Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » Kebutuhan Gizi pada bayi 0-1 tahun (pertumbuhan otak)

Kebutuhan Gizi pada bayi 0-1 tahun (pertumbuhan otak)

Materi SIMAK (Sekolah Ibu Mengasuh Anak)
Tanggal : Rabu 11 September 2012
Pembicara : Dr. Annta Kn
Tema : Kebutuhan gizi dan nutrisi pada Ibu dan Bayi
Tempat : KPPA Benih Parenting Center, Sangkrah, Pasar Kliwon.


Pembahasan akan dibagi menjadi dua yaitu
-          Kebutuhan  Gizi pada bayi 0-6 bulan
-          Kebutuhan  Gizi pada bayi 6 bulan-12 bulan

Kebutuhan  Gizi pada bayi 0-6 bulan
-          Bayi yang baru lahir harus berusaha mencari apa yang dia butuhkan karena saat dalam kandungan, ia terbiasa diasup. Yang pertma kali biasa dilakukan adalah IMD (Inisiasi menyusui Dini).
-          Bayi yang baru lahir juga harus bias beradaptasi terhadap udara sekitar. Karena saat dikandungan, ia hanya merasakan udara yang hangat dari rahim ibunya. Bagi bayi premature yang tidak mengalami permasalahn khusus, sekarang ada model gendongan kanguru. Yaitu, model gendongan khusus dimana bayi digendong didalam baju ibunya sepanjang hari bahkan sampai waktu tidur agar bayi tetap dalam keadaan hangat.
-          Bayi yang baru lahir belum memiliki system pencernaan yang sempurna karena belum ada enzim utk reproduksi makanan karena lever belum sempurna terbentuk. Padahal saat itu bayi membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein. Namun Allah SWT adalah sebaik-baiknya Pencipta maka kandungan asi pada Ibu sudah mencakup itu semua. Asi bagian depan mengandung karbohidrat dan protein, sedangkan asi bagian belakang banyak mengandung lemak. Oleh Karena itu diusahakan saat bayi menyusui harus sampai habis agar karbohidrat, protein, dan lemak bias terhisap maksimal. Jika belum habis (atau baru menyusui sebentar dan bayi tidak mau lagi) maka lebih baik diperas manual samapi habis agar PD bisa terisi lagi dari awal. Menyusui yang baik adalah menyusui teratur yaitu 2 jam sekali. Karena setiap 2 jam sekali setelah disusui, PD ibu akan mengisi ASI kembali. Jika ada sisa perasan dapat disimpan di botol atau plastic bersih pada  suhu ruangan maksimal 8 jam atau di puntu kulkas maksimal 1 bulan atau di freezer maksimal 3 bulan. Untuk yang dari kulkas jika ingin diminumkan pada bayi dapat direndam pada air hangat setelah mencair baru diminumkan pada bayi. Cara ini biasa digunakan pada ibu bekerja yang ingin tetap memberikan asi pada bayinya dengan menstok asi.
-          Jika saat hamil HB ibu rendah, maka kualitas asi akan menurun. Pada 3 bulan pertama pemberian asi saja masih cukup, namun setelah 3 bulan bayi harus nendapat tambahan zat besi dari vitamin tambahan.
-          Fungsi ginjal pada bayi yang baru lahir juga belum sempurna sehingga jika bayi diberikan protein yang tidak sama seperti asi akan membuat bayi lebih sering buang air kecil.
-          Bayi yang lahir anemia bisa terjadi karena saat hamil anemia ibu <10 anemia="anemia" batas="batas" diusahakan="diusahakan" hamil="hamil" harus="harus" ibu="ibu" itu="itu" karena="karena" normal="normal" oleh="oleh" saat="saat">10.
Kebutuhan  Gizi pada bayi 6 bulan- 12  bulan
-          Bayi 6 bulan baru bisa diberikan makanan tambahan, jika sebelum usia 6 bulan bayi sudahdiberikan makanan tambahan maka usus yang tidak siap akan berefek pada saat ia dewasa, kemungkinan akan mengalami gangguan pencernaan
-          Bayi usia 6-12 bulan dapat diberikan makanan pendamping berupa bubur susu cair dan disesuaikan kebutuhan kalori. 110 kaloriuntuk 1kg berat badan, jika berat badan 7 kg maka butuh makanan 700 kalori
-          MPASI (Makanan Pendamping Asi) seperti Bubur susu utk bayi pun ada tahapannya, dari bubur yang sangat lembut sampai yang agak kasar tergantung kemunculan gigi. Biasanya gigi mulai keluar saat bayi umur 7 bulan, jika gigi graham bayi mulai muncul maka bayi sudah siap untuk makan makanan yang padat seperti daging atau buah potong.
-          Bubur bayi alami lebih mudah diserap oleh tubuh bayi dibnading bubur bayi instant.
-          Resep membuat bubur susu sendiri adalah tepung ditambah air dimasak sampai mendidih dan lembut baru ditambahkan asi. Jika menggunakan sufor maka bisa langsung dimasak dari awal bersama tepung.  Bisa menggunakan tepung ,aizena, tapioca, tepung beras, tepung kacang hijau an jika menggiling beras sendiri maka setelah digiling lebih baik disangrai terlebih dahulu agar awet.
-          Memperkenalkan ikan pada bayi usia 8 bulan lebih baik jika menggunakan air tawar karena jika langsung ikan laut khawatir alergi.
-          Memperkenalkan telur lebih baik yang kuningnya terlebih dahulu karena putih telur mengandung banyak protein. Bisa dicampur dengan bubur nasi atau bubur susu
-          Untuk menambah rasa lebih baik menggunakan loncang/daun bawang, mentega, minyak sayur, atau keju tanpa penyedap dan garam.
-          TIPS membuat sari kurma alami adalah 5 buah kurma diseduh air mnedidih dan daiamkan beberapa jam sampai kurma dapat dilumatkan. Kemudian saring airnya dan baik untuk bayi.
-          Untuk memberikan tambahan vitamin pada bayi dari buah, lebih baik hindari penggunaan blender karena dapat menghilangkan beberapa vitamin. Caranya bisa dengan diparut tetapi jika apel atau pir diparut harus langsung diberikan ke bayi Karen ajik aberubah warna beberapa vitaminnya hilang.
-          Pemberian asi yang teratur selama 2 tahun bisa menjadi KB alami. Dan  memang sunatullah jika bayi mendapat pengasuhan khusus selama 2 tahun karena ia belum bisa apa-apa. Setelah 2 tahun biasanya bayi sudah mulai bisa melakukan bebrapa hal sendiri dan saat itulah orang tua bisa siap memiliki anak lagi.
 
 http://kppabenih.blogspot.com/2012/09/kebutuhan-gizi-pada-bayi-0-1-tahun.html

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog