Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » UNTUKMU, PARA AKTOR INTELEKTUAL UNS….[SIM DAY_220210]

UNTUKMU, PARA AKTOR INTELEKTUAL UNS….[SIM DAY_220210]



Senin, 22 Februari 2010.

Pagi yang SIBUK…SIBUK berinspirasi, membakar kembali SEMANGAT untuk menjalani hari ini dengan segenap amalan yang berarti…

Setelah menyelesaikan proses mencetak “SASTRA INTELEKTUAL” yang berjumlah sekitar 60 an lembar itu, Keisya melangkahkan kakinya menuju fakultas MIPA. Mengumpulkan “SASTRA INTELEKTUAL” itu dulu ke dosen pembimbing 1, kemudian ke Aula Gedung B lantai 4 untuk mengikuti Training dan Pembekalan Memasuki Dunia Kerja yang diadakan oleh CDC (Career Development Centre) MIPA. Ya Alhamdulillah, banyak ilmu yang ia dapatkan. DAHSYAT lah..!!!Tapi, Keisya merasakan lebih heboh training yang tahun lalu daripada yang sekarang…

Keisya meninggalkan MIPA sekitar jam 15.00. jalan kaki ke belakang kampus bareng Ulfa dan Fina, dua sahabat terbaiknya…Balik ke kost dulu kemudian siap-siap datang ke SIM DAY!!!Apa itu SIM DAY??? SIM DAY itu salah satu gaweannya Vice Directur SIM (Kunto), yang bertujuan untuk memberikan suplemen kepada para pengelola SIM, ya biar lebih solid, kompak, n selalu menjaga komitmennya…Keisya melihat jam beker DORAEMON nya…hmm, dah jam 15.45, dengan berbekal pisau 5 buah, sendok 3 buah, garpu 3 buah, serbet, dan wadah bekal makan, ia segera ke kost salah satu rekannya untuk berangkat bareng ke GOR belakang stadion UNS, sebelah barat garasi bus kampus. Bakalan seru n heboh ni acaranya. SIM DAY kali ini mengangkat tema “GALI POTENSI, LEJITKAN PRESTASI!!!”, dengan 2 agenda besar yaitu : penyampaian motivasi dari Akh. Candra Avianto dan LOMBA LOTIS ILMIAH antar Divisi…(hehe..istilahnya terlalu ‘memaksa’).

Satu per satu para pejuang akademis UNS itu pun berkumpul. Para PHT yang mendapatkan tugas untuk menyiapkan segala alat dan bahan untuk LOMBA LOTIS ILMIAH itu, ada yang dapat tugas bawa piring dkk, uleg2 n soulmatenya si ‘munthu’, buah2annya, cabe, gula jawa, n many more…Dengan beralaskan karpet hijau, kita pun menyatu dengan alam (hyaa…), jam 16.30 acara dimulai. Pembukaan oleh MC (dik Ardhi), sambutan dari direktur SIM (Hasan), dilanjutkan dengan penyampaian motivasi oleh Akh. Candra Avianto (AN_FISIP’04). Beliau adalah salah satu pioneer terbentuknya SIM. Kalimat motivasi yang pertama beliau ucapkan dan itu terekam sangat unik saat nyasar di otaknya Keisya adalah “Kalian adalah para pemikir ulung, professor sesungguhnya di kampus kita…”Hmm….like this lah!!! Kalau Keisya punya IPK (Inspiratif.Prestatif.Kontributif), mantan Presiden BEM FISIP tahun 2007 itu juga gak mau kalah dengan DPR-nya..Demonstran.Prestatif.Religius. Siip, komplit!!! ^^v. Akh. Candra mengajak kita untuk flashback kembali ke masa silam, saat pemegang kekuasaan tertinggi di BEM UNS masih dipegang Mas Dimas Bayu Susanto, kala itu di tahun 2006 mereka mulai berjuang untuk membangun iklim akademis di Green Campus kita, dan ketika tahun 2007 embrio SIM Alhamdulillah bisa terbentuk di bawah naungan Departemen POSDM BEM. WeOWe deh…WOW!!! Sebuah perjuangan yang pastinya butuh banyak sekali pengorbanan dan totalitas!!!

Ada yang unik lagi, Akh.Candra menyampaikan sebuah pantun…
“Selendang sutra dari Sumatra….
Habis dicuci jatuh ke tanah…
Sungguh indah dipakai adinda
[………….….] pinjaman mertua

Untuk apa jadi sarjana….
Jika prestasi kosong saat masih kuliah
Untuk apa prestasi luar biasa….
Jika tidak bisa berkontribusi untuk sekitarnya…”
Hm, pantun sederhana namun sarat makna!!![beberapa teks tidak dapat Keisya rekam dengan baik]

Jadi pengin ikutan berpantun ria…
“Doraemon asyik makan dorayaki
Tak lupa Nobita juga dibagi…
Jangan hanya berdiam diri…
Ayo, jadi pribadi pencetak PRESTASI!!!” ^^v


Dalam kesempatan sore itu, Akh. Candra juga menyampaikan 3 buah pertanyaan :
1. Apa tujuan kalian kuliah di UNS?
2. Apa tujuan kalian masuk di SIM?
3. Ada kaitan dan hubungannya gak di antara kedua point di atas??
(kurang lebih kayak gitu pertanyaannya…^^v)
Nah, Zain, Visiyo, Henny dan Hasih yang diberikan kesempatan untuk memaparkan jawabannya…

Selanjutnya Akh. Candra juga menyampaikan bahwasanya sebuah ide/ pemikiran itu memiliki kedudukan yang sangat strategis dan nilainya jangka panjang. Warisan pemikiran, sebuah warisan terbesar diantara warisan-warisan yang lain. Dan semoga keberadaan kita sebagai “ORANG-ORANG ANEH” ini mampu memberikan kontribusi dan pemikiran2 LUAR BIASA yang dapat membawa PERUBAHAN yang LEBIH BAIK untuk SIM dan UNS!!! Amin…Sebagai orang aneh, yang notabene kita bukanlah mahasiswa biasa, kita harus memiliki sesuatu yang “BERBEDA” jika dibandingkan dengan para mahasiswa lainnya. Yups, sepakat!!!

Senantiasa mari kita luruskan niat kita, kita selaraskan juga dengan cita-cita jangka panjang kita.

Beliau juga menyampaikan motivasi agar kita juga harus menyadari POTENSI LUAR BIASA pada diri kita!!! Kita adalah pemuda/i yang Insya Allah masih jernih pikirannya, netral niatnya, penuh ide dan gagasan luar biasa…(gagasan kurang 5 menit…ealah, ternyata MC nya ngasih kode kalo kurang 5 menit kepada sang pembicara. Hehe). Lanjut…just intermezzo…Di kampus, kita disediakan lingkungan yang sangat mendukung untuk senantiasa meningkatkan kompetensi diri kita, aktualisasi diri kita, sarana bersosialisai, networking, dll. Dan pada akhirnya, kita bisa memadukan segala potensi yang ada pada diri kita sebagai ‘SISWA yang MAHA’ ini dalam label “AKTIVIS AKADEMIS”. Prestasi OKe!!! Organisasi juga OKe!! Plok…plok…plok…

Menjelang closing, Akh. Candra menyampaikan beberapa ‘message’: [Ni yang bisa Keisya rangkum]
1. Buatlah CITA-CITA JANGKA PANJANG!!!
2. Bangun dan kembangkan IKLIM AKADEMIS di kampus kita. UNS pasti lebih keren jika di setiap sudut banyak mahasiswa/i yang asyik diskusi. So, mari kita kembangkan iklim diskusi di kampus kita!!!
3. Ikhlas dan sadar untuk dikader dan mengkader, karena ini sangat penting dalam keberjalanan sebuah organisasi.
4. Dijaga stamina dan energinya!!! Jaga soliditas team!!!


Akhirnya, semoga kita selaku para AKTOR* INTELEKTUAL di UNS ke depan mampu menjadi insan akademis, menjadi rujukan pemikiran, menjadi rujukan referensi, dan menjadi SUMBER INSPIRASI!!! d^^b. SALAM ILMIAH!!!!

Acara selanjutnya, LOMBA LOTIS ILMIAH. Kita dibagi menjadi 4 kelompok. Keisya tergabung dalam kelompok Research berkolaborasi dengan Criticism. Kelompok yang hanya beranggotakan 4 orang. Wah, jan tenan. Kelompok lain aja ada yang 5-8 orang. Tapi gakpapalah…tetep semangat meracik LOTIS ILMIAH itu. Dengan berbagai gaya dan segala tingkah polah kita dalam mengekspresikan ide, pemikiran serta diinternalisasikan lewat racikan bumbu dan potongan-potongan buah kedondong, nanas pluz timun dengan bentuk yang cenderung unik bin aneh, hehe..tapi seru euy!!! Hanya dalam waktu 30’, akhirnya kelompok “eRCe” pun selesai dengan LOTIS pake tampilan ‘sate’ itu. Tibalah saat penjurian dan acara ‘icip-icip’ dari juri tunggal pak Vice Directur-nya…Lotisnya “eRCe” dengan “sambel nuklir” khas jawa timur coz yang jadi sie.uleg-uleg n ngracik bumbu lahir n gedhenya di Pacitan. So, ngefek juga. Hehe…wah, tapi ya tetep jos tenan!!! Akhirnya, yang menang kelompoknya HRD, bumbunya pas n nata buahnya unik meski terkesan ‘memaksa’. Xixixi…^^v. menang kalah gak masalah, yang penting kebersamaan yang indah!!! Gak terasa dah maghrib, lotisan dulu, beres-beres tyus pulang deh…

Wah, hari yang sangat membahagiakan bagi Keisya…PAGI, SIANG, SORE yang sungguh sangat LUAR BIASA!! MALAM harinya jauh lebih LUAR BIASA!!! (karena bisa BERINSPIRASI di Masjid Perjuangan NURUL HUDA….^^v)

By : Kadiv RESEARCH SIM BEM UNS

[Zona Inspirasi SUPERTWIN, 24 Februari 2010…SALAM ILMIAH!!! -RESEARCHOLIC-]

*Aktor : pemain; pelaku (entah putra atau putri)…[kamus pribadi Keisya]. Jadi gak perlu protes!!! ^^v. hehe…

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog