Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » RAMADHAN CERIA : “BINA DIRI RAIH PRESTASI” [SMP 16 Surakarta, 2-3 September 2010]

RAMADHAN CERIA : “BINA DIRI RAIH PRESTASI” [SMP 16 Surakarta, 2-3 September 2010]



Kamis, 2 September 2010 [23 Ramadhan 1431 H]


Setelah menyelesaikan tugas pagi dengan rekan-rekan panitia I’tikaf, Nung segera meluncur ke Kost Pink. Hari ini berangkat ke SMP 16 tanpa Mira. Cuma berdua sama Ika. Sampai lokasi dah hampir jam 8. E, ternyata semua dah ada di ruang multi. Briefing lagi. Then Nung dapat kelas 9E…hoho…ketemu Aan cs lagi nih. Hari ini harus lebih seru daripada kemarin!!! Awalan seperti biasa, salam yang penuh semangat, ngaji bareng…dst... Di kelas 9E ini juga tak ajarin salam yang sama dengan kelas 7D kemarin. ALHAMDULILLAH, LUAR BIASA…ALLAHU AKBAR!!!

Materi hari ini tentang RASULULLAH SURI TELADAN TERBAIK. Nungma pun bercerita tentang Rasulullah. Adik-adik memperhatikan. Sesekali kita juga diskusi dan tebak-tebakan. Tak selani juga dengan main games. Mas Anto datang ke kelas, n ada Asti juga. Jadilah, kita berdua berkolaborasi!!! Asti ngajarin game yang lain. Dari main tangan (aktivasi otak kanan.hehe) sampai “komunikata”. Ada 4 kelompok. “Zak-zakMoe”, “The Gunz”, “Tipe-X”, dan “SpongeBob”. Gayeng tenan…yang penting adik-adik bisa mengambil hikmah dari setiap permainan yang kita berikan. Selanjutnya “sedang apa”. Wahwah…tambah gayeng…sampai akhirnya “SAATNYA KITA DHUHA”…lucu lah tingkah polah mereka…Ust. UJ (Info), Aan, Satria, dkk…kalian semua lucu!!!^^v
Jam 09.30 sesi pertama selesai. Briefing lagi. Sesi 2 Nungma dan Asty berkolaborasi lagi di kelas 9A/B. Awalan yang hampir sama, tapi harus lebih seru!!! Nung sampaikan materi secara singkat tentang KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU, disambung oleh Asty, kita ngegame sebentar di kelas. Then kita main di luar kelas. Asyik deh!!! Permainan2 yang merangsang mereka untuk berpikir kreatif dan selalu bekerja sama. Pas rehat bentar, mereka malah ngajak nyetel lagu keong racun. Waladalah, gak boleh. Daripada keong racun mending “YASUDAHLAH!!!” hehe…ya sesuai request adik2…akhirnya, berhubung banyak yang gak apal, nyanyine bagian reff nya aja…”Apapun yang terjadi ku kan slalu ada untukmu…janganlah kau bersedih…coz everything gonna be OK!!”. Endingnya tak kasih kalimat motivasi juga, begitulah makna persahabatan…sesama teman harus saling mendukung, tidak boleh bermusuhan, gak boleh berkelahi, gak boleh egois, blablabla…
Kembali ke kelas…kemudian kita ‘renungan’…dari N5300 ku, terdengar lantunan lagu “BUNDA”-nya Melly mengalun begitu syahdu…mendadak ruangan kelas itu menjadi hening…adik2 mulai berkontemplasi. Asty yang berkata-kata…Nungma jadi ikut berkontemplasi, nangis deh….adik2 juga…^^v. Ada guru yang motret2 gitu….duh adik-adikku…mbak Nung sayang kalian semua…diakhir kontemplasi, kita bangkitkan semangat mereka…TERUS BERSEMANGAT ADIK-ADIKKU!!! KALIAN PASTI BISA MENJADI YANG TERBAIK!!!
Jam 11.20 kita baru selesai, tyuz kembali briefing…Pasca briefing ikut sholat Dhuhur berjamaah lagi, ditunggu Ika Fitri…coz siang ini harus ngajar lagi di GO Monginsidi…
HARI KEDUA YANG LUAR BIASA DAHSYAT!!

Jumat, 3 September 2010 [24 Ramadhan 1431 H]

Berangkat jam 07.30 bareng Ika. Kostum hari ini batik ijo n jilbab ijo pula…hmm, GREENHOLIC!!!
Sampai di SMP langsung ikutan briefing. Sesi pertama Nungma dapat kelas 9C. hari ini ngisi sendiri. wow, kayaknya lebih hiperaktif nih daripada 2 kelas 9 yang kemarin2. Yasudahlah, awalan seperti biasa, ngaji…dst…materi sesi pertama tentang “BERBAKTI PADA ORANG TUA”. Mereka serius memperhatikan terutama yang putri, kalau yang putra ada juga yang asyik beraktivitas sendiri…hehe…adik-adik ngajak main di luar kelas. Yasudah, kita keluar deh… yang putra memang agak susah dikendalikan.hoho. untuk ada akhwat yang bantu. So, Nungma main2 aja dengan yang putri. Nung bagi menjadi 2 kelompok : Aisyah dan Khadijah. Mereka harus buat yel-yel. Seru banget lah…then main2. Mulai dari games konsentrasi, tung2 srung, semut gajah ulat dan ular, dll…langsung akrab dengan adik2…
Jam 11, mereka minta untuk ‘renungan’. Wah, yang putri request nih. Pas ku tanya yang putra gak ikut nih? Mereka bilang, gak usah aja mbak, kita aja. Kebetulan yang putra juga masih asyik diskusi di pojokan. Yasudah, renungan khusus 9C putri. Dik Sa membluetooth lagu Bunda-nya Melly dari HP ku. Then kita dengarkan bareng-bareng…
Dan Nungma pun mulai berkata-kata…sambil berkaca-kaca…akhirnya menangis juga…Nung ajak mereka menghadirkan wajah ayah dan ibu mereka, merenungkan kembali apa yang sudah mereka lakukan untuk keduanya, merenungkan kembali perjuangan, pengorbanan dan jasa-jasa kedua ortu mereka…dan masih banyak lagi…mereka benar2 menangis haru…semoga kontemplasi ini mampu menyadarkan dan membangkitkan semangat mereka!!! [ada yang sempat mengabadikan moment ini]…

Adik-adikku….
Renungkanlah. jika suatu saat nanti IBU & BAPAKmu telah tiada, sudahkah selama ini kita mempersembahkan yg TERBAIK untuk mereka ???
Kenanglah kasih sayang mereka…
BAPAK….
Tetes demi tetes peluh keringatnya, pengabdian tertinggi untuk keluarga, sebagai pemimpin, pengatur, pencari rizki bagi keluarga. Terkadang beliau tidak memperhatikan keadaan dirinya sendiri. Beliau rela tidak makan untuk keluarga…agar kita tetap bisa sekolah.
Tak jarang, beliau harus dihadapkan pada permasalahan yg pelik yg disembunyikannya dari keluarga.
Wajar…beliau tidak mau bebantersebut ikut ditanggung oleh istri dan anak-anaknya…
BAPAK…sosok gagah, tegar dan berwibawa yg kini telah tiada..lalu siapa lagi yg memimpin, mengatur,dan mencari rizki untuk keluarga??? Siapkah kita saat ini, untuk bisa seperti BAPAK???menjadi pekerja keras tanpa pamrih semata-mata demi keluarga?Apa yg mau kita berikan buat BAPAK, jika kenyataannya beliau harus meninggalkan kita??Sudahkah kita membuat beliau bangga??
Dengan akhlaq kita..dengan prestasi kita..dengan kebaikan-kebaikan kita…??
Atau sosok manusia ini hatinya malah membatu!!!
Hilang rasa hormatnya pada orang tua!!
Sehingga perilaku malah menjadi kasar terhadap mereka.
Tapi lihat…mereka tetap tersenyum..sang BAPAK tetap mengobatkan kita jika sakit…padahal umpatan dan cacian yg terlontar dari mulut ini mungkin sama sekali sudah sulit dihitung, karena begitu banyak!!!

IBU…
Ingatlah pengorbanan Sang IBU, yg menyayangi dan melindungi kita sejak dalam kandungan..yg merawat dan membela kita setiap saat, kesalahan dan kejelekan kita, ditutup rapat oleh IBU..
IBU hanya berharap..anaknya akan berubah suatu saat..
Coba ingat, ketika kita mendapat masalah,IBU-lah tempat terbaik untuk bercerita..nasihat-nasihat beliau begitu tulus, senyumnya begitu teduh, seolah beliau berkata:
“KAMU HARUS MENJADI ANAK YG BAIK !!!”
ketika sakit..IBU terus menunggui kita, membantu kita untuk segera sembuh, memotivasi untuk selalu bertahan.
IBU…yg selalu kita cium tangannya ketika berangkat beraktivitas…yg selalu kita jadikan pembela setiap saat.
IBU…yg melindungi dan mengatur, melayani kebutuhan kita,sehingga kita terlupa dan menganggap IBU sebagai pelayan dalam keluarga.
Sudahkah kita minta ampun kepada IBU..???
Atas kesalahan-kesalahan kita..atas umpatan dan cacian kita..atas kemarahan kita kepada beliau??
Atas kesewenang-wenangan kita..
memperlakukan dengan keji…,
Sosok yg mulia bernama IBU!!

Adik-adikku…
Kita hanya melihat sedikit, tenteng perjalanan WAKTU!!!
Di mana mudah bagi Allah untuk mengambil BAPAK & IBU dari sisi kita… WAKTU tidak dapat diramal, sehingga saat-saat pahit itu, ketika harus berpisah dengan
BAPAK & IBU,sangat tidak bisa diperkirakan, akan tiba saat itu dengan cepat, pahit dan luka…
Karena dua sosok yg amat berharga dalam hidup kita…
Kini tiada!!!
dst….

Setelah selesai, Nung ajak mereka menghapus air matanya kemudian kita mencoba kembali tertawa ceria, Nung bangkitkan semangat mereka…kemudian kita bersalaman dan berpelukan. Bener2 mengharubiru…^^v. Nungma sayang kalian semua adik-adikku…
Sesi pertama yang LUAR BIASA!!!
Jam 09.20 kembali ke ruang briefing. Hoho…tampang Nung masih ‘gak jelas’ nih. Sesi kedua Nung dapat kelas 8E. yang kelasnya samping mushola. wow, kayaknya anak-anaknya unik-unik nih. Tak aksih materi dulu tentang “KRITERIA SEORANG ANAK MUSLIM” dulu. Singkat tapi semoga dapat mengena dan mereka pahami. Kemudian kita main2 di luar. Wah, yang putra agak susah diatur nih…Mas Anto membantu mengendalikan. Jan tenan, terutama si Septian…dandanan ni anak dah kayak kepala geng aja. Hehe. Kita main komunikata, ada 4 kelompok yang putri dan 2 kelompok yang putra. Seru banget!!! Si Septian selalu beraksi. Tapi kocak juga tu anak. Apalagi pas menirukan gaya Parto pas lagi nari. Hehe. Sampai sakit ni perut karena ketawa. Games selanjutnya mereka harus buat lingkaran gitu…muter2…hihi.gayenglah…ada juga games yang mereka harus berdiri dengan kompak dari posisi duduk. Si Septian selalu berulah…hihi…jam 10.55 mereka minta masuk kelas, yang putri banyak yang bilang : “Mbak, pengin renungan”. Ya sudah…
Sampai di kelas, kembali Nungma kondisikan kelas itu. Kemudian tak bilangin..”Adik-adikku, mari sejenak kita tundukkan kepala kita, tenangkan hati kita, lupakan sejenak semua masalah yang mungkin ada, dengan penuh kesadaran diri, bukalah mata hatimu, hadirkan wajah kedua orangtuamu…dst….”. [Nng perhatikan berkeliling : ternyata Septian juga ikutan nyetel lagunya Bunda dari HPnya. Septian duduk di bangku paling kiri no.2 dari depan, Nung gak nyangka!!! Ada juga yang malah nyetel lagunya Bondan ‘Yasudahlah’. Ni anak Nung lupa namanya, tapi memang hiperaktif kedua setelah Septian, duduknya di bangku deretan Septian no.2 dari depan juga. Nung kemudian meminta agar dimatikan dulu lagunya, nanti aja dik setelah lagu ini ya, e…ni anak malah nekat…tapi akhirnya mampu Nung kendalikan. Nung mencoba mengeraskan suara…biar adik-adik bisa dengan jelas mendengarkan suara Nungma…kita berkontemplasi bersama…15’an kita berkontemplasi. Isak tangis masih terus terdengar. Ketika Nung katakana tentang kematian, tentang keduaortu mereka, nangis mereka semakin kencang… Nung kaget juga, semula Nung ngira Septian dan anak yang hiperaktif ke2 setelah Septian itu menunduknya bukan merenung tapi tertidur…tapi ternyata : “MEREKA MENANGIS”. Mereka terisak, mereka terharu…Subhanallah…

