Jejak Karya

Jejak Karya

Friday, November 29, 2013

Oleh-Oleh Workshop Kehamilan Syar'i (Bagian 1)


Materi "Makanan yang Halal dan Baik pada Masa Kehamilan" ini disampaikan oleh dr. Ine Martanti dalam acara Workshop Kehamilan Syar’I di AQL Center Tebet. 
Harus diperhatikan bahwa dalam mengkonsumsi makanan tidak hanya mengutamakan kehamilan, tetapi bagaimana makanan itu, baik zatnya diperoleh dengan cara yang baik, diolah dengan baik dan dikonsumsi dengan cara yang baik pula. Apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Kehalalan suatu makanan sangat mempengaruhi jiwa, aqidah, dan akhlak seseorang, maupun bayi yang dikandungnya.
Cara Makan Rasulullah Saw.:

1.   Diawali dengan membaca Basmalah


2.   Makan saat lapar dam berhenti sebelum kenyang (dimaksudkan supaya badan tetap sehat, tidak mengantuk, ibadah lebih khusyuk, jiwa lebih tenang, otak lebih cerdas)

3.   Mencuci tangan yang bersih dengan air mengalir
4.   Makan duduk (tidak berdiri) dan tidak bersandar dan lutut kanan ditegakkan
5.   Bersyukur dengan makanan yang ada dengan tidak mengeluh dan mencela makanan
6.   Tidak makan berlebihan
7.   Tidak mencium makanan dan meniupnya
8.   Tidak menggunakan wadah dan minuman yang terbuat dari emas dan perak
9.    Hendaknya makan menggunakan tangan kanan (makan dengan 3 jari/sedikit) dan dikunyah dengan halus agar makanan dapat dicerna dengan baik
10.  Tidak makan makanan yang diawetkan atau dipanaskan berulang kali
11.  Hendaknya makanan dihabiskan tidak tersisa
Cara minum Rasulullah Saw.
1.  Tidak bernapas dalam gelas
2.  Tidak minum sambil berdiri (minum dengan 3 teguk)
3.   Tidak meniup-niup minuman
Nutrisi yang dianjurkan:
1.  TRIMESTER PERTAMA
Umumnya terdapat keluhan, mual, muntah, sehingga nafsu makan berkurang. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormone kehamilan HCG (Hormone Chorio Gonadotrophin) yang berfungsi untuk pembentukan organ-organ penting bagi janin.

Madu, sebaiknya 3x2 sendok makan yang berguna untuk memberikan energi, melapisi lambung, melindungi usus, mematikan kuman, anti radang, anti oksidan, sehingga imun atau daya tahan tubuhnya tetap optimal.

Kurma, sebaiknya TIDAK dikonsumsi pada trimester pertama ini, karena terkandung  hormon oksitosin untuk merangsang kontraksi rahim.

Habbatussauda juga sebaiknya TIDAK dikonsumsi pada trimester pertama ini dikarenakan termasuk herbal panas.

Hindari makan junk food, makanan olahan (instan) serta makan dan minum yang mengandung gula berlebih.

Perbanyak makan yang mengandung protein, buah, sayuran, biji-bijian, serta susu.
Untuk perkembangan otak janin diharuskan mengkonsumsi asam folat yang banyak didapat dari sayuran hijau, biji-bijian (kacang hijau, kedelai, kacang merah, beras merah, gandum, dll)

Perbanyak minum air zam-zam, kelapa muda agar tubuh dapat menyerap sempurna sehingga tubuh lebih segar.
2.  TRIMESTER KEDUA
Rasa mual yang berangsur-angsur berkurang, sehingga sudah timbul nafsu makan, namun perlu untuk membatasi porsi makan (sedikit tapi sering)

Meningkatkan konsumsi protein dan vitamin yang terdapat dalam sayur-sayuran, buah segar, biji-bijian.
Hindari makan dengan tinggi lemak dan karbohidrat seperti nasi, roti, kue, mie, biskuit, camilan.
Hindari mengkonsumsi ikan dengan kadar merkuri yang tinggi (sarden, makarel),

3.   TRIMESTER KETIGA
Pola makan ibu harus disesuaikan dengan pertumbuhan janin, jika sudah mencukupi, makan asupan makanan harus dibatasi.

Sudah boleh mengkonsumsi kurma, karena hormon estrogennya membantu proses payudara dan rahim dan kurma dapat meningkatkan jumlah sel darah merah

Habbatussauda sudah boleh diberikan 2x1 kapsul per hari, dibarengi dengan minum air yang banyak atau air zam-zam dan air kelapa.

Habbatussauda memiliki manfaat utama untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, anti oksidan tinggi, anti kanker, anti virus, anti radang, dan melancarkan ASI.

Konsumsi minyak zaitun 2x1 sendok makan per hari atau 2x1 kapsul. Untuk ibu hamil dapat  untuk melancarkan BAB, untuk pemeliharaan kulit pada peregangan perut dan payudara.
Zaitun mengandung : vitamin E, klorofil, lemak essensial (omega 3 dan 6), fitoestrogen, vitamin A, dll

Banyak minum madu, dosis dapat ditambah

Hendaknya makan sesuai pola makan Rasulullah Saw., mendapat pahala. Selain nutrisi fisik, nutrisi rohaninya harus dikuatkan dengan meningkatkan amal ibadah seperti tilawah, sholat sunnah, zikir, dll sehingga kelak anak-anak yang dilahirkan memiliki kecerdasan otak yang baik dalam menerima ilmu-ilmu agama maupun ilmu yang lain, mempunyai aqidah yang baik, sehat secara fisik, mental, social, dan spiritualnya.

Anjuran Gizi Ibu Hamil
Calon ibu dalam waktu 9 bulan harus menghasilkan bayi dengan BB minimal 2500 gram, dengan badan BB ibu bertambah sekitar 10-12 kg.

Selama hamil perlu pertambahan kalori 300 kkal per hari, kalori berasal dari hidrat arang dan lemak (beras, jagung, umbi-umbian). Kalori penting untuk pembentukan sel-sel tubuh, pergerakan otot-otot, proses metabolism, mempertahankan suhu tubuh dan aktivitas untuk janin diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Butuh protein lebih banyak (kurang lebih 15 gram per hari) seperti daging, ikan, susu, telur, tempe, keju, dll. Protein bertugas membentuk jaringan dan struktur tubuh, baik untuk ibu maupun janin. Protein juga berguna untuk pertumbuhan plasenta, cairan amnion ketuban, jaringan uterus, Hb, jaringan payudara untuk menyusui

Ikan mengandung omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Bila kelebihan disimpan dalam bentuk lemak, obesitas, hipertensi, aliran darah ke janin berkurang karena menyempitnya pembuluh darah. Bila kekurangan protein bisa lemah, kurus, anemia, pertumbuhan janin terhambat, keguguran, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Lemak sangat diperlukan oleh tubuh terutama asam lemak esensial (yang didapat dari makanan) seperti linolenat (omega 3) dan linoleat (omega 6).

Omega 3 diperlukan untuk perkembangan sel syaraf, otak, dan sistem penglihatannya (terutama retina janin) ditemukan pada ikan laut : salmon, tuna, cakalang, dan terdapat pada kedelai, kacang-kacangan, dan sayur hijau).

Omega 6 diperlukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh, pembentukan sel-sel tubuh, termasuk hormon, anti bodi dan organ-organ vital lainnya (biji-bijian, kedelai, minyak nabati).

Perbanyak serat 20-35 gram perhari, dianjurkan yang berasal dari makanan alami (jika dimakan dalam bentuk mentah butuh 3-5x jumlah tersebut)

Minum air minimal 8 gelas per hari

Asam folat diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah merah dan perkembangan sistem syaraf. Kekurangan akan mengakibatkan anemia, BBLR, keguguran, prematur, infeksi, sulit persalinan dan kematian janin.
Terdapat dalam asparagus, bayam, kacang tanah, selada, roti gandum, brokoli, dll

Pantangan Selama Kehamilan
Dilarang merokok, narkoba, dan alkohol.

Makan makanan yang mentah/setengah matang karena mengandung bakteri (salmonella, E.coli, dll), parasit toksoplasma, bahkan cacing.

Kafein (kopi) karena dapat mengurai penyerapan zat besi pada ibu hamil, mengalami keguguran, dan dapat meningkatkan kerja jantung, hormon stress.

Jangan minum obat sembarangan (mengobati sendiri), hati-jhati dengan obat anti kanker, epilepsi, antibiotik.

Hindari makanan yang dibakar karena karbonnya dapat menyebabkan kanker dan biasanya kurang matang (mengandung toksoplasma)

Hindari junkfood dan makanan olahan atau makanan dan pengawet, pemanis, dan pewarna buatan.

Hindari polusi dan radioaktif harus memakai masker.

Hindari infeksi nasokomial dan hindari kontak dengan orang sakit.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Salam,


Keisya Avicenna