Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » RAMADHAN CERIA : “BINA DIRI RAIH PRESTASI” [SMP 16 Surakarta, 1 September 2010 –tobecontinued-]

RAMADHAN CERIA : “BINA DIRI RAIH PRESTASI” [SMP 16 Surakarta, 1 September 2010 –tobecontinued-]

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan dan karunia-Nya, berupa umur yang masih kita punya, kesempatan yang kita miliki, kesehatan dan segala sesuatu yang ada. Tiada kata terindah yang pantas untuk terucapkan kecuali segenap pujian tiada henti.
Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada idola tercinta, Rasulullah Muhammad SAW yang kita damba syafa’atnya di hari akhir nanti, dapat alangkah bahagia bila kita dapat mendampinginya di syurga dengan aneka nikmat yang tersedia.
Para pembaca ‘note’ ini yang berbahagia, ada saat-saat terindah dalam hidup kita yang semestinya selalu kita kenang dan kita rindukan. Yaitu saat kelahiran yang mendebarkan, saat kanak-kanak penuh kelucuan, saat remaja penuh fantasi, saat dewasa menemukan jati diri, saat tua yang bahagia dan saat meninggal dengan kesan terindah : KHUSNUL KHOTIMAH!!!
Catatan ini ingin sedikit mengisahkan beberapa kisah yang sempat penulis torehkan dalam lembaran jejak perjalanan hidupnya, terlebih di Bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini… sekali lagi, HIDUP ITU BUTUH DOKUMENTASI!!! Maka, izinkan Nungma menuliskan pengalamannya yang sungguh luar biasa selama 3 hari itu…kelak, kisah ini akan menjadi sebuah [NO]stalgia [R]o[MA]ntic dalam hidup saat Nungma kembali mengenangnya…
Rabu, 1 September 2010 [22 Ramadhan 1431 H]
Nuansa I’tikaf di Masjid Nurul Huda UNS…panitia mulai sibuk jam 2 pagi, untuk segera mengambil air wudhu, QL, tilawah, dll…kemudian menyiapkan makan sahur untuk para peserta….(merindukan saat-saat I’tikaf bersama mysupertwin)
Balik ke kost, bersiap…karena pagi ini dapat amanah untuk mengisi kegiatan pesantren Ramadhan di SMP 16 Surakarta. Beberapa waktu yang lalu, Mas Anto Suryo Pribadi, S.Pd yang notabene guru Geografi di SMP itu menawari Nungma untuk ikut mengisi dan menyemarakkan kegiatan Pesantren Ramadhan itu…Kebetulan beliau yang diamanahkan untuk kegiatan Pesantren Ramadhan di SMP 16 selama tiga hari ini. Siippp!!! Jam 07.00 berangkat bareng Dik Mira (FISIP’09) dan janjian dengan Ukh. Ika Fitri (Bio’06) di deket Gerbang Surya. Berangkat naik angkot 03 turun Sekarpace then naik Atmo turun di depan SMP 16…hm…SEMANGAT YUK!!!
Sampai di SMP, kata Mas Anto masih nunggu tentor yang lain. Nungma, Mira, n Ika duduk-duduk dulu sambil diskusi materi n kisah Salman Al Farisi. Coz apa yang dituliskan Mas Anto di buku panduannya dengan apa yang pernah Nungma baca di buku lain sedikit ada perbedaan gitu. Tapi ya gakpapa. Nanti improvisasi saja, yang penting hikmahnya tersampaikan!!! Sempet ngobrol juga dengan adik2 SMP yg duduk di sebelah Nungma. Hm, jadi mengenang jaman2 SMP nih…1A, 2D, 3A SMP 1 WONOGIRI…I MISS U ALL!!!
Masuk ke ruang multimedia, briefing dulu. Alhamdulillah, para pengajar/tentor yang datang cukup banyak…(^^v). briefing sebentar dipimpin Mas Anto dan salah seorang guru agama Islam di SMP 16, kemudian pembagian kelas. Nungma dapat kelas 7D, tyuz kolaborasi bareng Mira. IT’S TIME TO ACTION!!!
Di kelas 7D….
Nungma awali dengan mengkondisikan kelas terlebih dahulu…(hoho…yang putra cukup hiperaktif euy…), kemudian pembukaan, doa bersama, then perkenalan (ketika kusebutkan nama ‘NORMA’ adik2 langsung tanya : “NORMA APA BU??Norma Agama? Norma Sosial??” hehe…dasar anak-anak. Tak jawab aja, “Norma yang ini edisi special kok dik, Norma Ambarwati. Hehe…manggilnya Mbak aja ya…”, ; D!!
Selanjutnya, Nung ajarin salam penuh semangat : “APA KABAR ADIK-ADIK HARI INI???” then mereka harus jawab dengan menggunakan gerakan yang tlah Nungma ajarkan juga : “ALHAMDULILAH, LUAR BIASA…ALLAHU AKBAR!!!”.
Materi yang akan Nungma sampaikan pagi ini tentang : “NIKMAT IMAN dan ISLAM”. Nungma mulai bercerita tentang Kisah SALMAN AL FARISI…ndongeng gitu deh…untung Nungma suka bercerita…adik-adik sangat antusias mendengarkan dan memperhatikan…ada iklan, Mas Anto masuk membawa Ridho cs yang tadi ogah-ogahan masuk kelas.hehe…Sabar Pak Guru!!! ^^. Lanjut cerita…diulangi lagi…(ehm, ngrasa jadi guru nih!!sarana pembelajaran juga). Akhirnya, selama 15’an Nungma bisa menyelesaikan kisah Salman Al Farisi. Kemudian Nung mencoba menanyakan ke adik-adik tentang hikmah apa yang bisa mereka ambil?? Ternyata adik-adik sangat cerdas dan pintar…mereka mampu menjawab dengan baik, dengan kepolosan wajah mereka. Agar adik-adik tidak bosan, Nungma juga mengajarkan beberapa games...seru lah!! Ada Agnia, Okta, Yoga, Ridho, dll…semuanya lucu-lucu!!
Selanjutnya Nungma memberikan tugas pada mereka untuk membuat beberapa kalimat dengan melanjutkan sebuah kalimat yang sudah Nungma buat…”ISLAM ITU AGAMAKU”…atau “ISLAM IS MY RELIGION” jika ada yang mau bercerita pake Bahasa Inggris. Selama 5’ mereka harus memikirkan dan menyusun kata-katanya…
5 menit berlalu…
Then, Nungma meminta…sapa yang berani maju??ternyata masih pada malu2…akhirnya nunjuk deh..berhubung hari ini tanggal 1 jadi yang maju no. absen 1, yaitu Agnia…gadis manis itu maju dengan berani dan mulai bercerita…Subhanallah, dia mampu menyebutkan rukun Iman dan rukun Islam dalam kalimat-kalimatnya….siip deh…lanjut yang lain yang tak kalah serunya…paling akhir pake acara “pingsut’ dulu. Hehe…dasar anak-anak!!! Jam 09.30 sesi I berakhir…”unforgettable experience” deh… 7D memang DAHSYAT!!!
Break dulu di ruang multimedia…ketemu dengan rekan-rekan pengajar lain yang juga aktivis UNS. Bisa kangen2 an nih!!. Sesi 2 Nungma dapat kelas 7E bareng Mira lagi. Masuk di 7E, kayaknya lebih hiperaktif nih daripada kelas 7D tadi…seperti tadi diawali dengan pembukaan, doa bersama, dan perkenalan. Kemudian ngaji bareng. Baca QS. Al Fatihah bareng2…setelah itu, Nungma dipanggil Mas Anto ternyata Nungma diminta ngisi kelas 9E (wow, kelas 3 nih!! Tantangan baru…). Yadah, 7E ‘dikendalikan’ Mira. Ayo, KAMU BISA MIR!!!
Mas Anto masuk dulu ke kelas 9E, malah nyebutin profil singkatku..hehe. Ada-ada aja ni Mas Anto!! Lanjut…kembali pembukaan, doa bersama, dan perkenalan. Ketika ku sebutkan namaku NORMA..apa yang tadi terjadi di kelas 7D juga berulang…”Makanya dik, kalian semua harus mentaati norma-norma yang berlaku”.hehe. sebelum ke materi, Nungma mengungkapkan sesuatu dulu. “Tahu gak ada 2 hal yang sangat Mbak Norma sukai ketika masuk di kelas 3E ini. Ada yang tahu gak kenapa??”. Mereka pasang tampang ‘penasaran’. “Apa mbak?”. Saya jawab: “Pertama, kalian semua sudah kelas 3!! Kelas yang paling senior di SMP 16 ini. Sebentar lagi adik-adik semua akan mengikuti ujian nasional, dan pastinya adik2 pasti punya keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mbak doakan semoga kalian semua bisa lulus ujian dengan nilai yang maksimal, dan bisa diterima di SMA/SMK Favorit yang menjadi cita-cita adik2 semua.” Dan mereka semua pun mengamini…”dan yang kedua, karena di kelas ini ada salah satu lukisan/ gambar tokoh kartun kesayangan saya…hehe…itu ada gambar DORAEMON. [Geeeerrrr…semuanya ketawa…]. Boleh gak saya bawa pulang???xixixi”. e, ternyata di kelas itu juga ada yang dapat julukan doraemon, yaitu Satria. Jan tenan, aya2 wae…
Materi yang akan disampaikan hari ini adalah tentang KEUTAMAAN AL QUR’AN. sebelum ke materi yang bawa Al Qur’an di buka dulu….kemudian Nung tunjuk beberapa siswa, ternyata mereka ada yang belum bisa baca Al Qur’an…akhirnya sang ketua kelas, Aan, yang membacakannya.
Subhanallah, benar2 kelas yang hiperaktif!!! Tapi seru, selain kita diskusi tentang materi dengan interaktif, jadi tidak Nungma aja yang ngomong, mereka juga harus bisa menjawab dan berpendapat…kita juga main games. Sampai endingnya, ada 2 anak yang kalah…n dapat hukuman untuk maju. Silahkan mau nyanyi, drama, atau apapun asalkan bernafaskan Islami…akhirnya, si ndut itu (Nungma lupa namanya) n temane menirukan adegan di Opera Van Java. Jan bikin sakit ni perut karena ketawa melihat tingkah polah mereka…sebelum Nung akhiri, Nung menanyakan secara acak kepada adik2 bagaimana kesan Pesantren Ramadhan hari pertama…jawaban yang sangat variatif…intinya, SERU dan MEREKA BAHAGIA!!!
9E…Excellent!!! Yes, I Can!!!
Jam 11.15 usai…mereka kemudian harus ke mushola, nanti sholat Dhuhur berjamaah.
Para pengajar briefing lagi untuk memastikan siapa yang besok bisa ngisi lagi. Setelah kelar, Nungma ma Mira nunggu dulu, mau ikut sholat Dhuhur sekalian…coz Nung langsung ke GO. Ngajar euy…
Hari pertama Pesantren Ramadhan yang LUAR BIASA, penuh keceriaan!!!
Alhamdulillah….
-tobecontinued-
[Zona Nostalgia Romantic full inspiraction, 4 hari sebelum Ramadhan berpamitan…hiks…mencoba menuliskan kembali pengalaman luar biasa itu…terapi penyembuhan : MENULIS!!! Keisya Avicenna_5 September 2010]

Selanjutnya silahkan baca di….

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog