Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » Ayo Jadi KONCER!

Ayo Jadi KONCER!


1. Tips/Pesan:

a) Teliti Sebelum Membeli
Konsumen, diajak agar selalu mempunyai kebiasaan untuk teliti atas barang dan/atau jasa yang ditawarkan/tersedia dipasar. Minimal secara kasat mata dapat digunakan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dari barang dan/ atau jasa tersebut, dan bila kurang jelas/paham, dapat menyampaikan untuk bertanya atau untuk memperoleh informasi atas barang dan/ atau jasa tersebut. Berdasarkan hal ini, konsumen telah memperoleh gambaran umum atas barang dan/ atau jasa yang ditawarkan di pasar.

b) Perhatikan Label dan Masa Kadaluwarsa
• Konsumen harus lebih kritis lagi untuk mengetahui kondisi barang dan/atau jasa, khususnya atas barang makanan, minuman, obat dan kosmetik, yang dalam keadaan terbungkus yang dikemas disertai label.
• Dalam label dicantumkan antara lain : komposisi, manfaat aturan pakai, dan masa berlaku.
• Konsumen diajak agar lebih berhati-hati terhadap barang yang masuk kedalam tubuh atau yang digunakan diluar/atas tubuh. Karena barang tersebut sangat erat kaitannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen.

c) Pastikan Produk Bertanda Jaminan Mutu SNI
• Pada umumnya konsumen belum akrab dengan produk bertanda SNI.
• Melalui ajakan/ seruan ini konsumen sudah saatnya memperhatikan produk yang sudah wajib SNI.
Dari sisi konsumen produk bertanda SNI lebih memberikan jaminan kepastian atas kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen, bahkan lingkungannya. (Contoh : tabung yang bertanda SNI)

d) Beli Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan
Konsumen diajak agar terbiasa mempunyai perilaku tidak konsumtif, artinya bukan barang dan/atau jasa yang menguasai atau mempengaruhi konsumen tapi konsumenlah yang menguasai keinginannya untuk membeli barang dan/ atau jasa
Catatan:
• Tips ke 1, 2, 3 lebih diarahkan kepada sikap konsumen kepada barang dan/atau jasa
• Tetapi Tips ke 4 lebih diarahkan kepada perilaku konsumen itu sendiri

2. Symbol/logo: Kancil Si KONCER
• Kancil adalah binatang yang mempunyai sikap atau perilaku yang lebih cerdik/pintar dan sangat berhati-hati dibandingkan dengan binatang lain. Kancil selalu mempunyai akal sehat dalam menjalani kehidupannya sehingga selalu terhindar dari bahaya.
• Pemilihan Kancil sebagai logo dilatarbelakangi bahwa binatang ini adalah binatang khas Indonesia yang sejak dahulu kala sudah merakyat ataupun dikenal luas oleh seluruh lapisan rakyat Indonesia yang dicerminkan juga dari banyaknya dongeng rakyat mengenai kancil.
• Kancil memakai toga dan kacamata diumpamakan sebagai konsumen yang berpendidikan/terdidik dan serius.
• Sehingga dimintakan sikap ataupun perilaku konsumen agar seperti Kancil yaitu cerdik, pintar dan bersikap hati-hati ketika hendak mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang tidak memenuhi aspek keamanan, keselamatan, kesehatan serta pelestarian lingkungan hidup. Dengan demikian konsumen menjadi cerdas.

sumber : www.depdag.go.id

1 komentar:

noona said...

tambah lagi..


bagi muslim, pastikan ada label Halalnya..

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog