Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » , , , , , , , , , , , » Tiga Pasukan Herbal Keluarga Zingiberaceae

Tiga Pasukan Herbal Keluarga Zingiberaceae

Cerpen "Tumpeng Curcuma Istimewa"

Di rumah kontrakan yang baru ini saya belum memaksimalkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat. Di depan rumah hanya ada beberapa pot tanaman hias, seperti melati, bonsai kamboja, dan euphorbia. Biasanya, rempah-rempah atau keluarga Zingiberaceae saya beli di pasar dekat rumah. Keluarga Zingiberaceae yang sering saya manfaatkan diantaranya Curcuma domestica alias kunyit kuning, Zingiber officinale alias jahe dan Kaemferia galanga alias kencur.
Kunyit Kuning

Pertama, kunyit kuning. Biasanya tiap bulan saya membuat jamu kunir asem sendiri dari kunyit kuning (kunir) yang direbus dengan biji asam Jawa ditambah dengan gula merah secukupnya, dan Alhamdulillah cukup mengurangi rasa tidak nyaman di perut saat datang bulan. 
Jahe dan wedang jahe yang suegeeer

Kedua, jahe. Rimpang dengan aroma yang sangat segar dan khas ini selalu menjadi bumbu penyedap tambahan untuk sayur sop ayam kesukaan suami, juga dibuat wedang jahe yang menghangatkan badan. Caranya, jahe dibakar lalu digeprek kemudian direbus sampai air mendidih dan ditambahkan gula batu. Slruuup, segar dan hangaaat di badan.

Kencur
Ketiga, kencur. Kalau lagi batuk, parutan kencur ditambah perasan jeruk nipis dan madu cukup jadi obat herbal andalan dan si uhuk-uhuk cepat menyingkir dari badan.

Curcuma domestica alias si kunyit kuning juga ikut andil dalam karir kepenulisan saya. Hehehe. Ceritanya, 21 Februari kemarin, cerpen anak karya saya yang berjudul “TUMPENG CURCUMA ISTIMEWA” dimuat di Kompas Anak. Cerpen pertama dan terakhir yang mungkin dimuat di Kompas Anak. Karena akhir Februari kemarin, Kompas Anak resmi ‘hilang’ dari peredaran. Hiks. Cerpen itu terinspirasi dari kegemaran ibu saya yang ketika anak-anaknya ulang tahun sering dibuatkan tumpeng nasi kuning. Hmm, lezatoooz.

PR selanjutnya, Insya Allah, suatu hari nanti saya ingin membuat taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di rumah. Mungkin bermula dari pot-pot kecil terlebih dulu karena tinggal di perumahan, tanah pekarangannya sangat terbatas.

Well, inilah cerita singkat saya tentang keluarga Zingiberaceae yang tak pernah absen selalu ada di dapur saya. Ketiga pasukan herbal keluarga Zingiberaceae yang sangat bermanfaat karena bisa jadi obat dan membuat badan kita sehat.

[Keisya Avicenna, 29 Maret 2016]
*Day#2 One Day One Post FUN BLOGGING



3 komentar:

noe said...

Jaheee aku suka bgt minum wedang jahee

Ratna Amalia said...

Saya senengnya kalo kencur jadi jamu, mbak. Suka dengan efek hangatnya sehabis diminum.

Keisya Avicenna said...

tanaman obat yang kaya khasiat ya mba

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog