Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » 8 RINAI-RINAI INSPIRASI (OLEH-OLEH DARI SEMARANG)

8 RINAI-RINAI INSPIRASI (OLEH-OLEH DARI SEMARANG)

Oleh-oleh ini saya dapatkan di sebuah tempat yang baru pertama kali saya menorehkan jejak di sana…Perpustakaan Daerah Jawa Tengah…(kalo rekan-rekan UNDIP banyak yg mengistilahkan “PERWIL”). Ya terserah aja deh…intinya perpustakaan, salah satu tempat favorit saya. Dan entah dari mana rasa itu datang (deuu…), rasanya saya langsung jatuh cinta pada tempat itu…Terima kasih Tyo, kau telah menyesatkanku di tempat yang sungguh luar biasa…INSPIRATIF!!! (kayaknya tempat istimewa ini bakal jadi tempat wajib yang harus saya kunjungi tiap kali ke kota inspirasi saya ini…bener kan Tyo???hehehe…)

Saat yang paling bahagia adalah saat dikelilingi buku-buku…jadi bingung mana yang mau dibaca duluan, bagus-bagus semua. Misi besar yang saya bawa saat memasuki ruang baca adalah cari referensi untuk mengerjakan tugas kuliah dan skripsi.

Alhamdulillah, dapat ‘lumayan banyak harta karun’. Selain itu, saya juga terlanjur jatuh cinta pada deretan buku-buku yang memuat tentang motivasi, pengembangan diri, buku-buku keislaman, dan yang pasti buku-buku yang mampu melahirkan berjuta loncatan inspirasi dalam syaraf otak saya. Saya benar-benar menikmati saat-saat itu!!!

Seandainya berandai-andai boleh…(hehe), saya menginginkan perpustakaan ini pindah di dekat kost saya di Solo (gubraaak….) atau gak KAIZENEMON siap mengantarkan saya jika sewaktu-waktu saya pengin ‘ngadem’ di perpustakaan ini, pakai ‘baling-baling bambu’ atau ‘pintu ajaibnya’. Hehe…Benar-benar khayalan tingkat tinggi…

Hmm…oleh-oleh yang ingin saya bagi (khusus untuk rekan-rekan saya yang kebetulan belum bisa mencicipi oleh2 hasil petualangan saya tanggal 19-21 Januari lalu, semoga ini bisa menggantikan, walaupun sedikit ‘memaksa’.hihihi…).

Simak baik-baik hasil coretan ‘tidak karuan’ saya di 3 lembar kertas jurnal yang berjudul “Uji Sitotoksik Senyawa Alkaloid dari Spons Petrosia sp., Potensial Pengembangan sebagai Antikanker”. Hmm…salah satu jurnal yang menunjang pengerjaan skripsi saya sekaligus salah satu jurnal yang dipublikasikan oleh dosen pembimbing saya yang sekarang sedang menempuh study S3 di Belanda. Maaf ya jurnal, karena ulah saya kamu sekarang tidak berbentuk jurnal lagi…hehe…tapi kamu sangat bermanfaat!!! Coz waktu itu hanya kamu yang bisa saya jadikan sarana untuk ‘MENGIKAT ILMU’…Peace!!^^v

Yadah, saya mulai merapikan saja -melalui ketikan ini- hasil tulisan saya dengan gaya ‘memaksa’ di 3 lembar kertas jurnal tersebut (-tapi, tidak semua saya tulis-). Inspirasi yang saya dapatkan itu saya rangkum dalam “8 RINAI-RINAI INSPIRASI”. SEMOGA MENGINSPIRASI…

1. “Membaca merupakan infestasi intelektual sekaligus spiritual”…Hmm, sangat sepakat. Sahabat menulis bernama MEMBACA. Semakin banyak kita membaca, kita akan semakin kaya kata-kata, kita akan semakin bisa memahami beranekaragam gaya tulisan, kita bisa membuka cakrawala dunia, kita bisa berimajinasi keliling dunia, dan masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca.

2. “Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dalam dirinya (Ali bin Abi Thalib)”. Yupz…dan saat itu pun menjadi saat yang paling membahagiakan dalam episode petualangan “RINAI INSPIRASI” saya di Semarang. Setidaknya saya mendapatkan hiburan gratis dan pencerahan yang luar biasa ketika saya berada di ‘gudang ilmu’ itu.

3. “Seorang penulis haruslah otonom, bebas, dan merdeka. Ketika seseorang menulis, maka dia harus merentas ide sebebas-bebasnya, tanpa dikendalikan oleh kekuatan lain dari luar dirinya. Menulis yang baik adalah proses ekspresi yang bebas (sebebas-bebasnya dari akal budi, hati nurani, dan jiwa-jiwa kita)”. Menulis itu tidak sulit. Menulis itu mudah. Tinggal merangkai 26 aksara ini menjadi sebuah tatanan yang apik dan bermakna. QWERTYUIOPASDFGHJKLZXCVBNM.

Menulis…menulis…dan menulis…

4. “Kehidupan yang sesungguhnya adalah ketika kematian telah datang menjemput. Disitulah kerinduan untuk bertemu Sang Kekasih akan terwujud. Hidup pada hakekatnya adalah perjalanan menuju kampung akhirat”. Ingat MATI, biar hidup semakin berarti!!! DZIKRUL MAUT!!!

5. “Godaan tentang masa lalu bagaikan hutang pada diri sendiri yang -sebetulnya bukan sulit tetapi- membutuhkan keterbukaan kesadaran fikiran dan hati untuk menebusnya!!!”. Hmm, tak ada salahnya belajar dari masa lalu. Masa lalu bukan untuk dilupakan, karena mau tidak mau masa lalu akan terus mengiringi perjalanan hidup kita, tapi jadikan masa lalu sebagai cerminan dan sarana pembelajaran agar lebih baik lagi di masa sekarang dan masa depan.

6. “Manusia yang tidak pernah bersyukur adalah manusia yang telah melupakan dan kehilangan eksistensi dirinya. Manusia yang kehilangan nuraninya akan hidup tanpa rasa malu baik pada diri sendiri dan pada Tuhan”. Allah swt telah memberikan banyak sekali kenikmatan. ‘Dan nikmat TuhanMu yang manakah yang akan kalian dustakan???’ (QS.55:55). So, tidak ada alasan lagi untuk tidak bersyukur!!! Bersyukurlah, karena Allah swt pasti akan melipatgandakan kenikmatan yang telah kamu dapatkan.

7. “BORN TO FIGHT : menghancurkan belenggu-belenggu penghambat sukses; berpikir satu langkah lebih maju; dan membiasakan berperilaku positif”. Kita lahir untuk BERJUANG!!! Jadi pengin nasyidan…”Perjuangan itu artinya berkorban, berkorban itu artinya terkorban…Janganlah gentar untuk berjuang, demi agama dan bangsa….INILAH JALAN KITA!!!”. Hidup itu butuh PERJUANGAN, PENGORBANAN, dan TOTALITAS!!! (begitu nasehat sahabat saya waktu SMA)

8. “Seekor anak rajawali yang selalu berpikir dan menganggap dirinya anak ayam, dia tidak akan pernah bisa terbang tinggi. Seseorang yang selalu menghiasi dirinya dengan karakter pecundang akan sangat sulit menjadi pemenang. Ketika kita berpikir diri kita tidak mampu, akan sangat sulit untuk berprestasi!!!”. So, penuhi diri-diri kita dengan hal-hal yang positif!!! Kalau kita yakin BISA, PASTI BISA!!! Jadi inget lagunya Ippho Santosa…

“Aku terlahir tuk jadi PEMENANG, tak kan pernah berpikir tuk jadi pecundang…Hanya satu yang slalu ku kekenang, saat sorak-sorai riuh berkumandang….”.
Nah, inilah 8 RINAI-RINAI INSPIRASI yang berhasil saya rangkum lewat ketikan tulisan ini. Masih ada beberapa tulisan saya hasil membaca di perpus itu yang tidak saya tuliskan di sini, tapi saya tuliskan di buku DNA (Dream ‘N Action) saya…(benar2 dahsyat, hebat, dan full manfaat!!!). Kapan-kapan Insya Allah, saya bagi lagi inspirasi yang telah saya dapatkan…

Happy ending : Alhamdulillah, saya berhasil merealisasikan 2 impian saya di bulan Januari lewat petualangan dahsyat tanggal 19-21 Januari 2010 beberapa waktu lalu. “Bermetamorfosis di Semarang, MYINSPIRING TOWN” dan “Sholat Dhuha di Masjid Agung Demak”. Masih ada 1 impian lagi yang harus segera saya realisasikan sebelum Januari berlalu berganti bulan Februari, bulan yang penuh cita, cinta, dan cerita…[H-6]^^v.

[Istana KYDEN, Istana INSPIRASIKU, {H-6}, 27 Januari 2010…17:00 WIB]

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog