Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » KEISYA AVICENNA DAN IMPIAN NO. 75

KEISYA AVICENNA DAN IMPIAN NO. 75

KEISYA AVICENNA dan IMPIAN NO. 75!

Akhir tahun 2008, Keisya pernah menuliskan sebuah impian No. 75. Mencoba menuliskan salah satu bagian dari RESOLUSI 2009 juga. Impian yang konyol sebenarnya. Hehe. “Bisa masuk koran karena PRESTASI”. Ngakak guling-guling dah kalau ingat saat menuliskannya. Saat itu menjelang akhir semester 5. Tulisan satu kalimat di “DREAM BOOK” Keisya itu menjadi salah satu pemantik semangat dan motivasi untuk mewujudkannya.

Semester5…sedikit mengenang masa-masa perkuliahan di semester 5. (Buka Buku DNA tahun 2008) Ada beberapa kalimat menarik yang Keisya temukan di bagian agak belakang dari buku DNA itu.

KOREKSI PASCA MID MENUJU UAS yang GEMILANG:
1. MID kemarin kurang persiapan khususnya dari segi penguasaan materi.
Solusi :
• Sebelum kuliah pelajari dulu materi yang akan disampaikan dosen.
• Browsing di internet/ cari literatur di perpus
• Perbanyak latihan soal
• Jangan malu bertanya kepada dosen/ teman apabila ada materi yang belum jelas
2. Belajar rutin. Bentar aja, yang penting frekuensinya sering.
3. Manage waktu dengan baik. Harus balance!!!
4. Ada tugas/ tanggungan laporan harus segera dikerjakan! GAK BOLEH MALES…GAK BOLEH DITUNDA-TUNDA!!!
5. Aktifkan atau buatlah forum-forum diskusi!
6. Bikin GRAND DESIGN jadwal perkuliahan (belajar materi perkuliahan, praktikum, dan responsi) kemudian buat komitmen untuk merealisasikannya. Lakukan evaluasi dan analisa SWOT sesudahnya.

Hoho…tulisan selanjutnya ada targetan-targetan nilai tiap mata kuliah yang harus Keisya capai beserta IPK-nya.

Alhamdulillah, target IPK terpenuhi. Tetapi ada satu mata kuliah 4 SKS yang Keisya mendapatkan nilai 2 alias C untuk mata kuliah itu. Wuah, Keisya memang agak gak ngeh dengan mata kuliah yang berbau-bau hewan.

Sebenarnya mata kuliah ini bisa Keisya make-up di semester 7. Tapi apa yang Keisya lakukan? Keisya tahu kapasitas Keisya dalam memahami mata kuliah yang satu itu. Hm, akhirnya setelah membuat analisa SWOT, Keisya memutuskan untuk tidak make-up mata kuliah itu. Tapi Keisya bertekad di tahun 2009/2010, Keisya harus mengukir lebih banyak prestasi. Minimal punya banyak pengalaman-lah. Gak melulu kuliah. Hihi…(tiru yang positif aja ya!).

Keisya sebenarnya tahu, berdasarkan hasil kalkulasinya, jikalau dia make-up mata kuliah itu pada akhirnya nanti Keisya bisa “CUMLAUDE”. Tapi sekali lagi, bukan hanya nilai yang Keisya kejar. Kuliah lagi 4 SKS untuk mata kuliah yang “gak Keisya banget” pasti membutuhkan “waktu lebih”. Hehehe…saat itu tekad Keisya hanya satu, Keisya harus lebih banyak mengukir prestasi sebelum lulus. Sebagai salah satu “penebus” tidak ter-make up-nya satu mata kuliah 4 SKS itu.

Dan benar…di buku DNA 2009 “THE JOURNEY OF MY LIFE”. Satu kalimat dengan huruf kapital tertulis di halaman paling depan: “MENUJU MAWAPRES 2009”. Alhamdulillah, impian itu bisa terwujud. Atas izin-Nya, Keisya bisa jadi juara 3 Mahasiswa Berprestasi tingkat jurusan (mewujudkan impian no.55). Hehe, menang-kalah gak masalah. Yang penting dah berani mencoba serta merealisasikan salah satu impian. Keisya juga membuat “GRAND DESIGN PENCETAK PRESTASI”. Di lembaran itu tertulis kompetisi-kompetisi yang akan dan ingin Keisya ikuti beserta targetan-targetannya.

Satu kompetisi yang paling berkesan di tahun 2009 adalah saat menjadi juara III International Scientific Paper Competition in “Students Scientific Weekly Forum : Get More Inovation” SIM-BEM UNS 2009, dengan judul “The Potency and Development of Food Diversification of Sorghum Plant (Sorghum bicolor L. (Moench.) as Altenative Food Resources in Indonesia”. Hihi…gak nyangka dari kompetisi itu bisa mencoret impian no.75 yang telah tertulis di DREAM BOOK. Impian yang terwujud pada tanggal 16 Mei 2009. Nampang di halaman paling belakang Koran Solopos. Keisya pada mulanya juga gak tahu, yang ngasih tahu malah ibu dan teman-teman. Hehe…gak nyangka aja, impian yang pada mulanya Keisya anggap konyol itu, malah diizinkan Allah Swt bisa menjadi kenyataan.

***
Ah, malam ini Keisya hanya ingin mengenangnya. Tatkala diri ini membuka-buka catatan dokumentasi hidup yang tertulis di buku DNA tahun 2008 dan 2009. Dan menemukan foto realisasi impian No.75!

Sebagai motivasi pribadi dan semoga bisa memotivasi rekan-rekan serta adik-adikku di kampus…
“Berusaha maksimal untuk lebih orisinalitas dalam berpikir dan bertindak. Jangan bangga dengan predikat pengekor atau plagiator! Jadilah yang PERTAMA! Jadilah yang lain daripada yang lain. Jadilah PEMBERANI! Dengan cara itu kamu akan menciptakan PERUBAHAN berarti di dunia. Sekali lagi, JADILAH PENCETAK PRESTASI dan JADILAH SANG PEMENANG! Dare to dream ‘n make your dreams come true!!!”

[Keisya Avicenna, 25 Maret 2011…karena orang yang PRODUKTIF bukanlah mereka yang menghabiskan waktu untuk konsen mengerjakan amanah tertentu. Akan tetapi, yang dimaksud PRODUKTIF adalah seberapa besar seseorang mampu menjadikan amanah yang ia emban untuk memberi kemanfaatan sebesar-besarnya terhadap peningkatan diri, terbantunya orang lain, kebangkitan umat dan damainya alam semesta…^^. Bismillah…LIFE with A GREAT MISSION: LILLAH, BILLAH, ILALLAH!!!].

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog