Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » , , , , , , , » Perbaiki Kualitas Hidupmu dengan Bijak Berinternet

Perbaiki Kualitas Hidupmu dengan Bijak Berinternet

IM3 Ooredoo -gadgetren.com


Waktu menggelinding begitu cepat. Roda zaman terus berputar. Sekarang, dunia seperti hanya dalam genggaman. Kalau ingin menyampaikan pesan, tidak perlu bertatap muka, kemajuan teknologi bisa jadi solusi atas nama efisiensi waktu dan menawarkan beragam kemudahan dalam banyak hal.

Saya punya komputer sendiri saat mau masuk SMA, waktu itu masih pentium 2 –kalau tidak salah-, itupun belinya yang second. Alat penyimpan filenya masih berupa disket. Ibu, adalah sosok pertama yang mengajari saya mengoperasikan komputer karena sehari-hari ibu bekerja sebagai HRD di sebuah pabrik swasta dan harus berinteraksi dengan komputer. Awalnya saya baru belajar mengenal Ms.Word dan Ms.Excel, belum yang lain karena tugas-tugas sekolah masih banyak yang dikerjakan secara manual alias tulis tangan. Waktu itu, paling suka nulis-nulis puisi atau cerpen. Sampai suatu ketika, saya diajak sahabat saya pergi ke warnet. Waktu itu saya baru tahu kalau warnet itu warung internet. Dan itu satu-satunya warnet yang ada di Kota Wonogiri. Itulah pertama kali saya bersentuhan dengan internet. Saya belajar membuat email di plasa.com, lalu sahabat saya mengajarkan cara membuat Friendster. Ternyata asyik juga.

Lama-lama saya belajar membuat email di yahoo lalu mulai sering chating-an dengan teman via Yahoo Messenger (YM). Kalau ingin main internet, ya harus ke warnet. Saya pun bisa berkomunikasi dengan teman-teman lama saya (teman SD dan SMP) yang saya jumpai di Friendster atau YM. Kebanyakan dari mereka melanjutkan sekolah di luar kota Wonogiri. Meski terkadang saya masih sering mengirim surat secara konvensional (lewat jasa pak pos), saya sedikit demi sedikit beralih mengirim surat elektronik (email). Ya, memang waktu itu saya punya beberapa sahabat pena, ada yang sejak SD. Berawal dari saya mengikuti lomba sampai tingkat Provinsi. Alhasil saya punya banyak sahabat dari beberapa kota di Jawa Tengah khususnya. Kalau pengin internetan di warnet harus punya stok sabar yang unlimited, karena biasanya lambreta dan loading lama. Hihihi.

Kalau anak sekarang mah sudah sejak bayi –mungkin- sudah berinteraksi dengan internet dan sekarang pun WIFI sudah ada di mana-mana. Saya pun sangat bersyukur, saat ini hidup di zaman yang serba canggih dan modern.

Alhamdulillah, setelah lulus SMA, HP saya mulai ada fitur yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Nomor HP saya sejak dulu pun tidak ganti-ganti, setia banget sama nomor Indosat. Kalau lagi banyak tugas yang menuntut harus browsing di internet, saya sering ke warnet dekat kos-kosan memanfaatkan paketan 1 jam yang masih cukup murah. Setelah saya punya laptop sendiri (hasil kreditan, hihihi), saya dibelikan modem. Laptop dan modem ini harus berbagi dengan kembaran saya karena kita tinggal satu kos dan satu fakultas.

Seiring berjalannya waktu saya mengenal Facebook, Twitter, Instagram, Blogspot, dll. Media sosial itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, harus tetap memerhatikan norma dan etika yang berlaku *eh. Saya mulai ngeblog tahun 2008, lalu punya akun Facebook 2009, Twitter dan Instagram menyusul kemudian. Saya sendiri merasakan banyak sekali manfaat yang bisa saya dapatkan dari internet:

·       Mendekatkan yang jauh, dan semoga tidak menjauhkan yang dekat. Internet, dalam hal ini media sosial bisa jadi sarana silaturahim jarak jauh dengan sahabat atau keluarga kita di belahan bumi mana pun. Senang sekali rasanya saat saya bisa ‘menemukan’ kembali sahabat saya waktu lomba sinopsis jaman SD dulu. Kebanyakan dari mereka jadi orang-orang sukses dan penuh prestasi.

·  Bisa jualan online. Pertama kalinya saya belajar jualan online dengan memanfaatkan Facebook sekitar tahun 2010. Waktu itu saya jualan buku Diary Ramadhan, yang saya ketik sendiri, fotokopi dan jilid spiral. Sederhana sekali tampilannya. Tapi, entah kenapa, bisa terjual lebih dari 300 eksemplar dalam waktu kurang lebih satu bulan. Waktu itu saya bisa menabung dengan nominal yang sangat menggiurkan hasil dari berjualan buku itu. Sejak itu, saya bertekad ingin punya buku karya sendiri yang diterbitkan oleh penerbit mayor. Alhamdulillah, akhir 2010 saya gabung di Forum Lingkar Pena (FLP) Solo Raya. Saya belajar menulis buku nonfiksi. Saya pun mulai sering ikut proyek antologi bareng teman-teman. Saya juga mendapatkan ‘proyek’ untuk menulis buku cerita anak. Bayarannya lumayan euy. Saya memanfaatkan internet untuk mencari referensi, ngeblog sebagai sarana mengasah skill menulis, dan membaca blog/tulisan-tulisan penulis yang sudah mumpuni. Dari sana, saya belajar banyak hal.

·     Alhamdulillah, impian saya pun terwujud di akhir 2013. Akhirnya saya punya buku solo yang diterbitkan oleh Penerbit Tiga Serangkai yang berjudul BEAUTY JANNATY. Buku yang saya susun dan tulis dengan sepenuh hati. Butuh riset panjang kurang lebih satu tahun untuk mencari referensi yang bisa memperkaya buku ini. Saya pun banyak menjual buku ini dengan cara online. Saya pun sering mendapatkan undangan untuk mengisi seminar atau bedah buku di beberapa kota. Dan lagi-lagi, kecanggihan internet dan alat telekomunikasi zaman sekarang sangat membantu karier kepenulisan saya.
Sebagian karya SUPERTWIN

Alhamdulillah, BEAUTY JANNATY sudah cetak ulang.

·    Ups, saya pun ‘menyelidiki’ calon suami saya dengan memanfaatkan fasilitas internet, lho! Nanya mbah ‘Google’. Xixixi. Saya selidiki lewat akun medsos beliau juga chatingan dengan sahabat-sahabat dekatnya. Benar-benar mantap, deh. Soalnya waktu itu saat mau ta’aruf, saya belum pernah bertemu bahkan belum pernah kenal sama sosok laki-laki itu sebelumnya.

·       Kecanggihan internet juga memudahkan saya untuk ikut kuliah online dengan fasilitas WEBINAR. Biasanya kuliah tentang motivasi bisnis atau parenting. 

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa membeli HP Android dengan fitur yang bagi saya banyak membantu pekerjaan saya saat ini. Sekarang saya mengelola DNA CREATIVE HOUSE dengan salah satu fokus kerja pelatihan menulis untuk anak dan remaja di Semarang baik online maupun offline (DNA WRITING CLUB). Selain itu, saya juga jualan online buku-buku karya saya, juga jadi agen buku-buku anak dari beberapa penerbit. Otomatis aktivitas online tidak bisa dipisahkan dalam keseharian saya.


Anak-anak sering browsing dengan internet untuk riset tulisan mereka (dok. DNA Writing Club)
Alhamdulillah, awal tahun 2015 ini saya pun memakai simcard IM3 Ooredoo”. Wuzz… wuzz… wuzzz, lancar jaya! Meskipun HP saya belum support 4G, tapi saya pernah membandingkan dengan HP abang Dodoy yang sudah support 4G (doi juga pake simcard IM3 Ooredoo). Pernah juga mbandingin sama HP suami yang juga sudah support 4G, dan di situ kadang saya merasa sedih… pengin segera ganti HP yang support 4G juga *ngekepcelenganayamdulu, biar ‘uwer-uwer’nya nggak kelamaan. Beneran deh, HP saya masih kalah cepat! Bisa diintip di video ini perbandingannya…


Sumber : You Tube

Waktu acara Fun Blogging#9 tanggal 19 Maret 2016 di Gedung Indosat, kita juga dikenalin dengan paket Freedom Combo”. Makin ngiler, deh. Karena paketannya hemat dan gak bikin kantong kering. Ini daftar harganya : 




Di Fun Blogging#9 kemarin saya juga banyak belajar tentang dunia NGE-BLOG dari para pakar : Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Ani Berta. Terima kasih para cikgu yang sudah blak-blakan berbagi ilmu dan pengalamannya di dunia blogging. Terima kasih juga untuk Indosat Ooredoo yang telah banyak memudahkan aktivitas dan pekerjaan saya.

Akhirnya, saya selalu berdoa semoga aktivitas saya bersosial media, memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan fasilitas internet, selalu bernilai ibadah. Karena segala kemudahan yang ada saat ini seharusnya bisa membuat kita semakin semangat untuk menjadi lebih baik dengan senantiasa berharap penuh akan keridhoan Allah SWT untuk semua aktivitas kita. Ya, menjadi pribadi yang lebih baik, memperbaiki kualitas hidup, menjadi lebih produktif dan bermanfaat dengan bijak berinternet. Semoga… Aamiin.

Keseruan FUN BLOGGING#9 SEMARANG di Gedung INDOSAT Jl. Pandanaran

[Kamis, 7 April 2016]








2 komentar:

Arina Mabruroh said...

aku baru kenal komputer SMA kelas 3 gara2 ada les komputer di sekolah :D

hehehe

btw alhamdulillah banget bisa ikut Funblogging :)

Marita Ningtyas said...

Masya Allah keren Mbak Nungma.... jadi kapan kita nonton AADC.. eh... kok balik lagi ke sini pertanyaannya :D

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog