Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat Datang di Ruang Karya Keisya Avicenna... ^___^ Terima kasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat!

Jejak-Jejak Karya

Jejak-Jejak Karya

Langganan Tulisan dari Blog ini yuk!

My Blue Bird

http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation

Waktu adalah Pedang


Home » » HOW DARE YOU TO BE OUT OF THE BOX???

HOW DARE YOU TO BE OUT OF THE BOX???

[Kubawa diriku terbang melalui mesin waktu (pinjem ya Mon!!) yang kan membawaku kembali ke Hari Sabtu, tanggal 3 Oktober 2009 kala itu………..]

Alarm berbunyi dari N 5300 ku…hmmm, tepat jam 3 pagi…Sesaat tersadar dan berucap syukur yang terangkum dalam khusyuk doa, Alhamdulillah..AKU MASIH HIDUP!!! Tersadar ku masih di dalam sebuah kamar kost di Jalan Margoyoso 50 Tembalang Semarang, sebuah miniatur kehidupan salah satu sahabat terbaikku, sahabat petualanganku…Tanpa menunggu lama, sebelum setan kembali menggencarkan aksinya untuk melenakanku, segera ku bangkit dan berwudhu…Subhanallah, butiran-butiran air itu terasa begitu sejuk..menelusup ke dalam relung kalbuku!!!Selesai, ku bentangkan sajadah panjangku, kukenakan mukenaku dan kumulai bermunajat kepada-Nya di 0,03 MALAM YANG “KADANG” TERLUPAKAN oleh orang-orang kebanyakan, karna harus pasrah menerima kekalahan atas kemenangan para setan yang selalu punya berjuta macam cara untuk menaklukkan manusia.

[DOA KALBUKU]
Di malam penuh bintang
di atas sajadah yang kubentang
sedu sedan sendiri
mengaduh pada Yang Maha Kuasa
betapa naif diriku ini hidup tanpa ingat pada-Mu
urat nadi pun tahu aku hampa..

di malam penuh bintang
di bawah sinar bulan purnama
kupasrahkan semua
keluh kesah yang aku rasa
sesak dadaku
menangis pilu
saat ku urai dosa-dosaku..
dihadapan-MU ku tiada artinya............

doa kalbu tak bisa aku bendung
deras bak hujan di gunung sahara
hatiku yang gersang........
terasa oleh tenteram...

hanya Engkau yang tahu siapa aku
tetapkanlah seperti malam ini
sucikan diriku selama-lamanya.......

Ya Rabbi, indahnya ‘detik’ ini…
Terdengar bisik lembut dalam hati, ntah suara siapa dan darimana asalnya : “Kuharap Allah akan memegangmu erat…dan malaikatpun akan menjagamu ketat. Tak hanya membuatmu baik tapi supaya kamu dapat yang TERBAIK dalam hidupmu. SELAMAT BERJUANG UNTUK HIDUPMU!!! SEMANGAT NUNG!!!”

Kubuka Mushaf Q yang selalu setia menemani kemanapun aku pergi, menciptakan “legenda-legenda pengembaraan yang LUAR BIASA dalam hidupku”…hmm, INSPIRATOR SEJATI ku!!! Ayat-ayat Cinta-Nya yang selalu menguatkanku..
Peristiwa Subuh pun terjadi…Benar-benar penuh keajaiban…dan Dzikir pagi pun aku jadikan sebagai pelengkap sarapan ruhiyahku pagi ini…


Ku buka kembali buku DNA-Q (Dream ‘N Action!!!) …ada agenda besar hari ini. Kemaren siang pas jalan-jalan ke Fakultas MIPA sempat liat spanduk dalam rangka Dies Natalis UNDIP k-52 dengan tema : “Memacu Kreativitas dan Jiwa Enterpreneurship”. Salah satunya agenda pada hari ini (Sabtu, 3 Oktober 2009) adalah : “SEMINAR dan WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN” yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi. Yadah, ku memutuskan untuk ikut..daripada ku gak TAKE ACTION untuk berbuat sesuatu yang LUAR BIASA hari ini!! (coz sobatku Tyo mau ngolah data skripsinya). Nungma pun memutuskan untuk berpetualang sendirian…(anak UNS nyusup di tengah-tengah anak UNDIP). Hihihihi….siapa takut???

Setelah kemaren malem sempat SMS an dengan panitia, jam 8.15 ku dianter Tyo ke Gedung Prof. Sudarto, SH UNDIP. Hmm, dah lumayan banyak orang. Ternyata ada juga pameran produk ‘kewirausahaannya’ para mahasiswa UNDIP. Dalam hati kecilku berkata… “SAATNYA MELANCARKAN AKSI TUK MENCURI INSPIRASI NICH!!!” hihihi…. Orang yang kutemui pertama ’n paling kukenal adalah…sahabat SMA ku. Hehe, ketemu ‘mantan Ketua OSIS SMA’ nih. Akh. Sidig sibuk nata ‘produk kreativitasnya plus dagangannya’. Keren bro, SEMANGAT ‘n SUKSES ya!!!! Ayo, kita bikin WONOGIRI lebih “SUKSES” lagi!!! Ada Kang Asep juga…SALAM ILMIAH, Kang!!!^_^

Masuk ruangan setelah presensi dan registrasi, dapat snack ‘ n pin (lumayan, buat kenang-kenangan hasil pengembaraan). Cari tempat duduk yang cukup strategis, hmm…karena POSISI menentukan PRESTASI!!! Hehe…pilih tempat duduk dari depan No.2, beradaptasi dulu biar bisa ‘survive’(lebay dikit lah..daripada ntar ‘punah’. Ih, ngaco!!!). celingak-celinguk kanan-kiri, depan-belakang, atas-bawah…kok gak ada yang kenal satu pun ya??? Jadi merasa asing, terasingkan, tapi bukan karna aku mengasingkan diri…(ssstttt, anteng dulu, mencoba menetralisir keadaan!!). biar gak ngrasa kesepian, kembali kusibukkan N 5300 ku…SMSan (sama temen-temen UNDIP) ‘n FB an. Sedikit bosen, then ku baca buku ‘SPIRITUAL TEACHING’ yang kubawa sebagai salah satu bekal pengembaraanku selama 3 hari di Semarang ini….Asyik membaca…Kulirik ke kiri, sampingku juga sedang asyik membaca…Kulirik ke kanan…belum da siapa-siapa (secara masih kosong kursinya).

Akhirnya, kumulai PDKT and menyapa samping kiriku..sosok akhwat berkacamata juga. Kesan pertama, CERDAS!!!! Namanya Nida. Mahasiswa D3 Komunikasi. Subhanallah, ternyata sebelumnya tadi dy ngira (dalam hatinya) kalo aku tu Mb’ETIKA (saudara kembarku), ternyata dy dulu sempat kenalan dan duduk di samping Mb’Thicko saat kajiannya "Ust. Salim A. Fillah" di Semarang. E..gak nyangka sekarang malah duduk bersebelahan dengan saudara kembarnya. Hmm, buku Q ku ‘anggurke’ sementara dulu. Memulai kenalan dan obrolan-obrolan seru!!! Acik..acik…dapat kenalan baru, yang pasti kan banyak inspirasi yang ‘kucuri’ darinya!!!hehehe…Syukron, ya Ukh…

Yadah, lanjut ke acara inti (yang ingin Nungma bagi Inspirasi yang telah berhasil Nungma curi!!! Tapi afwan jiddan klo Nung gak bisa menguraikannya satu demi satu, Nung ambil kesimpulannya aja ya…selengkapnya ada di buku DNA nya Nung. Tapi gak boleh dibaca sembarangan orang ding. So, klo pengin tahu lebih detail, janjian aja ketemu dimana, jam berapa, kapan, ntar Nung critain selengkap-lengkapnya. Tapi harus ada sate kambing, nasi goreng, jus alpukat, silverQueen, eskrim, bakso, camilan, lan uborampe sa’panunggalanipun…Beeeee, mang mau wisata kuliner???)
Yadah, LANJUTKAN!!!

Dalam seminar dan workshop ini menghadirkan 5 pembicara!!! WOW, ROMBONGAN ORANG-ORANG SUKSES (batinku)!!! 4 pembicara seminar dan 1 pembicara untuk workshop. (Eh, akhirnya ku kenalan juga dengan orang yang tlah duduk di samping kananku, anak FKM angkatan 2007 namanya Sinta). Seruuuuuuuuuuu………..lanjut aja lagi ya…

Pembicara I : Anne Avantie (seorang designer, khususnya batik). Designer??? Salah satu impian ku No. 47 nich.. “Menjadi seorang DESIGNER yang mampu berkarya dan menghasilkan ‘SESUATU’ (karya-karya) yang UKI (Unik, Kreatif, dan Inovatif). Kenapa SESUATU??? karna aku ingin menjadi seorang Designer dalam berbagai bidang..Hmm..SEMOGA!! sosok Anne Avantie yang keibuan, cantik tapi penuh kharisma membuatku begitu terharu dengan kisah perjuangan hidupnya…saat dirinya berada di masa kejayaan, saat harus merasakan jatuh terpuruk, saat harus berjuang untuk bangkit kembali dan akhirnya karna keuletan, kerja keras, dan kegigihannya beliau bisa menjadi SUKSES dan terus BERPRESTASI sampai saat ini.. Wow, KEREN!!! Karya-karya nya pun sungguh luar biasa!!! Padahal beliau hanya lulusan SMA..(jadi motivasi tersendiri nih!!). beliau banyak memberikan kata-kata yang sangat ‘mempengaruhi’ jalan pemikiranku, hingga aku kembali menyadari, dan ku berkata pada diriku sendiri…“API SEMANGAT DALAM DIRIMU JANGAN PERNAH KAMU BIARKAN MEREDUP APALAGI PADAM!!!TAPI, TERUS KOBARKAN NYALANYA!!! SAMPAI RUH MU MEREGANG DARI RAGA!!!”..(Wow, mendadak ‘umub’ and ‘kebul-kebul’, saking berapi-apinya…)

Ada beberapa inspirasi yang terangkum dalam kata-kata luar biasa yang berhasil ku rekam dan kuabadikan lewat tulisan :
1. Kita sendirilah yang mampu menolong setiap permasalahan yang terjadi pada diri kita
2. Tanyakan pada dirimu : “Bagaimana saya mampu menolong diri sendiri tanpa menunggu orang lain menolong??”
3. Jangan lihat teman kiri-kanan, LIHATLAH TALENTAMU SENDIRI!!! Karena Talenta yang kita punya sangat menentukan “IMAGE DIRI” kita!!
4. Jadikan setiap hidup kita sebagai sebuah “PANCARAN SINAR”!!!
5. FOKUS PADA PILIHAN!!!! AKU HARUS PUNYA TUJUAN DALAM HIDUP!!!
6. Jika ada KESEMPATAN, MAKSIMALKAN!!! “Karena setiap kesempatan adalah EMAS, tidak ada yang perak, apalagi perunggu….”
7. “Dengan KREATIVITAS saya, saya bisa menumpas belukar-belukar yang ada dalam kehidupan saya”
8. Orang BANGGA bukan karena hasilmu hari ini, tapi dari PERJALANAN HIDUPMU!!!
9. Awali semuanya dengan “NIAT YANG TULUS!!”
10. Teman SUKSES bernama KEGAGALAN. Tapi kegagalan justru akan menjadikan kita lebih KUAT, LUAR BIASA, dan DAHSYAT!!!
11. Setiap manusia pasti punya keterbatasan. Tapi, nikmatilah keterbatasan itu karena pasti kan muncul suatu “IDE BRILLIAN”.
12. Jadilah orang yang senantiasa “mengambil peran dalam kehidupan”. Jangan sampai kita mengecilkan peran, sekecil apapun peran kita jadikan hidupmu “SINAR!!!”, sehingga kita pun bisa mentransformasikan INNER BEAUTY kita kepada orang-orang di sekitar kita!!!
Hmmm…sebuah INSPIRASI yang SUNGGUH LUAR BIASA bukan?????

Selanjutnya pembicara ke-2. Mencoba untuk mendeskripsikan beliau…sosok kebapakan yang kelihatan sangat cerdas dan berwibawa, dengan rambut yang tlah memutih utuh..semakin menandakan usianya tiada lagi muda. Tapi meski begitu, beliau masih sangat energik dan berjiwa muda!! Padahal usianya sudah sekitar 70-an. Beliau adalah pemilik Bandeng Juwana Group, bandeng yang sangat terkenal khususnya di Kota Semarang (tokonya banyak berderet di daerah Pandanaran, pusat oleh-oleh Kota Semarang). Sosok inspiratif kedua ini bernama : dr.Daniel Nugroho Setiabudi. Sosok yang rendah hati tersebut mulai memperkenalkan diri. Hmm,slide pertamanya tentang jargon dari tokonya (atau mungkin slogan hidupnya…) “PINTAR MEMBACA BUKU, CERDAS MEMBACA ORANG!!!”. Sekilas mengenai Toko Bandeng Juwana, toko ini awal berdiri dan mulai dirintis tahun 1981. Konon ceritanya, istri dari bapak Daniel melakukan eksperimen dengan penuh perjuangan dengan obyek penelitian tentu saja ‘bandeng’. Selama 3 bulan berturut-turut keluarga bapak Daniel selalu makan bandeng ‘hasil eksperimen’-nya. Hehe…tapi perjuangan itu pun tidak sia-sia. Bisnis Bandeng Juwana Group menjadi terkenal dan SUKSES!! Bahkan telah menjadi usaha keluarga yang terus mengembangkan inovasi-inovasi barunya!!
.
Ada 3 prinsip yang dibagi olah Bp Daniel mengenai usahanya :
1. Bertumbuh menjadi besar dalam kasih
2. Kreativitas dan berkualitas
3. Saling menguntungkan
Ya…..inspirasi luar biasa kembali ku dapatkan. Banyak ilmu dan manfaat yang bisa ku ambil dari kisah inspiratif yang kedua ini…
Dibuka dulu sesi diskusi. Dah tunjuk tangan tapi kalah cepet ma Nida..yadah, nulis lagi aja.hehehe…Berbagi inspirasi juga dengan Nida…^_^

Yadah, lanjut ke pembicara ke-3 aja ya : Ibu drg. MI. Grace W. Suranto, MM. “Becoming A Creative Enterprenur is EASY!!!”. Ibu Grace adalah seorang dokter gigi dan juga pemilik Club Merby (sekolah Hobby), beliau terinspirasi untuk mendirikan sekolah itu… ketika anaknya yang berusia 3 tahun (tahun 1989) melukis tembok rumahnya dengan menggunakan lipstick miliknya. Kemudian terlintas dalam pikirannya, kenapa tidak mencoba mendirikan tempat les untuk menyalurkan hobby?? Dengan perjuangan yang luar biasa, akhirnya sekarang Club Merby sudah berkembang sangat pesat dan memiliki ribuan member.

Ada beberapa inspirasi yang berhasil Nungma rangkum :
1. Hidup adalah “SEKOLAH” yang senantiasa memberi “RAPOR” untuk naik kelas.
2. IDE KREATIF : ide yang bergulir, pengalaman yang mengalir…
3. Bagaimana menumbuhkan KREATIVITAS??? Buka mata, buka telinga, buka pikran, dan buka hati.
4. Kita semua adalah PENGUSAHA 1 M (wow….keren bukan???). 1 M = ME!!!
“Kekuatan dan kemampuan Andaadalah modal terbaik yang dapat Anda andalkan…”
PENGUSAHA 2 M = ME + MATERIAL
PENGUSAHA 3 M = ME + MATERIAL + MANAJEMEN
5. PAKSA = Pray. Attitude. Knowledge. Skill. Action
DO IT NOW!!! and DON’T WAIT!!!

Ibu yang luar biasa. Dua putranya telah melanjutkan study di Singapura dan sudah SUKSES dengan “kreativitasnya” menjadi seorang pengusaha, yang bukan hanya sekedar “pengusaha biasa”. Tapi usahanya benar-benar “KREATIF”!!!
Hmmm… Alhamdulillah tabungan INSPIRASI ku semakin bertambah banyak saja!!!
Lanjut yuuuukkkkkkkzzzzzzzz!!!

Pembicara yang ke-4 bernama : Bp. Kristian Hardianto, SH (seorang Pengusaha Perbankan dan memiliki beberapa buah perusahaan…). Bapak satu ini sangat enerjik, sehingga para peserta tetap bersemangat. Apalagi ditambah dengan games-games ringan tapi seru!!! Beliau ternyata juga seorang TRAINER!!!
Inspirasi apa yang kudapatkan??? Ternyata membangun mental wirausaha itu MUDAH, modalnya dimulai dari BERANI!!!
1. Berani mencoba tampil
2. Berani mencoba beda/baru/kreatif
3. Berani mencoba ‘memasarkan’ diri
4. Berani menciptakan nilai tambah
5. Berani konsisten
Di akhir, beliau berkata…”Bagi saya, tidak ada kata GAGAL, yang ada SUKSES atau BELAJAR!!! Jadilah pribadi yang UNIK, BERKARAKTER, dan ‘sedikit berbeda’..Keluarlah dari paradigma berpikir orang biasa!!!”
Wow, MANTABZ ‘n DAHSYAAAAATTT!!!

Setelah sesi diskusi dan pemberian ‘kenang-kenangan’ selesai, acara seminar ditutup dan dilanjutkan workshop sehabis istirahat. Pending istirahat…ku dan Nida keluar cari mushola. Berkunjung ke stand-stand yang ada dulu, ngobrol dan kenalan dengan teamnya Akh. Sidig.. sholat Dhuhur di mushola Fakultas Teknik. Bareng Nida dan d’Sinta. Ngobrol-ngobrol masih berlangsung seru!! Saling transfer crita dan pengalaman… setelah semua selesai, kembali ke tempat workshop. Mampir ngobrol lagi ma Akh. Sidig tentang produknya…

Makan siang…ada hiburan dari paduan suaranya anak-anak Psikologi. Then ice breaking nya dari dosen dan mahasiswa Psikologi..diajari “TEPUK KUPU-KUPU”
Tepuk kupu-kupu…
Ulatnya, makan daun…
Ulatnya, kekenyangan…
Ulatnya, berpuasa…
Jadilah kepompong
Kepompongnya terbuka…
Jadilah KUPU-KUPU…
Kupu-kupu…Kupu-kupu…(dengan gerakan yang marai ‘ngekek’. Hehehehe…ya minimal dapat tambahan referensi games seru!!)
Abis itu games KONSENTRASI…(dah sering nih!! Tapi seru juga…)

WORKSHOP pun dimulai. Dengan pembicara : Ibu Dyah Pitaloka, seorang Dosen FISIP pakar Periklanan…wow!! Kita mendapatkan banyak ilmu dan jurus-jurus maut dalam dunia komunikasi dan periklanan. Salah satunya, JURUS BIKIN PELANGGAN JATUH CINTA!!!
Betapa pentingnya komunikasi dalam berbisnis. Komunikasi bisa membantu kita menjalin hubungan yang harmonis, namun bisa juga membuat sebuah harmoni menjadi hancur lebur. Komunikasi yang baik harus mampu memperhatikan 4 hal penting, yaitu :
1. Target Audiences
2. Medium
3. Creativity
4. Effectiveness dan Efficient
dan banyak ide-ide inspiratif luar biasa yang ku dapatkan dari beliau. yang paling gak ku lupakan, saat ku dijadikan contoh..”NORMA DONAT”. Hehe..ya sapa tau ntar Nung buka bakery khusus bikin dan jual “DONAT-DONAT INSPIRATIF!!!” Semoga…^_^.Amin..

Acara WORKSHOP selesai sekitar jam 15.45 WIB. Hmmm….LUAR BIASA..HEBAT…DAHSYAT…FULL MANFAAT!!! Salam perpisahan dengan d’Sinta dan Nida…Bersyukur dan bangga bisa kenal kalian. Keep contact ya!!! Semoga Allah mengizinkan kita bertemu lagi suatu saat nanti dalam kondisi yang LEBIH LUAR BIASA!!! Amin. Bukan ‘selamat tinggal’ yang ku ucapkan, namun…’sampai jumpa’!! pamitan dulu sama Akh. Sidig sambil nunggu Tyo datang menjemput… langit Semarang mendung sore itu..apakah ini pertanda hujan akan segera membasahi bumi??? Alhamdulillah, petualangan hari ini HAPPY ENDING!!!

SEMARANG selalu bisa menghidangkan sesuatu yang ISTIMEWA di kala ku LAPAR akan INSPIRASI dan DAHAGA akan PENGALAMAN LUAR BIASA!!!

Dan kesimpulannya…………
“Hidup boleh penuh DINAMIKA. Namun, KEYAKINAN dan KOMITMEN tak akan melarikan kita dari jalan yang direncanakan. Suatu saat, PELABUHAN HARAPAN itu menjadi TIDAK MUSTAHIL!!!”
- INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan –

[Semarang ‘My Inspiring Town’, 3 Oktober 2009 dalam episode “Song of Journey in My Inspiring Town : Mengukir Jejak Luar Biasa di Kota Penuh CITA, CINTA dan CERITA…”]

0 komentar:

Pencarian

Popular Posts

Arsip Blog