Di akhir renungan, kembali Nung bangkitkan semangat mereka…Nung ajak mereka semua berteriak : “AKU PASTI BISA MENJADI ANAK YANG SUKSES. MENJADI ANAK YANG DIBANGGAKAN ORANG TUA. AKU PASTI BISA!!!”
Applause buat kita semua…
Sesi kedua Nungma tutup dengan mengingatkan mereka kalau Ramadhan sebentar lagi berlalu, amri kita optimalkan lagi, kita tingkatkan lagi ibadah-ibadah kita…SEMANGAT ADIK-ADIKKU…MBAK NORMA SAYANG KALIAN SEMUA KARENA ALLAH SWT!!!
Setelah Nungma tutup, salaman dan berpelukan dulu dengan adik-adik yang putri…dengan ketulusan dan kepolosan mereka, nayak diantara mereka yang mengucapkan : “TERIMA KASIH YA MBAK….” [deg…terharu+trenyuh diri ini].
Selanjutnya, Nung pamitan dengan Mas Anto dan rekan-rekan yang lain. Nungma harus segera terbang ke MIPA. Menebarkan benih INSPIRASI bersama adik-adik MARU Muslimah MIPA 2010 dalam acara yang diadakan DKM SKI FMIPA UNS ; “ASMA 2010”. Nungma akan menyebarkan FORMULA SUPER-nya SUPERTWIN dan AKTIVIS IPK!!! Tema ASMA kali ini tentang “AGAR NGAMPUS TAK SEKEDAR STATUS”. Sebenarnya dulu yang mau ngisi penulis bukunya, yaitu Mbak Vida Robbi’ah Aladawiyah, n Nungma yang jadi moderatornya. Ealah, kok malah Nungma dinaikkan pangkat oleh adik-adik panitia karena Mbak Vida-nya mendadak gak bisa karena ada agenda lain dalam waktu yang bersamaan dengan acara ASMA. Hoho…Bismillah…semoga bermanfaat!!!
Pasca ngisi di MIPA, Nung balik ke kost dulu. Rehat bentar. Jam 14.30 siap-siap. Coz jam 15.15 harus ngisi Pesantren Ramadhan lagi di SMP 16 Surakarta. Khusus untuk adik-adik kelas 7 lanjut dengan buka bersama. Nungma akhirnya berangkat sendiri ke lokasi, karena Ika ternyata tidak bisa ada GO AAI di MIPA. Sampai SMP 16, ternyata adik-adik dan para guru sedang shalat Ashar berjamaah. Oya, tadi pas mau masuk gerbang, ada seorang anak yang ‘mau kabur’, kemudian tak tanyain : “Mau kemana dik?”…tu anak Cuma senyam senyum…kemudian dia bilang..kok sepi ya Bu?? (duh, kok Ibu lagi. Panggil Mbak aja..hehe). ku jawab mungkin lagi sholat. Nung tanya sambil ngajak dia masuk ke dalam sekolah : “Kamu dah sholat belum?” e, tu anak yang kemudian ku ketahui namanya Lintang menjawabnya dengan gelengan kepala. Ku minta dia untuk gabung dengan teman-temannya di mushola. Dy tetap gak mau. Waduh, yasudahlah, mau dibujuk pake cara apa ni anak tetep gak mau ke mushola…
Nungma duduk di depan kelas 9C sambil tilawah. Lintang duduk juga, then Nung ajak ngobrol aja. Sholat Ashar selesai, dik Umi datang, Dimas juga. Mas Anto kembali membriefing kita. Nung dapat kelas 7C. Kelasnya Lintang tadi. Wow, lebih hiperaktif ternyata…Nung mulai merasakan ada yang aneh dengan tenggorokannya. Mungkin karena tiga hari ini terlalu bersemangat. Hehe…untuk menghadapi kelas yang cukup rame ini, Nung harus sekuat tenaga agar suara Nung tetap bisa keras dan jelas. Pembukaan dst…ngaji bareng…salam penuh semangat…dst..Pada sesi sore ini Nung menyampaikan materi sekaligus memotivasi tentang SIMBOL SUKSES (DUNIA DAN AKHIRAT). Kemudian kita main games di luar, di deket mushola. Bapak2 guru tengah sibuk mempersiapkan tempat untuk buka bersama nanti.
Adik-adik 7C terutama yang putri cukup bersemangat nge-game nya. Kalau yang putra ogah-ogahan. Mereka request pengin main sepakbola aja. Tapi gak tak perbolehkan. Hehe…ehm, sore yang indah…kita main kucing-kucingan, komunikata, nyanyi bareng, tepuk Islam, dll…mereka juga taka jari nyanyi Pesantren Ramadhan Ceria versi Doraemon’lyric. Hehe..(nadanya kayak lagunya Doraemon gitu.hoho. dasar DORAEMONHOLIC!!!)
“Aku ingin belajar…Aku ingin mengaji…
Ingin ini ingin itu…banyak sekali…
Semua…semua…semua dapat diwujudkan
dengan ikut Pesantren Ramadhan…
Lalala…aku senang sekali…jadi santri…” [hehe..]
Yang putra dikendalikan oleh Dik Asty. Nungma masih bermain-main dengan Nurul cs…seru lah, endingnya kita duduk-duduk sambil tebak-tebakan, nyanyi-nyanyi, dan curcol…mereka sangat bersemangat jika kelak ada ekstrakurikuler BTA gitu, mereka ingin belajar mengaji. Dalam hati Nung sangat terharu, melihat wajah-wajah mereka yang polos tapi penuh semangat untuk mempelajari Islam. Subhanallah… jam 17.05 adik-adik mengambil tas-tas mereka kemudian duduk manis di mushola. Ada pemutaran film, games2 gitu yang dikomando oleh Febri dan Mas Anto. Para ‘mbak-mbak’ juga ngumpul di deket mushola. Ahay, ada dik chubby Fera nih!!! Hehe…ada Dik Asty, Uci’, Mbak Sri Nur, Mbak Ririn, Erny, Henny, Arum, dan masih banyak lagi….rame lah!!
Waktu berbuka pun tiba, Mas Anto adzan..then kita bantu ibu-ibu guru untuk mendistribusikan konsumsi snack dan es untuk adik-adik…ributnya..hehe…selesai ‘makan ringan’ kemudian mereka sholat Maghrib berjamaah. Nungma dan beberapa akhwat lain menyusul. Selesai sholat adik-adik ke ruang kelas masing-masing untuk makan besar.
Kita kemudian berkumpul di deket mushola, dipimpin oleh Mas Anto. Buka bareng…makan kolak aja…^^v. intinya, 3 HARI YANG LUAR BIASA!!! Terima kasih buat mas Anto yang telah memberikan kesempatan LUAR BIASA ini. Hm, berakhir foto-foto bareng deh…ending yang bener2 happy…menikmati pesona langit malam di lapangan upacara, mendongakkan kepala sama Dik Fera…hoho…mbak paling suka liat senja dan bintang dik…hihi…damaiii gitu rasanya…Alhamdulillah, sore tadi menjelang berbuka N5300 ku penuh dengan SMS-SMS yang mengejutkan sekaligus membahagiakan…(Alhamdulillah ya Rabb, Engkau mengabulkan doa hamba…)
Setelah pamitan dengan Mas Anto dan bapak-ibu guru, kita pulang…Nung dianter dik fera sampa belakang kampus..yang penting cari rentalan dulu. Harus ngeprint lembar presensi lagi untuk I’tikaf malam ini. Sampai NH, untung sholat Isya nya belum selesai…

HARI-HARIKU DI RAMADHAN TAHUN INI MEMANG LEBIH LUAR BIASA!!! Alhamdulillah…
TERLALU MANIS UNTUK DILUPAKAN!!!
(makanya biar tidak lupa, pengalaman ini saya tuliskan…^^v)
[Keisya Avicenna, 5 September 2010 @ Zona NOstalgia RoMAntic]


Pesan buat adik-adikku di SMP 16 Surakarta :
“Adik-adikku tercinta yang kini beranjak remaja…agar hidupmu lebih terarah, potensi dirimu menjadi permata berharga, masa depanmu lebih cerah, dan hidupmu lebih bergairah, AYO…BERGEMBIRALAH!!! Bergembiralah…karena gembira itu akan menyemangatkan jiwa, membahagiakan hati, mengembangkan fisik, menumbuhkan kekuatan, membuat hidup lebih terarah dan membuat umur lebih bermanfaat. Jadilah pribadi yang berbahagia dan selalu nikmati hari-hari dengan kelapangan dada. Kegembiraan sesungguhnya adalah ketika jiwa selalu tersandar kepada pemilik semesta. Karena kegembiraan itu adalah saat yang dipinjamkan-Nya untuk kita isi dan kita nikmati dengan semestinya. KEEP YOUR SMILE, adik-adikku!!! SALAM SUPER DAHSYAT FULL SEMANGAT!!! LOVE U ALL…*Nungma*”

Buat Mas Anto : Jazakallahu khairan katsir atas kesempatan luar biasa ini. Bersyukur Nungma bisa ‘take a part’ dalam kegiatan Pesantren Ramadhan tanggal 1-3 September beberapa waktu lalu. Banyak pengalaman dan hikmah yang Nungma dapatkan. Semoga ini bisa menjadi awalan yang dahsyat untuk mengembangkan dan membangun PROYEK MASA DEPAN DAKWAH di SMP 16 Surakarta. Semoga Allah Swt berkenan menguatkan, mempermudah serta mengabulkan apa yang menjadi impian dan cita-cita Mas Anto. SALAM TEPAT dan TERBAIK!!! ^^v

Buat Dik Fera dan para pengajar yang lain : KEEP HAMASAH yaaaa!!!

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog