Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » , , , » [Nice Home Work #1] : ADAB MENUNTUT ILMU

[Nice Home Work #1] : ADAB MENUNTUT ILMU

#NormaAmbarwati_NHW1
1.      Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini!
·         Sebagai calon ibu (saat ini saya tengah hamil 18 minggu), jurusan ilmu yang ingin saya tekuni adalah persiapan menjadi seorang ibu khususnya tentang pengasuhan anak dengan semangat “Spiritual Parenting”.
·         Sebagai seorang penulis yang saat ini mengelola sebuah lembaga pelatihan kepenulisan untuk anak-anak dan remaja (DNA WRITING CLUB) dengan jumlah murid lebih dari 50, dan juga karena menulis adalah passion saya, maka saya akan terus semangat belajar untuk menambah ilmu dan mengasah skill saya di bidang kepenulisan.

2.      Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut…
·         Ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak-anaknya. Islam sangat memuliakan sosok seorang ibu. Atas izin Allah SWT, seorang anak dilahirkan lewat seorang ibu. Atas izin Allah SWT, seorang janin tumbuh dan berkembang dalam rahim mulia seorang ibu. Atas izin Allah SWT, seorang bayi mendapatkan asupan makanan yang tak ada duanya dari ASI seorang ibu. Subhanallah, sungguh luar biasa menjadi seorang ibu!
·         Anak merupakan buah hati dan belahan jiwa bagi kedua orang tuanya. Anak merupakan amanah Allah SWT yang harus dijaga sepenuh cinta. Kehadirannya di dunia memberikan nilai dan arti yang luar biasa. Lebih-lebih apabila ia menjadi anak yang shalih dan shalihah, sehat jasmani dan rohani, cerdas dan mau berbakti kepada kedua orang tuanya. Tidak mudah memang memiliki anak yang demikian membahagiakan dan membanggakan, menjadi tumpuan harapan. Untuk menciptakannya, membutuhkan perjuangan, kegigihan, dan kesabaran. Tentu juga dibutuhkan keluasan wawasan dan pengetahuan serta aneka pengalaman.
·         Di tengah arus globalisasi seperti sekarang ini, peran ibu sangat signifikan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak terutama dalam menciptakan harmonisasi keluarga serta lingkungan yang kondusif. Selain itu, seorang ibu juga dituntut untuk kreatif dalam mengarahkan potensi anak demi mendukung perwujudan cita-citanya.
·         Spiritual Parenting merupakan sebuah proses penyelenggaraan kehidupan berumah tangga atau berkeluarga yang didasari oleh aturan-aturan Allah SWT yang agung dan mulia. Orang tua spiritual akan mengizinkan anak-anak mereka menjadi apa adanya dan berbahagia dalam keunikannya. Orang tua spiritual menyediakan ‘tanah subur’ bagi anak mereka untuk menumbuhkan akar keimanan yang akan menjadi pusat dan menambatnya seumur hidupnya. Mereka memberi anak kanvas kosong untuk diisi dengan warna-warni jiwanya dan sebuah palet pengalaman untuk digambarkan sepanjang hidupnya.
·         Dalam bidang kepenulisan, saya ingin mewujudkan cita-cita saya : MENJADI SEORANG PENULIS YANG MAMPU MELAHIRKAN PENULIS. Jadi, ada transfer ilmu di sana, ada pewarisan semangat untuk terus melahirkan karya bermanfaat. Karena saya tidak ingin dikenang orang –ketika jatah hidup saya habis di dunia ini- hanya dari 3 kalimat saja : NAMA-TANGGAL LAHIR-TANGGAL WAFAT. Maka, saya harus melahirkan karya yang semoga itu bisa menjadi tabungan jariyah saya di akhirat kelak.

3.      Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
·         Mengikuti perkuliahan secara intensif dan bersungguh-sungguh di Institut Ibu Profesional.
·         Banyak membaca buku-buku parenting.
·         Belajar dan berdiskusi dengan sosok-sosok istimewa yang lebih berpengalaman, bisa dengan mengikuti seminar, talk show, atau silaturahim.
·         Mengasah passion menulis dengan terus berlatih, menjadi mentor yang profesional untuk anak didik, mengikuti pelatihan kepenulisan baik secara online maupun offline.

4.      Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
·         Senantiasa meluruskan niat dalam mencari ilmu, murni 100% hanya karena mengharapkan keridhoan Allah semata.
·         Selalu berusaha ikhlas dan pantang mengeluh atas usaha yang tengah ditekuni untuk mencapai hasil maksimal, sesuai dengan yang menjadi harapan.
·         Melaksanakan dan menyelesaikan dengan sungguh-sungguh serta bertanggung jawab.
·         Lebih berhati-hati dalam memanfaatkan media sosial/media online.




0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog