Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » GENERASI PENUH INSPIRASI!!!

GENERASI PENUH INSPIRASI!!!


Bismillahirrahmanirrahim..
Dengan menyebut Asma Allah yang Maha Kasih lagi Maha Sayang…
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Di penghujung Bulan “PAHLAWAN” ini perkenankan saya menulis sesuatu yang ingin saya tulis, yang semoga tulisan ini dapat menjadi tulisan yang bermanfaat buat diri saya sendiri dan bisa menginspirasi orang lain juga..Amin..
Kenapa “BULAN PAHLAWAN”?? Karena di Bulan ini ada 2 big moment : Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November dan Hari PGRI (harinya para Guru “Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”) yang jatuh tanggal 25 November…hmm…jadi terinspirasi menulis tentang pahlawan. Itung-itung sebagai wujud realisasi dari Tema November (Puzzle Inspirasi Nungma di Bulan November) : MENJADI GENERASI PENUH INSPIRASI, PEWARIS JIWA-JIWA PARA GERILYA, DENGAN SEMANGAT JUANG DAN PENGORBANAN YANG LUAR BIASA !!!

INSPIRASI PERTAMA : UNTUKMU KUSUMA BANGSA !!!
Para pahlawan dan perintis kemerdekaan telah mewariskan nilai-nilai luhur yang harus tetap dilestarikan. Nilai-nilai tersebut senantiasa dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi generasi muda dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Mereka memiliki semangat dinamis, patriotis, solidaritas, dan keberanian dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran.
Paradigma ini mengungkapkan sebuah pemikiran bahwa perbedaan persepsi untuk setiap jaman tetap akan mengarah kepada suatu sikap yang sama. Generasi muda selalu siap menghadapi tantangan jaman yang bernuansa transformatif. Itulah kebanggaan yang harusnya disyukuri. Jadikan generasi muda sebagai orientasi!!!
Sampai detik ini, pemahaman kita seharusnya berada dalam satu ruang dengan melihat relevansi perjuangannya. Bukan karena itu masa lalu dan ini masa sekarang. Hari Pahlawan memang selalu ditemukan dalam derap langkah generasi muda. Itulah pemuda yang diakui Soekarno. Semangat patriotik senantiasa ada dalam sanubari manakala negara ini terusik dengan berbagai aksi, tanpa kecuali kebijakan otoriter negara yang menyimpang dari cita-cita Proklamasi.
Ingatlah satu hal: kaum muda membawa jejak kepahlawanan, karena kaum muda merupakan pahlawan masa kini yang akan datang!!
Kesimpulannya…”Nilai Luhur Pahlawan Harus Jadi Inspirasi Bagi Generasi Muda!!”
SEMANGAT!!!

INSPIRASI KEDUA : UNTUKMU, PAHLAWAN TANPA TANDA JASA!!!
Abin Syamsuddin, seorang pakar pendidikan, mengemukakan bahwa dalam pengertian pendidikan secara luas, seorang guru yang ideal seyogyanya dapat berperan sebagai :
1. Konservator (pemelihara) sistem nilai yang merupakan sumber norma kedewasaan;
2. Inovator (pengembang) sistem nilai ilmu pengetahuan;
3. Transmitor (penerus) sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik;
4. Transformator (penterjemah) sistem-sistem nilai tersebut melalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya, dalam proses interaksi dengan sasaran didik;
5. Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan, baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral (kepada sasaran didik, serta Tuhan yang menciptakannya).
Dalam perspektif perubahan sosial, guru yang baik tidak saja harus mampu melaksanakan tugas profesionalnya di dalam kelas, namun harus pula berperan melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di luar kelas atau di dalam masyarakat. Hal tersebut sesuai pula dengan kedudukan mereka sebagai agent of change yang berperan sebagai inovator, motivator dan fasilitator terhadap kemajuan serta pembaharuan.
Dalam masyarakat, guru dapat berperan sebagai pemimpin yang menjadi panutan atau teladan serta contoh (reference) bagi masyarakat sekitar. Mereka adalah pemegang norma dan nilai-nilai yang harus dijaga dan dilaksanakan. Ini dapat kita lihat bahwa betapa ucapan guru dalam masyarakat sangat berpengaruh terhadap orang lain.
Ki Hajar Dewantoro menggambarkan peran guru sebagai stake holder atau tokoh panutan dengan ungkapan-ungkapan Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.
Jadi pengin nyanyi…”Terpujilah, wahai engkau ibu bapak guru…namamu akan selalu hidup dalam sanubariku…”. Terima kasih “pelitaku dalam kegelapan, engkau laksana nur penerang langkahku yang begitu haus dan miskin akan ilmu..”. dan semoga diri ini pun bisa menjadi “GURU KEHIDUPAN” saat menjalankan sampai menyelesaikan perannya dalam “SKENARIO TERINDAH dari Sang Pencipta…”

INSPIRASI KETIGA : MENJADI GENERASI PENUH INSPIRASI
(Catatan ‘Madam Inspiring’…-julukan-hehe….)
INSPIRASI. Satu kata yang selama kurun waktu setahun ini benar-benar mengusik kehidupan saya. Ntah nyasar darimana, tapi saya terlanjur ‘jatuh cinta’ dengan kata itu…
Sebuah kesimpulan yang bisa saya simpulkan setelah membaca buku (yang lagi-lagi menginspirasi saya…bukan buku motivasi untuk segera menyelesaikan skripsi lho…hehehe).
INSPIRASI. Ada yang memberi, ada juga yang terberi…Satu kata itu menghadirkan motivasi luar biasa. Keteladanannya menghangatkan semesta, mencerahkan langit kehidupan para pengikutnya. Walau terkadang menemukan satu dua kekesalan, tiga empat kelumpuhan perjalanan, tetapi inspirasi adalah nyawa yang akan menyegarkan ulang nafas perjuangan!!
Hmm…masih semangat untuk berinspirasi…???LANJUT!!!
Beberapa untaian kalimat (dengan sedikit editan dari saya) yang terangkum dalam satu paragraf yang saya ambil dari buku “MUSLIM INSPIRATIF!!!” [salah satu buku favorit koleksi saya, yang sangat mendukung performance SUPERTWIN saat mengisi Training Akademik di FMIPA UNDIP tanggal 7 November beberapa waktu silam. {Membagi (tapi istilah yang cocok ‘melaunching’) untuk yang pertama kalinya..”FORMULA SUPER”-nya SUPERTWIN…hmm, UNS malah belum kita racuni “FORMULA SUPER” ini..hehe..Insya Allah, kapan-kapan deh…}.Buku yang membuat saya ‘lebih PD’ hingga saya yakin ‘SAYA BISA!!!’. Terima kasih buku, telah menjadi bekal perjalanan Solo-Semarang PP..hmmm..Semarang, “MY INSPIRING TOWN!!!”]
“INSPIRASI. Itulah satu kata yang dibutuhkan generasi muda kita. Agar apa??? Tentu saja, agar mereka melesat menuju diri mereka seutuhnya. Melesatkan potensi denga semaksimalnya. Melesatkan cahaya imannya menjadi yang teristimewa. Melesatkan hidupnya menjadi yang terdepan dalam kebaikan. Semua sisi waktunya tertata dengan rencana-rencana. Hingga ia menjemput takdir-Nya dengan senyum penuh kemenangan. Tak lelah menjadikan diri untuk banjir prestasi. Membara jiwanya untuk selalu menjadi yang pertama menebar keteladanan”.

Itulah PRIBADI INSPIRATIF. Dan dia bukan sosok melangit yang tak bisa kita hadirkan ke bumi. Karena sekarang, ia tengah bersiap-siap menikmati kata demi kata yang (semoga) akan menghangatkan jiwa dan membara dadanya untuk mewujudkannya. Siapakah dia?? DIRIMU!!! (Ya, semoga!!!)
Generasi Penuh Inspirasi…(salah satu cita-cita Nungma nich..di-amin-i ya…^^v!!)
Generasi yang memiliki pribadi yang luar biasa, kehadirannya di tengah-tengah lingkungannya menjadi sumber inspirasi bagi orang lain untuk mengembangkan kompetensi. Pribadi inspiratif, yang tidak segan-segan berbagi kepada orang lain tanpa rasa takut untuk disaingi atau popularitasnya hancur. Karena bagi dia…semakin banyak memberi inspirasi, semakin peka pula intuisinya dalam melihat kejadian sebagai suatu kesempatan untuk MENEBARKAN KEBAIKAN!!!

Tak perlu menunggu lebih lama lagi….sekarang, saatnya….
MAINKAN INSPIRASI SESUKAMU!!!

“Jika kebaikan menghadirkan ganjaran. Maka penebar kebaikan menghadirkan keteladanan. Itulah MUSLIM INSPIRATIF. Azzamnya membara di dada. Selalu menjadi yang pertama menghadirkan keteladanan bagi semesta”
[Taken from : Inspiring Book “MUSLIM INSPIRATIF”, by : Fachmy Casofa]

Tengah malam di Zona Inspirasi SUPERTWIN, sehabis menyaksikan “SANG PEMIMPI”, denting waktu menunjukkan Penghujung Bulan November sebagai ‘ikhtiar’ realisasi dari Tema November (Puzzle Inspirasi Nungma di Bulan November) :
“MENJADI GENERASI PENUH INSPIRASI, PEWARIS JIWA-JIWA PARA GERILYA, DENGAN SEMANGAT JUANG DAN PENGORBANAN YANG LUAR BIASA !!!”

“Negeri ini menanti lahirnya generasi penuh INSPIRASI, bak senyum rembulan penerang gelapnya malam. Generasi penuh IMPIAN seperti tatapan tajam bintang tinggi di langit biru. Generasi PEJUANG berhias PENGORBANAN dan pewaris jiwa-jiwa para gerilya. Merekalah sosok PAHLAWAN bangsa ini di masa depan. Semoga kita jadi bagian daripadanya. Atau bahkan kita lah PANGLIMA nya…‼! SALAM SUPER!!!”
-SEMOGA MENGINSPIRASI!!!-
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog