Jejak Karya

Jejak Karya

Saturday, February 11, 2023

BAGOR, BAGOR APA YANG KRIUK DAN BIKIN NAGIH?



Apa jawabannya hayooo? Yupz, bukan kain bagor buat wadah beras itu, lho. Bagor yang kriuk dan bikin nagih ya tentu saja BAWANG GORENG.

 

Alhamdulillah, saya terlahir di tengah keluarga penggemar bawang goreng. Dulu, setiap libur kerja saya sering membantu ibu membuat bawang goreng untuk dikonsumsi keluarga. Baik yang bawang merah maupun bawang putih. Alhamdulillah keduanya jadi saudara yang cukup akur bin rukun, tidak ada sosok protagonis maupun antagonis. Keduanya mampu berkolaborasi untuk menambah cita rasa makanan ataupun masakan menjadi lebih sedap disantap. Bahkan ketika dicemilin pun, bikin tangan nggak mau berhenti untuk merogoh isi bagor yang masih setia di dalam toples.

 

SUPERTWIN kecil sering membantu ibuk untuk membuat bagor saat libur sekolah. Kami bertugas mengupas bawang merah dan bawang putih. Waktu itu, ibuk memberikan tips agar tidak menangis bercucuran air mata tatkala mengupas bawang merah. Salah satu caranya dengan mendekatkan garam. Alhamdulillah cukup ampuh, sih. Kalau mengupas bawang putih sih lebih gampil dan minim drama. Untuk mengirisnya, waktu itu kami punya alat berwarna biru untuk mengiris bawang merah dan bawang putih. Nggak perlu capek-capek mengiris dengan pisau, cukup beberapa butir bawang, dimasukkan beberapa biji terus alatnya diputar manual dengan tangan. Irisan bawang akan meluncur ke wadah transparan yang ada di bagian bawahnya. Sangat praktis dan cukup menghemat waktu.

 

Dan inilah resep membuat bagor special ala Titi Ya:

Bahan:

1.    1 kg bawang merah

2.   4 sdm tepung beras

3.   ½ sdt garam

4.    

Cara memasak:

  • 1.     Kupas dan potong tipis bawang merah.
  • 2.   Taburi bawang merah yang telah diiris dengan garam dan tepung beras. Lakukan secara merata.
  • 3.   Pastikan tepung tidak terlalu banyak atau sedikit.
  • 4.   Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng bawang merah hingga berwarna kuning keemasan.
  • 5.   Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  • 6.   Letakkan pada piring yang telah dialasi dengan tisu untuk menyerap minyak.
  • 7.   Jika sudah dingin, masukkan ke toples kedap udara.
  • 8.   Bawang merah goreng siap disajikan.

 



Alhamdulillah, bawang goreng bisa digunakan sebagai pelengkap untuk makanan seperti soto, bakso, nasi goreng dan lainnya untuk menambah aroma yang semakin sedap. Bahkan tak jarang, lho bawang goreng dikonsumsi untuk camilan. Bahkan dulu pas akami kecil lauk dengan nasi putih hangat dikasih kecap dan taburan bawang goreng plus kerupuk sudah menjadi salah satu alternatif lauk yang mewah. Hihi.

 

Cara membuat bawang goreng cukup mudah, bukan? Yuk, segera praktik buat stok saat bulan Ramadan nanti!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Salam,


Keisya Avicenna