Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » SPEKTRUM PEMIKIRAN, SEBUAH SASTRA INTELEKTUAL (SSI untuk S.Si)

SPEKTRUM PEMIKIRAN, SEBUAH SASTRA INTELEKTUAL (SSI untuk S.Si)


SPEKTRUM PEMIKIRAN, SEBUAH SASTRA INTELEKTUAL (SSI untuk S.Si)

Banyak orang yang tanya, kenapa sih Nung kamu harus mengistilahkan SKRIPSI dengan SASTRA INTELEKTUAL??? Jawabannya cukup praktis dan ekonomis saja…karena Nungma pengin menjadikan SKRIPSI itu sesuatu yang tidak sekedar biasa-biasa saja…tapi harus punyai nilai lebih, nilai PLUZ dan harus lebih LUAR BIASA pula!!! Banyak juga yang ngasih comment, mang kamu selain kuliah di Biologi kuliah di sastra juga to??? Hehe, nek dari segi formalitas and tersurat ya jelas tidak, tapi nek tersirat ya jelas iya…lha wong MIPA itu juga punya jurusan BIOLOGI Sastra!!! Hehe…(bikin cabang jurusan sendiri…^^v).

Sastra Intelektual, karena Nungma pengen mengkombinasikan antara unsur sastra dan unsur intelektualitas di dalamnya. Sebuah rangkaian tulisan-tulisan yg harapannya bisa menjadi suatu karya yang mampu menjadikan otak penulisnya seimbang, antara otak kanan (yang cenderung imajinatif n kreatif = sastra) dan otak kiri (yang cenderung suka mengasah logika, menganalisa, sistematis, runtut, dll = intelek banget!!^^v). nah, makanya Nungma mencoba mengkomplementer-kan sastra dan intelektual, tidak saling subtitusi ataupun eliminasi, tapi sekali lagi : komplementer!!! (anak2 matematik pasti jauh lebih ‘dong’ maksudnya…).

SSI untuk S.Si
Sidang Sastra Intelektual (SSI), Alhamdulillah sudah berhasil Nungma lalui dengan baik pada hari Jumat tanggal 19 Maret 2010. Nungma ingin berbagi sedikit kisah luar biasa tentang “SSI untuk S.Si” :
[H-10] : KYODAI NA (HEBAT!!!)
[H-9] : RAKUTENKA (OPTIMIS!!!)
[H-8] : HANSEI (PERBAIKAN TIADA HENTI!!!)
[H-7] : SEIKOO (SUKSES!!!)
[H-6] : AYUMI TSUDZUKEYOU (TERUSLAH MELANGKAH!!!)
[H-5] : YU (‘BERANI’ & KSATRIA)
[H-4] : BUSHIDO (KERJA KERAS, JALAN KSATRIA JALAN KAUM PETARUNG!!!)
[H-3] : TSUWAMONO (ORANG KUAT!!!)
[H-2] : KAIZEN (PENYEMPURNAAN TIADA HENTI!!!)
[H-1] : GANBATTE!!!


Apaan tuh?? Tulisan-tulisan ‘kata-kata motivasi bahasa Jepang’ di atas maksudnya apa??? Hehe…Nungma bikin kertas2 yang bisa digantung n diletakkan di dekat kaca almari buku (almari pakaian yang beralih fungsi menjadi tempat menyimpan buku-buku), tempat yang sangat strategis, sehingga Nungma pun bisa melihatnya setiap saat, kata-kata yang mampu menguatkan, mengobarkan bara semangat dalam diri, mengubah gentar menjadi tegar, mengganti pesimis menjadi optimis, mengeluarkan energy negatif dan melahirkan buanyyakk energy positif!!! SELF MOTIVATION!!! Dan Nung selalu berusaha merealisasikan setiap “MOTIVATION’z KEY WORD “ itu di setiap harinya sejak [H-10] SSI sampai [H-1] SSI, dan hasilnya SUNGGUH LUAR BIASA DAHSYAT!!!! Setidaknya itu yang bisa Nungma rasakan….

Padahal sejak [H-10] Nungma gak bisa benar2 fokus dan konsentrasi HANYA UNTUK SSI!!! Tapi tugas-tugas di luar sangat banyak, amanah juga gak kalah dahsyatnya, membutuhkan konsentrasi, waktu lebih, dan energi ekstra pula, serta banyak agenda tak terduga selama [H-10] sampai [H-1] itu….tapi Insya Allah, semua bisa Nungma jalani, Nungma anggap itu semua sebagai SARANA PEMBELAJARAN!!! Nungma benar-benar tidak mengalami yang namanya ‘masa karantina’ yang mungkin beberapa teman melakukannya. [H-1] masih sempat ngasisteni praktikum SPT 2 (praktikum yang “Selalu Penuh Tantangan…”^^v) sore harinya masih sempat rapat juga dengan para ‘aktor intelektual UNS’, SIM (Study Ilmiah Mahasiswa BEM UNS) di Gedung Inspiratif, PORSIMA!!!. hehe…malamnya pun juga masih sempat share n chatingan dengan beberapa sahabat dari berbagai daerah…^^v sekalian minta doa tentunya…tapi tetap menyempatkan latihan presentasi di Zona Inspirasi Supertwin, diskusi beberapa materi dengan Fina, baca-baca jurnal, jam 22:02 istirahat…biar esoknya bisa fresh!!!

SEMANGAT SPH!!!!
(apalagi ini??? SPH??? Salah satu mata kuliah nih, Struktur dan Perkembangan Hewan…yg konon kata adik2 tingkat, pelajarannya super njlimet n materinya banyak puooolll, tapi bagi Nungma, SPH = eSok Penuh Harapan!!! Hyaaaa…ajaajaada…!!!)

Ohya, pas lagi browsing di internet, ntah cari literature, jurnal, atau materi2 penunjang…Nungma juga sempet iseng cari artikel tentang Keistimewaan Hari Jumat, dan Keistimewaan Angka 19 dalam Al Qur’an dan Ilmu Pengetahuan!!! Kayak gak da kerjaan aja ni akhwat..hehe…tapi gakpapalah, biar ga jadi spaneng juga, coz tujuan Nungma cuma 1 : BIAR LEBIH TERMOTIVASI UNTUK BISA TOTALITAS saat HARI-H!!! ^^v). dan ternyata……..WOW!!!! DAHSYAT, MANTABZZZ, n LUAR BIASA!!!! Satu contoh saja : coba hitung jumlah huruf dalam kalimat “basmallah : bâ-sîn-mîm-alîf-lâm-lâm-hâ-alîf-lâm-râ’-hâ-mîm-nûn-alîf-lâm-râ’-hâ-yâ’-mîm. Ya, semuanya berjumlah 19. Subhanallah……….

[HARI-H] : THE BEST PERFORMANCE, THE BEST ATTITUDE, THE BEST ACHIEVEMENT!!!
Jumat, 19 Maret 2010


Berhubung Jumat pagi gak ada dirosah, jadi pagi2 bisa beli snack dan konsumsi dulu di Roti Kecil dianter Fina (thanks a lot ya Cin…), sarapan, sholat Dhuha, latihan presentasi sekali lagi, prepare buku2 yg harus dibawa, nyiapin doralepito, telp Bapak dan Ibu…Mbak Thicko paginya juga dah telp…ngasih beberapa tips, diantaranya : biar lebih menyejukkan hati bacalah Surat Ar-Rahman, ‘sebuah doa agar memperlancar lisan kita ketika berbicara’, n jangan lupa sedekah pagi ini!!! WOW, thanks my lovely sista…U’re MY SUPERTWIN!!!! Ibu n Bapak juga ngasih kata-kata penyemangat, membuat “Dik Nung” semakin yakin dan optimis, Dik Nung pasti bisa melalui hari ini dengan baik, maksimal dan happy ending!!! Banyak SMS juga dari segala penjuru negeri, di FB juga…ya pokoknya matur tengkyu sanget buat semua yang telah memotivasi dan mendoakan!!! Kemaren malem Mas Pand juga telp dari Kalimantan, n ngasih tips juga…Siip, mantabbz bro!!! Pendadaran = ‘meyakinkan orang”!!! hehe….Siippp deh!!!
Sebelum SSI, pun Nung masih menyempatkan SMS Ibu Dr. Okid Parama Astirin, M.Si (Pembimbing Akademik-nya Nungma) untuk minta doa restu, semua temen2 ‘pekananholic’ baik yang dulu maupun sekarang, dan orang2 yg “BERPENGARUH” dalam kehidupan Nungma….^^v

Akhirnya setelah Esty Elifah selesai, gantian Nungma yang beraksi!! Bertempat di sebuah ruangan kecil, gak ada 3x3m kayaknya, lebih lebaran Zona Inspirasi Supertwin, tapi bedanya ni ruangan ada AC-nya, klo di Zona mah dah terlalu sejuk n adhem, karena sudah penuh rinai-rinai inspirasi, motivasi, dan prestasi..hehe…!! Sekitar pukul 13.15 WIB SSI pun dimulai. Diawali dengan Nungma membacakan SURAT PERNYATAAN n ttd di atas materai, berdoa dulu, tyus saatnya action mempresentasikan SASTRA INTELEKTAL Nungma yang berjudul : “Uji Toksisitas Fraksi Daun Ambre (Geranium radula Cavan.) terhadap Artemia salina Leach. dan Profil Kandungan Kimia Fraksi Teraktif” dihadapan 4 dosen penguji, yaitu :

1. Ibu Rita Rakhmawati, S.Farm., M.Si., Apt.
2. Ibu Dra. Endang Anggarwulan, M.Si
3. Ibu Solichatun, M.Si
4. Ibu Marti Harini, M.Si


15 menit waktu yang digunakan untuk presentasi selanjutnya tanya jawab. Hmm…pendadaran itu asyik banget!!! SERU!!! Nungma ngrasa nyantai aja, gak nerveous, selalu menebar senyum n eye contact dengan para penguji. Meski beberapa pertanyaan terkadang super mendetail dan njlimet, tapi klopun kita belum bisa menjawab dengan tepat, toh pada akhirnya dijelaskan juga oleh para penguji khususnya yang ngasih pertanyaan. Jadi kayak diskusi gitu…Hmm…pokoknya dahsyat deh!!! Dan Nungma bener2 sangat menikmatinya, yang penting kita PD dan yakin dengan jawaban kita!!! Seruuuuuu puooolll……!!!!.d^^b. ada cerita lucu tentang “DINDING SEL” yang itu menjadi ‘bumbu penyedap’ Sidang Sastra Intelektual-nya Nungma…gak bakal Nungma lupain deh….Terima kasih Bu Endang, atas inspirasi dan motivasinya!!! Begitu juga dengan Bu Soli, Bu Marti, dan Bu Rita…terima kasih banyak ya Bu atas semua masukan, koreksian, dan segenap bimbingan serta arahannya!!!! Insya Allah, tidak akan pernah Nungma lupakan…Suasana di dalam ruangan benar2 bikin enjoy, malah sempat bercanda bareng gitu…Wah, gayeng tenan pokoknya!!! ^^v.

Ketika hampir memasuki waktu Ashar, akhirnya Nungma dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan sebentar,dan keempat penguji pun mendiskusikan hasilnya. Ketika keluar ruangan…huffftttt….LEGAAAAAAA BANGEEEETTTT rasanya!!! Banyak sekali sahabat Biologi 2006 yang sudah menunggu di luar….Nungma dikasih minum n ditanyain sedikit pengalamannya ketika di ‘ruangan’ itu….sesaat kemudian, Nung dipanggil kembali oleh Bu Marti, dan akhirnya…….dibacakan keputusannya!!!!

Alhamdulillah, terima kasih Ya Rabb….akhirnya Nungma LULUS!!!! Alhamdulillah, “Norma Ambarwati, S.Si.”. Para penguji menyampaikan closing statement n nasehat2 inspiratif gitu!!! Di akhir seolah beliau2 semua kompak mengucapkan, “Selamat ya, Mbak Norma Ambrewati, S.Si….” hyaaaa…..mentang2 penelitiannya pake daun Ambre!!! Hehe…tapi julukan itu dah Nungma dapatkan sejak di awal dapat proyek ini…unforgetable deh!!! 4 dosen penguji yang sangat DAHSYAT dan LUAR BIASA!!! Nungma juga mengucapkan terima kasih yang teramat sangat kepada Ibu Dinar Sari CW,S.Farm.,Apt, yang sekarang sedang melanjutkan S3 di Belanda…Bu, Nungma kangeeeeennnnn!!!!

Alhamdulillah, sujud syukur hamba haturkan hanya kepada-Mu Ya Rabb…Pemegang Kuasa atas segala yang terjadi dalam kehidupan hamba….Seketika sahabat2ku, Biologi 2006 berhamburan masuk ke dalam ruangan untuk mengucapkan selamat, pelukan hangat yang tak bisa membendung air mata ini…air mata bahagia….Terima kasih, sahabat-sahabatku semuaaaaa……..Telp Ibu, ngasih kabar bapak, mbak Thicko, mas Udit, dll…Alhamdulillah, dah legaaaaaaaaaaa bangeeeeeeetttt rasanya!!! Semoga segera dapat mewujudkan cita-cita Nungma selanjutnya…Kunci untuk membuka gerbang pasca kampus sudah Nungma dapatkan setelah menempuh beberapa fase perjalanan yang terbilang sangat panjang…kunci yang kan membawa Nungma untuk melangkah dan menjalani fase kehidupan yang konon katanya “THE REAL LIFE”, kehidupan pasca kampus, antara “IDEALITA dan REALITA”. Satu yang Nungma pinta, doakan Nungma agar selalu ISTIQOMAH!!!!

Target di Life Mapping “DNA”-Nungma…”Dream N Action” :
2010 : MANDIRI, BERKARYA DALAM KREATIVITAS TANPA BATAS
2011 : ITB!!! Impian.Totalitas.Berani. (dalam konteks : bisa lanjut S2 dan merumuskan, mematangkan konsep, visi dan misi, serta berusaha merealisasikan suatu episode kehidupan : “Membingkai Surga dalam Suatu Cerita Penuh Makna”. Hyaaaaaaaa….Amin.)
Hari ini sungguh LUAR BIASA, Ya Rabbi….
“Dan nikmat Tuhan kamu yang manakah yang akan kamu dustakan???”
(QS. Ar Rahman : 13)
NB :
• BST = Bhrine Shrimp Lethality Test (Uji yang Nungma gunakan dalam penelitian Sastra Intelektual ini, tapi Nung juga punya singkatan yang lain….hehe…)
BST = Bisa-Sukses-Totalitas
BST = Berani-Semangat-Tekun
BST = Bersyukur-Sabar-Tawakal

Special untuk ‘Tim Peneliti’ penerima “RESEARCH GRANT” PHK-A2 Biologi FMIPA UNS :
a. Tim AMBRE (Tanti Priyani, S.Si; Norma Ambarwati, S.Si; dan Mita Mutia Rahman, S.Si). Tanti sekarang dah balik ke Jakarta, mungkin sebentar lagi MIta juga balik ke Sukabumi….hmmm….Jangan pernah lupakan kebersamaan kita yak, terutama kekonyolan kita pada saat ngelab, dan ingat selalu backsong Tim AMBRE : “JANGAN MENYERAH!!!”.
SEMANGAT!!! SUKSES buat KITA SEMUA!!!
b. Tim SENGGANI (Esty Elifah, S.Si; Ida Liana, CS.Si; dan Sutikno, CS.Si), semoga bisa akur terus sampai sepuh, pasti banyak kenangan saat kalian bersama bakteri-bakteri kalian…xixixi…khusus buat Ida n Tikno, gek ndang pendadaran yo cah, dan kurangi ke-dungdung-an kalian….hehe….SEMANGAT!!! SUKSES buat KALIAN SEMUA!!!
c. Tim GANYONG (Wintang Nugraheni, S.Si, Ulfa Qurniawati, CS.Si, dan Santi Silfiana Ashari, CS.Si). Wintang yang sekarang dah terbang ke Kalimantan, semoga bisa menjadi ORANG SUKSES di sana, Ulfa n Santi gek yo ndang pendadaran…SEMANGAT!!! SALAM SUKSES juga buat KALIAN SEMUA!!!

Zona Inspirasi Supertwin, di sepertiga malam terakhir, Sabtu, 27 Maret 2010…hari ini banyak acara DAHSYAT yang akan Nungma jalani : Seminar Prestatif (STOPMAP) bersama pembicara Danang Ambar Prabowo, salah satu Tokoh Inspirator-nya Nungma juga; acara ini hasil kerja bareng BEM FSSR dan SIM!!! Lanjut dapat kunjungan dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) ke SIM (Study Ilmiah Mahasiswa-Kabinet Inspiratif BEM UNS), then silaturahim ke Ustz. Elis....dengan topic yang akan kita sharingkan “Peran Muslimah di Kehidupan Pasca Kampus”. Wow, cocok banget!!! Suplemen ini yang sedang Nungma butuhkan sekarang…^^v. Semoga Nungma bisa menutup hari ini dengan mencetak sebuah KARYA AGUNG yang tak pernah terlepas dari profesi yang masih Nungma geluti sampai sekarang, menjadi seorang “PEMULUNG INSPIRASI”.

INSPIRASI DAHSYAT, AKSI HEBAT, FULL MANFAAT !!!
SALAM SUPER DAHSYAT FULL SEMANGAT!!!

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog