Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » ACTION = Activity. Continuosly. Totality. Integrity. Optimist. Norm

ACTION = Activity. Continuosly. Totality. Integrity. Optimist. Norm

SEPENGGAL KISAH DI BULAN OKTOBER…..

Selasa, 27 Oktober 2009….Dalam hari yang penuh kesibukan yang padatnya luar biasa….dari pagi menyiapkan acara Seminar Nasional “Mempertanyakan Pera Pemuda di tengah Problematika Bangsa”, menyambut rekan-rekan BEM dari seluruh Indonesia….(senengnya dapat sahabat baru…), niatnya mau memanfaatkan ‘cuti kuliah’ tapi (lagi-lagi) Allah SWT memberikanku kemudahan…Alhamdulillah kuliah Kultur Jaringan KOSONG!!! Senyum sumringah terpancar dari wajah saat membuka inbox N5300 saya, SMS dari salah seorang teman yang memberitahukan kalo dosen mata kuliah tersebut berhalangan hadir.hmmm, Lanjut……….

Alhamdulillah, seminar berjalan lancar…apa isinya??? Bisa dilihat di Koran Solopos (28/10) hehehe…Ba’da dhuhur, di bawah sengatan matahari yang cukup terik kubawa diri ini ke Gedung PORSIMA BEM UNS…hmm, ada rapat PHT SIM (Study Ilmiah Mahasiswa) for the first time. Ingatanku melayang saat pelantikan pengurus baru hari Jumat tanggal 23 Oktober beberapa waktu silam.. teringat pesan dari Direktur SIM periode 2009, Ikhsan Subekti (FE’05), bahwasanya SIM merupakan alat transformasi masyarakat dari segi keilmiahannya, jadi kita harus peka terhadap kondisi lingkungan di sekitar kita. Semoga dalam kepenguruan periode ini (2009/2010) dengan direktur yang baru, Hasan Zainuri (Mahasiswa Berprestasi UNS tahun 2009), SIM dapat mengokohkan eksistensinya di kalangan Civitas Akademika UNS (realisasi mewujudkan mimpi 2010 : SIM MENJADI UKM) pada khususnya dan dapat melebarkan sayapnya ke tataran eksternal (nasional bahkan internasional). Amin….

Pesan yg akan selalu kami ingat dari P’Bekti : “Semakin banyak kita menanam KEBAIKAN, suatu saat kita akan menuai kebaikan itu juga”. Yupz, SEMANGAT Pak!!! Semoga SIM bisa menjadi UKM akademis yang dinamis, wadah penalaran mahasiswa, tempat penyaluran kreativitas, tempat kita ber-inovasi (‘menemukan’), dan wadah ‘discovery’ (pencarian). Semoga kita dapat meningkatkan kultur keilmiahan di UNS, jangan lupa teruslah memberikan kami inspirasi dan motivasi meski jarak Indonesia – Arab Saudi cukup jauh…hehehe… Dan dalam kepengurusan ini saya mendapatkan amanah sebagai KaDiv. RESEARCH membawahi 2 bidang : Pure Science ‘n Social Science. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik, sebagai sarana up-grade kompetensi diri juga…Amin…

(Kembali, ke Rapat PHT)…..masih dalam proses mengenal dan memahami karakter satu sama lain. Jam 13.45 saya dan Ulfa izin harus ke Lab Pusat MIPA karena harus ‘ngasisteni’ praktikum Biologi Molekuler adik-adik Biologi 2007…hmm, SALAM ILMIAH!!!

Jam 16.00 selesai, mendadak raga ini merasakan ‘kejanggalan’…wah, ra beres!!! Seolah di sekitar berputar-putar…hehe…yadah, saya putuskan kembali ke kost, padahal menurut jadwal di buku “DNA” saya, seharusnya saya berada di suatu tempat “bersama orang-orang hebat”…tapi apalah daya… Badan mendadak panas tinggi dan flu berat. Yadah, saya putuskan rest totally…malamnya, gak ngelesi dulu. Tapi Alhamdulillah, ada Mb’Thicko yang mau menggantikan. So, ‘menjemput rizki-Nya’ gak jadi tertunda….BedRest…
##############################################################

Rabu, 28 Oktober 2009.
Hari ini adalah HARI SUMPAH PEMUDA
“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”
SEMANGAT MEMBARA UNTUK MENGARUNGI HARI INI DENGAN SESUATU YANG BERARTI!!!

Alhamdulillah, dah ngrasa lebih baik. Meski badan masih panas dan flu berat…Sarapan bareng my twin…sy bilang, “Kalo hari ini ikut aksi dengan anak-anak BEM SI, pasti SEMBUH!!!” hehe..saat dapat telp dari sahabat saya di UNDIP pun saya bilang kaya gitu, mungkin dy jadi ngrasa gimana gitu (aneh_mode on)…’lha wong lagi KO kok malah mau ikut aksi…’. Lha inilah Nungma…klo sakit dimanja, malah tambah sakit…

Bersiap ke medan juang ‘kawah candradimuka’ kampusku tercinta, Universitas Nomor Satu…SEMANGAT!!! Meski raga lemah, tapi semangat pantang untuk goyah!!! Prepare dan briefing dengan para asisten “Plant Taxonomy” di Lab. Gedung C sambil menunggu dosen datang. Bermain-main dengan mikroskop, sakwadyabalane. Seneng banget bisa berada di tengah mereka…SEMANGAT!!! Realisasi tema Oktober juga : Optimalkan KOMPETENSI DIRI!!! Jam 9 saya izin, ‘rapat kecil’ dulu di Sekre BEM dengan Presiden BEM dan Mendagri nya…hehe..

Jam 10.30 kita berangkat ke lokasi ‘aksi intelektual’ dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ke-81, dengan tema : “Pemuda Harapan Bangsa Solusi Problematika Indonesia”. Sampai di sekitar lokasi, kita menunggu dulu di taman di pinggir Jln. Slamet Riyadi…menunggu rombongan BEM-SI dari Wisma Sejahtera…Aksi SUMPAH PEMUDA dilakukan di depan Balaikota Surakarta. Seru euy…mendadak lupa kalo lagi ‘gak sehat’. Hehe… Saatnya ber-AKSI!!! Karena SUKSES = RANGKAIAN ACTION!!! (hmmm, realisasi tema Oktober juga nih!!!).

Setiap perwakilan universitas menyampaikan orasinya…”PEMUDA OPOSISI”, tema besar yang kita angkat bersama…ya semoga ‘bukan hanya sekedar wacana’. Tapi kita bergerak dan berjuang bersama untuk merealisasikanya!!! Ada teatrikal juga…nyanyi lagoe-lagoe joeang MAHASISWA…”Disini negeri kami..tempat padi terhampar……….dst…”; “Kepada para mahasiswa yang merindukan kejayaan..dst….”dan lagoe-lagoe lain yang dapat membakar semangat para pemuda generasi penerus dan harapan bangsa ini!!!

[Saat semua asyik memotret para mahasiswa yg aksi n saat teatrikal, saya malah asyik motret para kuli tinta yg sibuk mengabadikan setiap moment yg mungkin sayang untuk dilewatkan tersebut. Hehehe… Para kuli tinta yg selalu memberikan banyak inspirasi buat saya sejak aktif di Majalah Sekolah “BASSIC” zaman Putih Abu-abu doeloe…^^v!!! ]


Salah seorang mahasiswa dari Universitas Padjajaran membacakan SUMPAH MAHASISWA INDONESIA (Hasil Kongres BEM-SI di UGM) :

“KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA BERSUMPAH UNTUK TERUS BERJUANG DAN BERKARYA DENGAN SEGALA DAYA DEMI TERCIPTANYA INDONESIA BERDAULAT DAN SEJAHTERA SEBAGAI BAKTI KAMI PADA NEGERI”.

HIDUP MAHASISWA INDONESIA!!!

Dengan diiringi Lagu Indonesia Raya..perlahan-lahan balon yang membawa kertas karton bertuliskan sumpah itu diterbangkan….selamat berkeliling Indonesia, kawan…!!!

AKSI kita pun selesai….hmmm, sungguh kenikmatan yg luar biasa dahsyat saya rasakan…[dah ngrasa sehat soalnya!!! Meski harus berkorban dan memanfaatkan ‘cuti kuliah’…hehe…tapi satu hal yang pasti : TAHUN ke-4, PANTANG JALAN DI TEMPAT!!! (realisasi tema oktober lagi). Saya hanya ingin benar-benar menikmati label ‘mahasiswa’ yang sudah hampir 3,3 tahun ini melekat pada diri saya…sebelum LULUS 2010 setidaknya saya bisa mengukir banyak catatan ‘peristiwa penting’ saat saya menjadi seorang mahasiswa..hmmm, buat crita ke anak-cucu ntar…^^v].

Sholat Dhuhur bersama rekan-rekan BEM-SI di Masjid Balaikota. Then, kita berangkat bareng-bareng pake bus ke kampus UNS, tepatnya di Aula Perpustakaan Pusat lantai 2…Perjalanan menuju kampus yang tak kan terlupa. Bercengkerama dengan sahabat-sahabat baru dari UNDIP, BSI, Bengkulu, Brawijaya, Jakarta, dll…Agenda siang ini ada diskusi dengan KPK dan Pukat UGM.. (ngga’ nyangka ketemu Lutfi Adjie ‘Pak RT 3A SMP 1 Wonogiri’…Surprise aja!! HEBAT bro!!! SEMANGAT ya!! SALAM SUKSES!!! Karena kita adalah “CPB…Calon Pemimpin Bangsa!!!”).

Sore…saya tidak bisa menemani rombongan ke Bungalow Tersenyum di Selo Boyolali untuk pembukaan MUNAS, dll…karena harus ‘berobat’ ke Wonogiri…”homesick”juga soalnya…Siiipp, tetap SEMANGAT para panitia dan peserta!!! Semoga lancar dan menyenangkan!!

Suatu hikmah luar biasa yang bisa saya ambil dan INSPIRASI hasil CURIAN yang bisa saya peroleh selama 2 hari kisah LUAR BIASA di atas :

“Kelelahan kita adalah kumpulan energy untuk melintasi kelelahan-kelelahan berikutnya. Hingga kita tiada pernah lagi merasa lelah…bahkan lelah itu telah lelah dengan sendirinya untuk mengejar kita!!!”
Dan yang pasti, Allah SWT tidak akan pernah ingkar dengan janjinya yang telah tertulis rapi dengan bahasa penuh estetika yang tiada terdua, dalam QS. Muhammad : 7 “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu…” Dan selama 2 hari ini, saya benar-benar merasakan kedahsyatan firman Allah SWT tersebut!!! Begitu banyak kemudahan yang telah Allah berikan…
SEMANGAT NUNG!!!!
Wallahu’alam bishowab…

OKTOBER : Optimalkan Kompetensi diri dengan Tekad dan Optimisme Besar, full semangat Ruaaaar biasa besaaarrrr!!! TAHUN KE-4, PANTANG JALAN DI TEMPAT, karena SUKSES = RANGKAIAN ACTION!!!

Sebuah aktivitas yang dilakukan secara terus menerus, secara total, terpercaya, bertanggung jawab, serta optimistis (meski harus ditempuh dengan waktu yang panjang), dan dilakukan dengan tetap menjaga aturan agama.

Kesuksesan besar akan didapatkan dari akumulasi tindakan-tindakan kecil yang dilakukan dengan hebat!!!

(Keisya Avicenna, saat diri harus berpisah dengan Bulan Oktober yang penuh kisah dan cerita luar biasa…-CPB_O = Catatan Penghujung Bulan Oktober-)

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog