”Satu hal terpenting, KITA HARUS PUNYA IDENTITAS!!!. Pahlawan kita punya identitas, tetapi kenyataannya, jarang sekali pemuda kita yang mempunyai identitas. Contohnya, Soekarno dengan karya-karya nyatanya, kecerdasan seorang Hatta, sosok pahlawan yang lain seperti Natsir, Syahrir, dll, mereka mampu membuat manuver-manuver, di saat muda mereka sudah mampu menghasilkan karya-karya nyata. Sekarang, lihatlah diri kita....kondisi sekarang yang ‘serba mudah’, kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat, kondisi yang sangat mendukung kita, seharusnya kita mampu BERBUAT LEBIH!!! Kita bisa menjadi sosok “MANUSIA ABADI”, bukan karena jasad kita, tetapi dari pikiran-pikiran kita, yang bisa kita investasikan seumur hidup, mengalirkannya sebagai ‘investasi amal’ untuk bekal kita di akhirat. Sekali lagi, “MILIKILAH IDENTITAS!!!”. Berkarya dengan sebaik mungkin. Berpikir ilmiah, berkarya amaliyah!!! Ilmu jangan dijadikan sebagai sesuatu yang ‘formalistik’, tidak hanya puas dng IPK 3,...atau lebih, tapi yang terpenting, bagaimana cara kita mengaplikasikan ilmu itu dalam koridor ‘KEBERMANFAATAN’. (Ehm, SEPAKAT Pak!!!)
Di bagian paling pungkasan, beliau menyampaikan, “Semoga School of Science Development benar-benar mampu menjadi Gerbang Prestasi, menjadi UKM yang PRESTATIF di UNS. Ini adalah TANTANGAN dari saya!!! Sehingga kelak, ketika saya sudah menjadi ‘alumni’, saya akan tersenyum bangga dan bersyukur, ketika SIM mampu melahirkan sosok-sosok prestatif dan menjadi UKM yang Prestatif pula”. Wow, suntikan motivasi yang LUAR BIASA!!! Terima kasih Pak Gun atas INSPIRASI-nya!!! (Lagi-lagi saya beraksi ‘MENCURI INSPIRASI’ dari sosok-sosok LUAR BIASA di sekitar saya....)
Saya jadi inget sebuah kalimat yang pernah ditulis ‘Keisya Avicenna’ (weleh, saya sendiri maksudnya!!!hehe...). Kalimat yang semoga semakin memotivasi : “SIM ADA, MAKA UNS MENDUNIA!!!” (terinspirasi dari rekan-rekan Webomatric “I’m UNS Blogger”).
Sambutan selanjutnya, dari Ketua Panitia, Pandu ‘Sastra Inggris 2008’,beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang tiada terkira kepada rekan- rekan peserta dan pendamping yang telah memiliki ‘ghiroh’ dan ‘semangat’ untuk menghadiri acara GO SSD siang itu. Dengan diadakannya acara tersebut, merupakan salah satu bukti bahwa kita (selaku pengelola SIM) begitu bangga dengan rekan-rekan semua. Semoga kita senantiasa bisa melakukan yang TERBAIK!!! Dan yang terakhir, semoga kita mampu menjadi “THE REAL” MAHASISWA!!! Mahasiswa yang mampu me-Mahasiswakan Mahasiswa. Menjadi mahasiswa yang mempunyai IDENTITAS dan BERKARAKTER KUAT!!! Yupz, demikian tadi liputan yang dapat Nungma sampaikan saat mendengarkan dan menyimak Sang Ketupat memberikan sambutan.
Sambutan selanjutnya, dari Direktur SIM, ‘Hasan Zainurri’. Masih dengan gelora “SALAM ILMIAH” yang kembali membuat ruangan menjadi ‘lebih panas’, padahal di luar sana...langit kembali menitikkan air matanya...Hasan menyampaikan harapan-harapan SIM kedepan serta memotivasi agar kita semua senantiasa membangun JIWA ILMIAH dalam diri kita masing-masing!!! Wow, dahsyat!!! Ayo, terus BERSEMANGAT!!!! SALAM ILMIAH!!!
Acara selanjutnya, acara inti!!!! Sambil panitia membagikan PIN SIM kepada peserta, Angga ngajari ‘nyanyi’. Sebuah tembang yang nantinya dipersembahkan untuk pembicara. Kalau tidak salah begini teksnya....
“Selamat datang bapak...selamat datang bapak....
Selamat datang kami ucapkan...
Terimalah salam dari kami, yang ingin maju bersama-sama!!!”
Lagu yang mengandung ‘kekuatan’ luar biasa!!! ^^v. Hehe...dasar Angga, ada-ada saja. But, salut!!! Kreatif, mampu menghidupkan suasana...dan saya melihat peserta sangat antusias!!!
Pak Rohmadi, pemateri dan motivator kita siang ini adalah dosen FKIP Sastra dan Bahasa Indonesia. Oh ya, acara ini dipandu oleh seorang Moderator “TORY”, Sastra Inggris 2008. Sosok moderator yang enerjik dan selalu bertingkah penuh kejutan. Hehe, saya kembali terkenang waktu UpGrading SIM dulu.
Pak Rohmadi menyampaikan motivasi : “MENJADI MAHASISWA BERPRESTASI, MANDIRI, UNGGUL, DAN BERDAYA SAING TINGGI”.
[Hmmm, tepat pukul 00:00 WIB, sementara tulisan ini saya cukupkan terlebih dahulu yak, karena ada tulisan lain yang menuntut untuk segera dirampungkan. Insya Allah, materi dari Pak Rohmadi akan saya tuliskan dalam ‘NOTE’ tersendiri].
********
“Meski malam kembali merapat pekat....
Tak jua diri ini melepas semua penat
Karna masih ada tugas mengikat
yang harus diselesaikan dalam waktu singkat
Namun harus tepat dan bernilai manfaat
Hanya ada satu kata yang masih melekat...
SEMANGAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTT!!!!!”
********
Hehe...kalimat-kalimat di atas mengalir begitu saja dalam pikiran saya dan terinternalisasi dalam gerakan jari tangan yang begitu liar di tuts doralep ini...xixixi..^^v”
[Zona Inspirasi SUPERTWIN, 14-15 Januari 2010....saat diri ini menjadi saksi pergantian hari....HARI INI SUNGGUH LUAR BIASA...sebuah hari dimana menjadi hari yang harus saya isi dengan ikhtiar dan doa penuh kesungguhan untuk mewujudkan “TEMA” saya di Bulan Januari 2010]
Tema Januari 2010 :
Mengasah Kacamata Hidup, untuk Selalu Cerdas di Setiap Momentum, dalam Ritme Indah Aturan-Nya!!!
Key Word : “Rinai-Rinai Inspirasi”


*By : Norma Ambarwati, Ketua Divisi RESEARCH SIM BEM UNS
[PROVE YOUR CONTRIBUTION !!!]

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog